sistem AC presisi
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Mengenal Bagian-bagian pada AC Presisi dan Sistem Konfigurasinya

sistem AC presisi

Mengenal Bagian-bagian pada AC Presisi dan Sistem Konfigurasinya – Sumber Gambar: Vertiv.com

Secara umum, sistem AC presisi memiliki 6 sistem kesatuan (unitary system). Masing-masing sistem kesatuan memiliki bagian yang berbeda-beda dan sistem konfigurasi yang berbeda pula. Inilah yang nantinya membedakan proses pemasangan oleh jasa instalasi AC presisi untuk ruang data center Anda. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini!

  1. Air Cooled Unitary System

Sistem kesatuan berpendingin udara memiliki 3 komponen utama yakni unit AC, perpipaan dan kondensor berpendingin udara. Sistem refrigerasinya terbagi menjadi 2 yakni AC yang berada di dalam ruangan dan heat rejection unit yang berada di luar.

Pada sistem ini, kompresor bisa diletakkan di dalam atau di luar perangkat. Namun, untuk keamanan dan perawatan yang lebih mudah, kompresor umumnya ditempatkan pada unit indoor. Per kompresor terdapat 2 pipa refrigeran yang menghubungkan dua bagian sistem. Desain perpipaan refrigeran sangat penting karena harus mampu mengatasi kehilangan tekanan dan kecepatan refrigeran.

Untuk proses pemasangan, Anda memerlukan teknisi ahli yang berpengalaman. Sistem ini cocok untuk Anda yang memerlukan ruang penyimpanan dengan kebutuhan banyak unit sekaligus. Bisa juga diterapkan untuk perluasan instalasi. Hal ini memungkinkan karena masing-masing modul merupakan unit yang berdiri sendiri.

  1. Water Cooled Unitary System

Unit AC presisi berpendingin air terdiri dari 4 komponen utama yakni unit AC, pump package, sistem perpipaan dan cooling tower. Unit AC merupakan sistem pendingin lengkap yang mandiri dan diletakkan di dalam ruangan. Sementara itu panas dibuang ke suplai air pendingin melalui penukar panas di unit dalam ruangan. Air pendingin kemudian biasanya dipompa ke cooling tower dan diedarkan kembali melalui sistem perpipaan ke seluruh komponen AC. Anda juga bisa menggunakan sumber air lain seperti air sumur untuk sistem pendingin.

Cooling tower harus dirancang dengan redundansi dan tersedia sumber air cadangan untuk keperluan darurat. Selain itu, pengolahan air juga diperlukan saat cooling tower digunakan. Dibanding sistem perpipaan refrigeran, pipa untuk water cooled unitary system ini lebih mudah dipasang.

  1. Glycol Cooled Unitary System

Glikol atau etilen glikol merupakan bahan kimia yang banyak digunakan dalam aplikasi komersial dan industri termasuk untuk kebutuhan antibeku dan pendingin. Selain menjaga mesin mobil agar tidak beku di musim dingin, glikol juga bisa digunakan untuk sistem pendingin dalam AC presisi.

Sistem kesatuan berpendingin glikol terdiri dari 4 komponen utama yakni unit AC, pump package, sistem perpipaan dan dry cooler. Unit AC biasanya ditempatkan di dalam ruangan (bentuknya mirip dengan sistem berpendingin air). Larutan glikol disirkulasikan sebagai pengganti air dan ditukar di dry cooler yang berada di luar ruangan.

Dibandingkan dengan cooling tower pada sistem berpendingin air, perawatan dry cooler jauh lebih murah. Beberapa unit AC juga dapat dihubungkan ke satu dry cooler besar di luar ruangan.

  1. Free Cooling Glycol Unitary System

Dari segi komponen, produk satu ini identik dengan sistem berpendingin glikol. Hanya saja ada tambahan kumparan free-cool untuk menghemat energi. Ketika suhu di luar turun, larutan glikol dingin dialirkan melalui kumparan free-cool tambahan dan pendinginan dapat dilakukan tanpa menjalankan kompresor. Agar semakin hemat, carilah sistem yang menggunakan kumparan free-cool yang lebih besar.

  1. Supplementary Chilled-water Coil

Konfigurasi sistem kumparan air dingin tambahan ini memiliki kumparan air dingin tambahan yang dimasukkan ke dalam sistem DX untuk melengkapi unit. Unit dapat beroperasi sebagai sistem air dingin dengan cadangan DX modular 100% seandainya terjadi situasi darurat.

Unit juga dapat bertindak sebagai sistem DC dengan cadangan air dingin pusat dan menggunakan air dingin jika tersedia. Seandainya chiller beroperasi untuk mendukung proses operasional manufaktur di pabrik selama musim panas, pergantian ke sistem DX dapat dilakukan apabila air dingin tidak lagi tersedia.

  1. Chilled Water Unitary System

Sistem satu ini terdiri dari 3 komponen utama yakni unit AC, sistem perpipaan dan central chiller. Cara kerja dari sistem ini adalah dengan mengalirkan suplai air dingin dari central chiller ke unit di dalam ruangan. Sistem pendinginan sendiri terdapat dalam unit chiller.

Unit AC yang berada di dalam ruangan berisi kontrol, kumparan air dingin, katup kontrol air dingin, blower, filter, humidifier dan reheat. Suhu air harus setinggi mungkin untuk menjaga rasio panas sensitif yang tinggi (8 derajat Celsius atau lebih). Agar bisa beroperasi sepanjang tahun, central plant harus didinginkan.

Perlu diingat bahwa biaya untuk pemasangan maupun perawatan AC presisi yang digunakan untuk ruangan teknologi bisa 10 kali lebih besar dibanding perawatan AC comfort atau AC biasa. Ini karena AC presisi memang didesain untuk beroperasi terus menerus tanpa ada batasan waktu dan musim. Karena jam operasional yang tidak berhenti, tingkat panas dalam ruangan terus bertambah sehingga memerlukan kerja yang lebih keras dari mesin pendingin.

Tapi jika kedua jenis AC sama-sama Anda gunakan untuk ruangan teknologi, maka AC presisi jelas menelan biaya yang lebih sedikit. Ini karena AC presisi menggunakan sistem bawah lantai yang memiliki rasio panas tinggi serta mampu menghilangkan dehumidifikasi berlebihan. Tidak hanya itu, dengan kumparan yang besar, tingkat CFM yang tinggi, serta rasio efisiensi energi pendinginan sensitif yang lebih tinggi dari AC comfort membuat AC presisi lebih menonjol sebagai pendingin ruang teknologi.

Bingung menemukan solusi terbaik untuk sistem pengkondisi ruangan perangkat elektronik Anda? Serahkan saja semua PT NPS Pemuda Berdikarisma. NPS menyediakan PAC Professional Service untuk bisnis dalam berbagai skala. Selain jasa instalasi AC presisi, layanan juga mencakup migrasi/relokasi hingga pemeliharaan. Sebagai authorized service partner Liebert Vertiv Emerson Indonesia, NPS juga melayani jual AC presisi Liebert Vertiv Emerson. Hubungi NPS sekarang juga dan dapatkan solusi terbaik untuk ruang teknologi Anda.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

rfs-men
× How can we help you?