jasa instalasi AC
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Pentingnya Pemilihan AC Presisi yang Tepat bagi Data Center

Pusat data atau data center saat ini terus mengalami perkembangan. Dan sekarang ada tugas yang jauh lebih penting dari sebelumnya yakni memastikan bahwa setiap komponen infrastruktur pendukungnya beroperasi dengan efisien pada kinerja yang maksimum. Selain memilih jasa instalasi AC yang tepat, pemilihan jenis AC juga sangat menentukan.

Ketika terjadi kegagalan sistem pendingin pada pusat data, akan terjadi jeda atau waktu henti. Bagi sebuah perusahaan, jeda yang sebentar ini artinya adalah kehilangan layanan, uang dan pelanggan setia.

Sistem pendingin pada pusat data sering kali mendapat perhatian yang lebih sedikit dibanding server, sistem operasi dan konfigurasi jaringan. Namun, kinerja sistem IT satu ini memegang peran yang sangat vital. Untuk dapat beroperasi maksimal, dukungan sistem pendinginan yang sesuai adalah hal krusial.

AC Presisi untuk Menjawab Kebutuhan akan Sistem Pengkondisi Ruangan Pusat Data

 

Ruang data Center

AC Presisi untuk Menjawab Kebutuhan akan Sistem Pengkondisi Ruangan Pusat Data – Sumber Gambar: Pixabay.com

Banyak orang yang memilih menggunakan AC comfort atau AC biasa untuk mendinginkan ruang pusat data atau ruang server mereka. Padahal ada sistem yang mampu mengerjakan tugas ini secara lebih spesifik dan efisien yakni Precision Air Conditioning System (atau yang lebih dikenal dengan sebutan AC presisi).

Sistem pendinginan presisi telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan beban panas yang ada dalam pusat data. Seperti yang kita ketahui, pusat data membutuhkan layanan dan pemeliharaan yang sangat berbeda dari gedung lainnya. Alih-alih dipasang untuk kenyamanan penghuninya, sistem AC presisi dirancang untuk menjaga kondisi ruangan tetap pada suhu dan kelembapan yang dibutuhkan. Gunanya adalah menjaga seluruh perangkat di dalamnya agar tetap berfungsi maksimal.

Bagaimana Memilih AC Presisi yang Tepat?

Data center center

Bagaimana Memilih AC Presisi yang Tepat? – Sumber Gambar: drivesaversdatarecovery.com

Sistem pendingin presisi sangat berbeda dengan AC biasa. Agar dapat berfungsi maksimal, proses instalasi, pemeliharaan dan perbaikan harus dilakukan oleh teknisi andal yang berpengalaman. Lantas, pertimbangan apa saja yang harus diperhatikan dalam pemilihan AC presisi yang tepat?

  1. Pilih Sistem AC Presisi Mumpuni dengan Komponen Berkualitas

Ada banyak sekali merek AC presisi yang beredar di pasaran saat ini. Salah satu brand yang sudah cukup dikenal karena memiliki kualitas bagus adalah Liebert Vertiv. PT NPS Pemuda Berdikarisma tidak hanya menyediakan jasa jual AC presisi Liebert Vertiv Emerson tapi juga melayani instalasi dan pemeliharaan.

  1. Perhatikan Fitur yang Disertakan

Pastikan AC presisi yang Anda gunakan memiliki fitur lengkap termasuk fungsi pendinginan, pemanasan, humidifikasi dan dehumidifikasi lengkap dalam satu paket. Selain itu, pertimbangkan juga ketersediaan beragam fitur berikut:

  • Konfigurasi air-cooled, water-cooled, glycol-cooled atau chilled water
  • Memiliki kemampuan operasional sepanjang tahun, memungkinkan perangkat bekerja saat dibutuhkan bukan hanya ketika pendingin gedung beroperasi
  • Memiliki kontrol suhu dan kelembapan berbasis mikroprosesor yang tepat. Ini penting untuk meminimalkan siklus kompresor sekaligus mengurangi keausan komponen
  • Sistem dikemas serta telah diuji oleh pabrik dengan kemampuan operasional yang sudah dibuktikan sebelum proses pemasangan
  • Memiliki desain yang tahan kerusakan, kontrol harus aman sehingga parameter pendinginan maupun humidifikasi/dehumidifikasi tidak dapat berubah secara tidak sengaja
  • Memiliki berbagai tingkat kontrol dengan konektivitas opsional untuk pemantauan dan sistem kontrol jarak jauh
  • Pemantauan dan sistem kontrol berbasis mikroprosesor
  • Memiliki opsi hemat energi, termasuk kompresor dengan tingkat efisiensi tinggi, kontrol kapasitas yang baik dan sumber pendinginan ganda
  1. Pertimbangan Saat Proses Instalasi

Saat melakukan instalasi, pastikan Anda mempertimbangkan berbagai hal termasuk lokasi ruang kritis, persiapan ruangan yang tepat, pemilihan jenis sistem kendali lingkungan (downflow atau upflow), distribusi dan sistem perpipaan serta persyaratan elektrik yang dibutuhkan.

Apa yang Akan Terjadi Jika Salah dalam Memilih Jenis AC Presisi?

jasa instalasi AC

Apa yang Akan Terjadi Jika Salah dalam Memilih Jenis AC Presisi? – Sumber Gambar: Pikist.com

Kesalahan pemilihan, pemasangan dan pemeliharaan AC presisi akan menyebabkan kondisi ruangan tidak lagi sesuai dengan kebutuhan. Ini akan menyebabkan efek buruk pada operasi pemrosesan data. Efeknya bisa berupa data corruption sampai kegagalan sistem yang menyebabkan seluruh operasional terhenti.

Kesalahan dalam pemilihan AC presisi dapat menyebabkan:

  1. Perubahan Suhu yang Cepat

AC presisi dirancang untuk mengatur agar distribusi udara, suhu maupun kelembapan tersebar merata di seluruh bagian ruang data center. Ketika suhu lingkungan menjadi terlalu tinggi, terlalu rendah atau berubah dengan cepat, ini dapat merusak pemrosesan data dan mematikan seluruh sistem.

Variasi suhu dapat mengubah karakteristik listrik dan fisik chip elektronik serta berbagai komponen lainnya. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah dalam pengoperasian sekaligus kegagalan operasional. Masalah bisa bersifat sementara atau beberapa hari. Dalam beberapa kasus, sumber masalah kerap sulit didiagnosis bahkan diperbaiki.

  1. Kelembapan Terlalu Tinggi

Kelembapan yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada pita dan kerusakan pada berbagai permukaan perangkat. Kondensasi dan korosi bisa menyebabkan kegagalan kerja komponen.

  1. Kelembapan Terlalu Rendah

Seperti halnya tingkat kelembapan tinggi, kelembapan yang rendah juga bisa meningkatkan kemungkinan pelepasan muatan listrik statis. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, ini bisa merusak data bahkan merusak perangkat keras yang ada. Selain merugikan proses kerja Anda, masalah ini memerlukan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

Ruang teknologi seperti data center menyimpan beragam perlengkapan elektronik yang sangat sensitif. Peralatan ini memerlukan kondisi lingkungan yang presisi agar dapat beroperasi dengan optimal. Dengan menyediakan AC presisi yang tepat, Anda bisa menjaganya tetap stabil. Langkah ini menjaga seluruh perangkat elektronik Anda tetap bekerja maksimal tanpa khawatir terjadi masalah kegagalan komponen atau sistem yang mati mendadak.

Selain menyediakan AC presisi, sebagai authorized service partner Liebert Vertiv siap membantu Anda menyediakan beragam layanan. Mulai dari jasa instalasi AC, perawatan, migrasi hingga perbaikan, semuanya bisa didapatkan dalam layanan satu atap dari PT NPS Pemuda Berdikarisma.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

rfs-men
× How can we help you?