Solusi Vertiv DCL Untuk Teknologi High Performance Computing

Pemrosesan aplikasi komputasi secara intensif terus berkembang. Karenanya, kontraktor data center di Indonesia terus mengevaluasi opsi liquid cooling atau pendinginan cair, yakni radiator untuk prosesor suatu komputer. Hal ini karena air processing menunjukkan keterbatasan dalam mendinginkan rak dengan kepadatan tinggi secara efisien dan berkelanjutan. 

Operator pusat data melakukan pendekatan berbeda guna meningkatkan efisiensi energi tersebut. Menempatkan liquid cooling ke rak, menjadi alternatif yang cukup banyak diminati. Liquid cooling memanfaatkan sifat transfer termal yang lebih tinggi dari air guna mendukung proses pendinginan rak dengan kepadatan tinggi. 

Pendingin cair ini telah berhasil diterapkan pada aplikasi mainframe dan game. Bahkan, mampu melindungi server yang dipasang di rak pada pusat data di seluruh dunia. Sebagai kontraktor data center di Indonesia, Vertiv hadir menciptakan pendingin cair yang akan membantu Anda melindungi dan menskalakan pendinginan cair pada seluruh pusat data Anda.

Vertiv Liebert DCL – Pendinginan Rak Modular Hingga 35 kW

Untuk pemasangan lateral ke kabinet dibutuhkan unit Manajemen Termal yang bernama Vertiv Liebert DCL. Unit ini menawarkan berbagai fitur yang memang dirancang khusus untuk aplikasi pusat data. 

Vertiv DCL hadir dalam dua desain yang berbeda, yaitu hybrid atau loop tertutup dan dalam beragam kombinasi hingga empat rak server untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Unit pendinginan ini cocok untuk perbankan, finansial, asuransi, penyiaran, pusat data, hosting, maupun colocation.

Manfaat Vertiv Liebert DCL

Fleksibilitas

Tersedia dalam loop tertutup dan desain Hybrid Loop, Vertiv DCL mampu memenuhi 42 U atau 47 U yang berbeda. Unit ini tersedia dalam ukuran, tinggi, dan lebar yang berbeda. Terdapat pula kombinasi jumlah rak dan Modul Pendingin yang berbeda, yakni hingga empat rak untuk satu unit pendingin (dua pada masing-masing sisi).

Vertiv Liebert DCL juga memiliki bidang katup modulasi tiga arah yang dapat disesuaikan menjadi dua arah. Untuk memodulasi aliran udara, tersedia kipas EC kecepatan variabel. Kontrol Suhu dan Katup berfungsi sesuai sensor yang dipilih. 

Sensor suhu Rak Jarak Jauh tersedia dalam dua probe. Guna memudahkan pengguna menempatkan unit di mana pun, terdapat caster. Banyak unit berkomunikasi satu dengan yang lain untuk mengurangi konsumsi energi dan meningkatkan kinerja sistem. Tampilan grafik besar iCOM memungkinkan navigasi yang mudah dan tampilan data jauh lebih jelas. 

Ketersediaan

Vertiv Liebert DCL mampu beradaptasi sendiri terhadap perubahan kondisi. Hal ini tentu untuk memberikan ketepatan kontrol lingkungan selama 24/7. Pada Liebert iCOM, terdapat logika kontrol “Fail Safe”. Fungsinya untuk memaksimalkan kecepatan kipas dan aliran air jika terjadi kegagalan pada pengontrol.

Selain logika kontrol “Fail Safe” tadi, terdapat pula monitor status pintu rak dan pelepasan pintu otomatis. Ketersediaan lain yang tidak kalah penting adalah opsi Dual Power Supply, versi Dual Coil, dan pemantauan jarak jauh melalui Kartu IS-Unity (protokol SNMP V3 / https).

Total Biaya Kepemilikan Terendah

Vertiv DCL dirancang untuk suhu udara balik yang lebih tinggi guna memaksimalkan kapasitas pendingin. Selanjutnya, untuk meminimalkan waktu instalasi dan servis, hanya diperlukan akses depan dan belakang. Konsumsi energi juga lebih maksimal berkat kipas EC berkecepatan variabel yang bekerja dengan sangat efisien.

Secara Ideal Cocok untuk

Liebert DCL dari Vertiv, kontraktor data center di Indonesia, cocok untuk pusat data kecil hingga menengah, lantai dengan ketinggian atau tanpa ketinggian, dan kamar dengan langit-langit rendah di mana udara tidak bisa disalurkan. Vertiv DCL benar-benar solusi tepat untuk ruang IT yang kecil.

Karakteristik Khusus

Vertiv Liebert DCL memiliki berbagai fitur khusus, yaitu:

  • Pintu-pintu rak guna memonitor status dan Pelepasan otomatis.
  • Logika kontrol “Fail Safe” untuk mengoptimalkan kecepatan kipas dan aliran air apabila terjadi gangguan pada pengontrol.
  • Bidang katup modulasi tiga arah yang dapat disesuaikan menjadi dua arah.
  • Versi Dual coil.
  • Kipas EC berkecepatan variabel untuk modulasi aliran udara secara otomatis sesuai kebutuhan server.
  • Overpressure dampers atau peredam tekanan yang berlebih untuk mencegah bypass udara yang melewati unit non-aktif.
  • Top and/or Bottom Connections untuk seluruh media.
  • Tersedianya opsi Dual Power supply.
  •  Pengaktifan efisien dengan iCOMTM control.

Kapan pun dan di mana pun Anda membutuhkan liquid cooling atau pendinginan cair, Vertiv, sebagai kontraktor data center di Indonesia, memberikan solusi dan bantuan untuk membantu Anda meraih tujuan bisnis dan kapabilitas teknis. Vertiv Liebert DCL tentu menjadi solusi sempurna untuk aplikasi pusat data Anda.

Data Center Services