in alt text

Jaminan Kualitas: Ketahui 5 Jenis Sertifikat DataCenter

Tugas mengelola informasi dan perangkat di pusat data harus diserahkan pada tenaga profesional. Hal tersebut karena semua kelengkapan ini turut menentukan performa bisnis dalam perusahaan. Jika memutuskan untuk menyewa jasa dari luar, pastikan provider terpilih memiliki sertifikat data center. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan sertifikat data center? Artikel ini akan membahas tentang sertifikat tersebut beserta jenis-jenis yang umum ditemukan.

Apa yang Dimaksud dengan Sertifikat Data Center?

Sertifikat data center adalah bentuk verifikasi dari kemampuan sebuah perusahaan dalam mengelola pusat data. Sertifikasi ini berfungsi sebagai indikator bahwa pengelolaan data yang dilakukan telah memenuhi ketentuan regulasi dan sesuai dengan standar keamanan. Terpenuhinya standar-standar tersebut akan memberikan jaminan terhadap data yang ada dari gangguan, seperti kebocoran informasi eksklusif dan serangan virus.

5 Jenis Sertifikat Data Center

Ada berapa macam sertifikat data center yang umumnya dimiliki oleh provider layanan? Berikut ulasannya.

  1. Sertifikat ANSI/TIA-942

Sertifikat ini diluncurkan oleh TIA, salah satu institusi internasional yang standar rancangan dan infrastruktur pusat datanya telah banyak dijadikan pedoman di seluruh dunia. Ruang lingkup sertifikat yang diberi nama ANSI/TIA-942 ini mencakup banyak aspek yang ada dalam sebuah pusat data, yaitu posisi lokasi, infrastruktur mekanik dan listrik, kondisi fisik bangunan, keamanan, deteksi dini dan penanganan kebakaran, dan lainnya. 

TIA juga menjadi salah satu institusi yang memiliki hak legal dalam mengembangkan konsep  Tier Standard Topology atau TST. Lembaga ini berada di bawah pengawasan ANSI serta bekerja sama dengan lembaga pelatihan EPI dalam melakukan sertifikasi.

  1. Sertifikasi Uptime Institute

Sama seperti TIA, Uptime Institute juga merupakan badan internasional yang menetapkan standar acuan untuk rancangan dan infrastruktur data center. TST yang dimiliki Uptime Institute dibuat berdasarkan acuan sendiri, dengan kata lain, UTI tidak terkait dengan lembaga lain dalam penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi. 

TST yang dikeluarkan oleh UTI ruang lingkupnya hanya meliputi infrastruktur elektrikal dan mekanikal. Karena cakupan yang lebih sempit, sertifikasi UTI dipandang lebih mudah untuk diterapkan. Akan tetapi, konsekuensinya adalah pelaku usaha tidak akan mendapatkan gambaran yang rinci mengenai syarat-syarat akan pusat data yang mumpuni.

  1. ISO 27001

Sertifikasi ini fokus kepada faktor keamanan informasi. Lebih jelasnya, ISO 27001 menitikberatkan aturan dan tinjauan risiko yang mungkin menimpa perangkat informasi, seperti sistem TI, data personel, dan kekayaan intelektual. 

Sertifikat ISO 27001 merupakan acuan internasional yang menetapkan sejumlah ketentuan wajib untuk menjalankan Sistem Manajemen Keamanan Informasi atau SMKI. Dengan adanya sertifikat ini, suatu perusahaan dianggap telah memenuhi syarat-syarat keamanan untuk melindungi berbagai informasi penting.

  1. SSAE 18

Sertifikasi berikutnya adalah Statement on Standards for Attestation Engagements 18 yang merupakan standar acuan akuntansi tepercaya skala internasional. Fokus dari SSAE 18 adalah pemeriksaan dan pengamatan secara menyeluruh terhadap sistem yang dijalankan oleh pusat data dalam meninjau dan melaporkan vendor terkait. Jadi, sertifikasi ini berfungsi untuk memastikan data center tidak hanya menjaga performa internal mereka, tetapi juga bertanggung jawab atas standar akuntabilitas yang dijalani oleh vendor.

  1. Sertifikasi PCI DSS

Sertifikasi ini disebut juga Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran. Fungsinya adalah menetapkan sejumlah acuan yang dibuat untuk menjamin bahwa semua perusahaan yang terkait dalam aktivitas pengelolaan informasi kartu kredit berada dalam keadaan yang aman.
Bersikap teliti sangatlah penting dalam memilih layanan pengelolaan pusat data. Anda akan menemukan banyak kontraktor data center di Indonesia. Namun, pastikan pilihan Anda sudah memiliki sertifikasi yang menjamin performa yang baik. Standar tertentu yang sudah terpenuhi akan turut menjamin kelangsungan bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Data Center Services