Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Navigasi Data Center: Panduan untuk Pemula

Membangun sebuah data center (pusat data) artinya kita membuat suatu tempat untuk menyimpan berbagai jenis data secara terpusat. Hal ini tentu memerlukan fasilitas yang sangat kompleks, sebab data center harus dilengkapi dengan berbagai perangkat. Untuk itu, diperlukan sistem navigasi data center yang baik agar pengelolaan data tidak terganggu.

Dalam data center, navigasi merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi serta memahami berbagai aspek fisik dan teknis yang terdapat dalam lingkungan data center

Hal ini meliputi pemahaman tekait tata letak hardware, perangkat jaringan, sistem penyimpanan, sumber daya listrik, sistem pendingin, juga tentang kebijakan dan prosedur yang berlaku pada data center.

Bagi pemula, hal semacam ini masih menjadi sesuatu yang menantang. Untuk itu, diperlukan panduan pemula untuk memahami navigasi dan hal-hal penting lainnya dalam ekosistem data center.

Pahami Tujuan Data Center

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai upaya navigasi data center ialah memahami tujuan utama dari pembangunan data center yang dimaksud. 

Apakah data center tersebut hanya berfungsi sebagai media penyimpanan data, atau juga untuk hal lainnya, seperti hosting server dan layanan sejenis. Pemahaman terkait hal ini akan memudahkan pengguna dalam mengelola data.

Keamanan

Selain tujuan dari keberadaan data center, sistem keamanan juga penting untuk diperhatikan. Mengingat data center umumnya memiliki kebijakan keamanan yang ketat, maka pastikan kalau kamu sebagai pengguna memiliki akses atau izin untuk bisa ‘menembusnya’ agar bisa melakukan pengelolaan data.

Ruang Fisik

Panduan pemula berikutnya adalah mengenali layout (tata letak) data center secara fisik. Hal ini penting untuk mengetahui secara rinci lokasi server serta perangkat penyimpanan dan jaringan, sehingga jika dibutuhkan dapat segera melakukan tindakan.

Selain itu, dalam identifikasi ruang fisik juga diperlukan pemahaman terkait sistem pendingin udara (AC), pemadaman kebakaran, juga hal sejenis lainnya.

Perangkat Utama

Identifikasi beberapa perangkat utama data center, seperti server induk, router, dan perangkat penyimpanan, juga sangat penting dalam panduan pemula navigasi data center. Kamu perlu memahami fungsinya masing-masing agar bisa menggunakannya secara tepat.

Jaringan (Network)

Terkait jaringan, penting bagi kita untuk memahani seperti apa jaringan antarperangkat bisa terhubung. Kenali pula tentang topologi yang digunakan, serta perangkat penting lainnya dalam jaringan.

Sumber Daya Listrik

Selanjutnya, hal-hal yang berkaitan dengan sumber daya listrik untuk data center juga perlu perhatian. Pahami seperti apa distribusi listrik yang diterapkan, tipe Uninterruptible Power Supply (UPS) yang digunakan, serta jenis generator cadangan yang ada untuk memastikan ketersediaan daya.

Monitoring

Dalam hal ini, kita harus paham bagaimana cara monitoring kinerja perangkat serta lingkungan di data center, meliputi kelembapan, suhu, bahkan sampai pemadaman listrik. Dari sini, kita bisa segera melakukan tindakan jika hal-hal yang tak sesuai terjadi.

Prosedur dan Kebijakan

Panduan pemula berikutnya ialah memahami segala prosedur dan kebijakan yang berlaku di data center. Misalnya, terkait manajemen akses, pemulihan bencana, serta pemeliharaan secara rutin.

Dokumentasi

Kamu sebagai pengguna juga bisa membuat serta mempertahankan dokumentasi yang akurat mengenai konfigurasi perangkat, tata letak kabel, dan detail penting lainnya.

Situasi Darurat dan Pemulihan

Terakhir, jangan lupa untuk mempelajari prosedur menghadapi situasi darurat dan pemulihan data center jika terjadi suatu masalah.

Itulah beberapa hal terkait panduan pemula untuk melakukan navigasi terhadap data center. Dengan memahami seluruh panduan tersebut, identifikasi terkait berbagai aspek dalam data center tentu bisa dilakukan. Selanjutnya, hal ini akan membuat proses pengelolaan data dalam sistem senantiasa lancar.

Nah, jika kamu sudah menggunakan layanan data center dari PT. NPS Pemuda Berdikarisma, segala hal terkait navigasi data center tentu akan aman terkendali. Jadi, pastikan kamu memilih PT. NPS Pemuda Berdikarisma untuk solusi data center terintegrasi di perusahaanmu!

Data Center Service, Design & Engineering Expert