Vertiv Micro Data Center, Solusi Cepat Bangun Ruang Server Anda

Micro data center adalah jenis data center dengan ruang lingkup yang relatif lebih kecil dibandingkan jenis data center lainnya. Pusat data mikro hanya menangani data di wilayah tertentu. Data center sendiri dibangun dari berbagai elemen teknis, misalnya server, switch, router, storage, dan masih banyak lagi.

Berniat membangun ruang server untuk pusat data mikro? Simak dulu ulasan berikut supaya dapat memilih kontraktor data center yang tepat. 

Membangun Data Center 

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembangunan data center, yaitu lokasi, keandalan, dan pemeliharaan. Upayakan lokasi data center bukan di kawasan yang rawan banjir dan yang paling penting akses internetnya tidak terkendala.

Data center andal idealnya memiliki jaringan internet yang stabil, efisien, dan cepat. Pemeliharaan berkala pun sangat diperlukan untuk menjaga semua fungsi pada perangkat di data center tetap bekerja seperti yang seharusnya. 

Micro data center solutions

Data center umumnya berisi komputer-komputer server yang menjadi tempat data-data disimpan dan dikelola. Komputer server yang digunakan pada data center pastinya mempunyai standarisasi tersendiri dengan daya komputasi di atas komputer biasa.

Seluruh komputer server lalu dihubungkan ke jaringan internet lewat beragam perangkat sehingga user kemudian dapat  mengaksesnya secara daring atau online.  

Nah, Vertiv micro data centers menjadi solusi cepat membangun ruang server Anda. Dari sekian banyak kontraktor data center di Indonesia, PT. NPS Pemuda Berdikarisma sebagai salah satu partner resmi layanan Vertiv, siap membantu Anda mulai dari tahapan desain, pengimplementasian pembangunan data center untuk berbagai skala, hingga ke urusan pemeliharaannya.

Infrastruktur data center yang ditawarkan Vertiv sudah sangat lengkap, antara lain: 

  • Rak-rak pendukung

Data center membutuhkan rak-rak pendukung, seperti rak untuk UPS, rak untuk monitor LCD, rak untuk laci keyboard, rak perangkat pemantauan, dan lain sebagainya.

  • UPS 

Setiap data center memerlukan UPS untuk melindungi perangkat dan data ketika terjadi ketidakstabilan arus listrik atau aliran listrik yang terputus mendadak. 

  • Sistem baterai 

Baterai VRLA (valve regulated acid battery) merupakan sistem baterai yang paling banyak digunakan pada UPS dan sebaiknya disimpan di ruang kering bersuhu 20-25 derajat celcius. Setiap pembelian UPS Vertiv Liebert sudah termasuk garansi penggantian baterai standar pabrik (sesuai paket yang dibeli).  

  • Sistem pendingin

Vertiv Liebert memiliki teknologi cooling data center termutakhir yang tidak hanya dapat meningkatkan kinerja data center tetapi juga ramah lingkungan.

  • Sistem kabel yang terstruktur

Solusi pengaturan kabel membuat Anda dapat mengelola infrastruktur secara efisien bahkan yang rumit sekalipun. 

  • Fire suppression system

Sistem pencegah kebakaran, yang dapat merespon cepat ketika ada api, dipakai di area yang mungkin dibiarkan tanpa pengawasan pada jangka waktu tertentu tapi perlu segera ditangani bila terjadi kebakaran.  

  • CCTV dan access control

Area data center tentu tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang, karenanya membutuhkan sistem keamanan yang benar-benar baik. Kamera pengawas dan acces control menjadi perangkat wajib untuk mengamankan data center.    

  • Raised floor system

Raised floor system ialah sistem lantai yang bentuknya seperti panggung, dirancang khusus untuk instalasi perkabelan pada data center.

Tenaga ahli dari NPS  akan mendesain, membangun, dan melakukan pemeliharaan data center sesuai yang Anda inginkan.

Proses Implementasi Vertiv Micro Data Center 

Vertiv micro data center menggabungkan IT dan fasilitas infrastruktur penunjang menjadi unit prefabrikasi mandiri bagi aplikasi komputasi edge. Desainnya yang ringkas dan fleksibel cocok untuk diaplikasikan di jaringan edge

Bagaimana cara kerja NPS dalam membangun data center? Tahap pertama diawali proses assessments, di mana NPS akan melakukan penilaian secara komprehensif untuk memastikan kapasitas UPS, PAC, Security System, Fire System, dan Monitoring System  yang akan ditawarkan memang sesuai kebutuhan Anda.

Tahap selanjutnya yaitu submit proposal. Sesudah melakukan peninjauan dan penilaian maka NPS akan memberikan solusi terkait data center. Di tahap ini diinformasikan pula mengenai service level dan biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan data center.

Sepanjang masa garansi, NPS menjamin akan membantu setiap permasalahan yang berkaitan dengan data center sesuai service level, seperti yang tercantum dalam kontrak. Semua proses pengerjaan akan dilakukan dan ditangani tenaga ahli yang tersertifikasi. 

Data Center Services