Fungsi UPS
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Fungsi dan Manfaat UPS untuk Mendukung Kegiatan Perusahaan

Tidak ada yang lebih mengesalkan dari pemutusan listrik mendadak, terutama jika Anda menjalankan bisnis atau bekerja di perusahaan. Pemutusan listrik yang terlalu sering bisa mengakibatkan beragam kerugian, mulai dari hilangnya data hingga kerusakan perkakas fisik. Inilah sebabnya memiliki UPS serta akses ke penyedia Layanan perbaikan & Pemeliharaan UPS Liebert Vertiv Emerson sangat penting.

Belum memiliki UPS? Mungkin baru mempertimbangkan untuk memilikinya? Panduan berikut bisa membantu Anda mempertimbangkan keuntungan membeli UPS.

Apa Itu UPS?

UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah perangkat yang menyediakan cadangan energi ketika terjadi pemutusan arus listrik atau penurunan daya. Benda ini bereaksi secara cepat sehingga Anda tidak sempat mengalami masalah pada perkakas akibat listrik yang terputus mendadak. Ukurannya beragam, mulai dari yang sebesar motherboard komputer hingga yang membutuhkan ruang penyimpanan khusus.

UPS memiliki komponen sumber energi yang akan terisi penuh ketika dihubungkan pada sumber arus listrik. Ketika pemutusan listrik terjadi, baterai UPS akan menjaga kestabilan arus pada perangkat yang tersambung dengannya. Baterai tersebut memberi cukup cadangan energi untuk mematikan perangkat secara manual sampai Anda menemukan sumber listrik lainnya.

Reaksi UPS setelah pemutusan listrik terjadi cukup cepat. Karena UPS menyediakan daya untuk perangkat di jangkauan lokasinya sambungannya, perusahaan besar mungkin membutuhkan banyak UPS. Akan tetapi, persediaan daya ini biasanya hanya cukup untuk beberapa menit, walau ini juga tergantung kapasitas baterainya. UPS dirancang untuk membantu Anda mematikan perangkat secara manual atau menyambungkannya dengan sumber daya lain yang lebih tahan lama dalam waktu singkat.

 

Fungsi UPS

Apa Fungsi UPS?

Berbagai perusahaan dan bisnis menggunakan UPS sebagai pendukung generator, tepatnya untuk menangani peralihan sumber daya antara PLN dan generator. Ketika jaringan listrik terputus, UPS memberi waktu untuk menyalakan generator tanpa membuat perangkat kerja atau mesin mati total. Perusahaan besar yang membutuhkan UPS ukuran masif dalam jumlah banyak biasanya memiliki ruangan khusus untuk menyimpannya.

UPS juga banyak digunakan dalam berbagai gedung tinggi yang menggunakan lift. Ketika listrik mendadak terputus, UPS akan memberi cukup waktu bagi pengguna lift untuk menyelesaikan rute mereka, sehingga mengurangi kemungkinan terjebak. Pengelola gedung juga bisa menyambungkan lift ke sumber listrik lain secara cepat sehingga penggunanya tidak perlu menunggu terlalu lama di dalam ketika lift mendadak mati.

Meningkatnya jumlah perusahaan teknologi informasi dan komunikasi, kantor layanan umum, serta institusi berbasis data lainnya membuat UPS semakin penting. UPS memberi waktu untuk mengalihkan daya atau mematikan perangkat seperti komputer dan motherboard agar tidak mudah rusak. Pengguna pun mendapat pilihan mudah antara mematikan perangkat atau menyambungkannya ke generator saat pemadaman listrik terjadi.

Manfaat Menggunakan UPS

UPS merupakan salah satu investasi terbaik perusahaan, pemilik bisnis, dan institusi masa kini. Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1.      Mencegah Hilangnya Data

Pernahkah Anda keasyikan menggarap data di komputer atau laptop, tetapi kehilangan mereka karena pemadaman listrik mendadak? Bayangkan jika hal tersebut terjadi berkali-kali dalam perusahaan atau institusi. Memasang UPS mengurangi risiko tersebut karena Anda punya waktu untuk menyelamatkan data.

Ketika listrik padam, Anda punya waktu untuk menyelamatkan data atau memindahkan sumber energi ke generator. Data penting terselamatkan dan kemungkinan terjadinya error akibat pemutusan koneksi mendadak juga berkurang. Risiko kesalahan dalam pekerjaan pun berkurang.

2.      Menjaga Kondisi Perangkat Elektronik

Pemutusan listrik mendadak yang terlalu sering bisa mengurangi usia perangkat elektronik. Hal ini akan menambah kerugian perusahaan karena harus lebih sering mengganti peralatan atau mesin. Dengan UPS, Anda bisa mengurangi risiko tersebut karena perangkat tidak langsung mati saat listrik terputus.

UPS membantu menjaga kestabilan arus listrik dari dan ke perangkat ketika listrik padam. Hal ini menjaga kondisi komponen elektronik perangkat tetap stabil. Jika ingin mematikannya sekalian, Anda bisa menggunakan langkah-langkah yang benar karena ada asupan daya cadangan dari UPS.

3.      Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Ketika data hilang atau perangkat rusak akibat putusnya listrik, kegiatan bisnis menjadi terganggu. Anda mungkin harus mengulang proses input data, mengganti data yang telah hilang, atau bahkan memperbaiki perangkat yang jadi bermasalah. Jika hal ini terus berlangsung, perusahaan bisa mengalami kerugian dan sulit berkembang.

Dengan UPS, Anda bisa menjaga efisiensi kegiatan usaha, karena pemutusan arus listrik tidak berpengaruh pada kegiatan harian. Anda juga bisa menjaga perkakas agar awet lebih lama, sehingga menghemat biaya perbaikan serta penggantian.

4.      Mengurangi Risiko Kebakaran

Pemutusan listrik mendadak bisa mengganggu arus listrik dan meningkatkan potensi kebakaran akibat korslet. UPS membantu menjaga kestabilan keluar masuknya arus listrik, mengurangi risiko korslet. Hal ini menjaga kantor atau tempat usaha Anda dari bahaya kebakaran walau pemutusan listrik terjadi berkali-kali.

Bisnis yang Cocok untuk Pembelian UPS

Tidak semua jenis usaha membutuhkan UPS, terutama bisnis rumah tangga yang sebagian besar aktivitasnya tergantung pada faktor manual atau tidak terlalu membutuhkan perkakas elektronik canggih. Sebaliknya, beberapa jenis pekerjaan membutuhkan asupan listrik yang tidak pernah terputus, misalnya demi mencegah hilangnya fungsi mereka akibat tegangan tak stabil.

Manufaktur serta tipe bisnis produksi lainnya akan terkena dampak parah dari pemutusan listrik, karena perkakas utama mereka harus berhenti sejenak. Menggunakan UPS tidak hanya menjamin keamanan perkakas, tetapi juga efisiensi kerja. Proses produksi tidak perlu terputus karena UPS dengan cepat mengantisipasi putusnya arus listrik, memudahkan perpindahan ke generator.

Institusi yang banyak berurusan dengan data pribadi, seperti lembaga simpan pinjam, penyewaan, properti, serta aplikasi wajib memiliki UPS. Hal ini untuk mengantisipasi kehilangan data akibat faktor seperti mati lampu ketika staf atau pekerja menggarap data yang dimaksud.

Solusi Memilih dan Memperbaiki UPS

Berbagai perusahaan dan pemilik bisnis di seluruh dunia menggunakan UPS berkualitas seperti Liebert Vertiv, mulai dari yang ukuran besar hingga kecil, mudah untuk diletakkan di kantor atau ruangan sempit. Liebert Vertiv Emerson adalah contoh UPS seukuran motherboard yang cocok untuk pemakaian individual atau pengelolaan bisnis kecil dan menengah di kantor kecil.

Bagaimana jika UPS Anda bermasalah? Temukan solusinya di tempat perbaikan UPS profesional, terutama yang memiliki spesialisasi merek Liebert Vertiv. Hal ini karena setiap UPS memiliki variasi pada komponennya, seperti surge supresser, inverter, hingga baterai. Pengguna Liebert Vertiv sebaiknya menggunakan jasa perbaikan dan Pemeliharaan UPS Liebert Vertiv Emerson dari PT. NPS Pemuda Berdikarisama Sebagai Authorized Service Partner Liebert Vertiv Emerson agar hasilnya lebih optimal.

Kesimpulan

UPS sepintas membuat pekerjaan Anda lebih mudah karena mencegah perangkat mati mendadak, tetapi manfaat sebenarnya jauh melewati itu. Dengan UPS, Anda bisa meningkatkan efisiensi kerja, mengurangi kerugian akibat perangkat rusak, hingga mengurangi risiko kebakaran dan kehilangan data akibat pemutusan arus listrik mendadak. Pemilik usaha atau perusahaan pun bisa mengembangkan bisnis dengan mudah.

Pastikan UPS Anda bekerja dengan baik agar bisa terus mendukung aktivitas sehari-hari. Manfaatkan jasa Pemeliharaan UPS Liebert Vertiv Emerson sebagai solusi menjaga kelancaran bisnis atau kegiatan perusahaan Anda.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

rfs-men
× How can we help you?