Pertimbangan Pendinginan untuk Data Center Kepadatan Tinggi

Ada banyak HPC atau high performance computing yang kian diminati di zaman modern ini, sebut saja machine learning, cryptocurrency hingga artificial intelligence (AI). Berbagai HPC tersebut memakan banyak sekali data sehingga dibutuhkan infrastruktur yang andal dan efisien, seperti menggunakan data center kepadatan tinggi. Pusat-pusat data dengan kepadatan tinggi itu memiliki rak dengan daya mencapai lebih dari 20 kW bahkan ada yang sampai mencapai 50 kW atau lebih. 

Mengapa Pendinginan itu Penting?

Panas yang berlebihan akan sangat berpengaruh pada pusat-pusat data dan dapat menyebabkan berbagai masalah, misalnya kerusakan pada peralatan, peningkatan tagihan listrik, dan waktu operasi yang terhenti (downtime). Bukan itu saja, panas berlebihan juga berdampak buruk pada server, perangkat keras jaringan, dan perangkat penyimpanan.

Beberapa alasan di atas cukup menggambarkan alasan kuat mengapa pendinginan merupakan salah satu aspek penting dalam pengaplikasian HPC. Mempertahankan suhu pendinginan yang tepat akan membantu data center dalam menghindari masalah-masalah yang mungkin muncul.

Jenis Pendinginan untuk Data Center Kepadatan Tinggi

Setelah memahami pentingnya pendinginan pada pusat-pusat data dengan kepadatan tinggi, berikut ini ada beberapa jenis sistem pendinginan yang tersedia untuk pusat data kepadatan tinggi.

Air Cooling Systems (Pendinginan Udara)

Air cooling atau pendinginan udara merupakan sistem pendinginan yang sudah secara tradisional digunakan pada pusat-pusat data kepadatan tinggi dengan efisiensi yang besar. Vertiv sendiri memiliki produk pendingin Liebert XD yang memiliki fleksibilitas dalam penerapan untuk operator pusat data ditambah dengan pilihan untuk menerapkan pendekatan hybrid.

Produk Liebert XD dengan pendinginan berdensitas tinggi ini menawarkan dua pilihan penolakan panas, yaitu aircooled atau chilled water. Kedua pilihan ini mengurangi risiko downtime karena mereka mempertahankan kondisi tanpa air (waterless conditions). 

Selanjutnya, Liebert XD dapat digunakan sebagai pendingin primer atau tambahan dengan pilihan pendinginan overhead, aboverack, atau inrow. Pilihan pendinginan overhead dan above-rack memiliki zero footprint.

Liquid Cooling (Pendinginan Cair)

Bila Anda menginginkan sistem pendinginan yang lebih inovatif untuk data center kepadatan tinggi, Anda bisa menjadikan liquid cooling sebagai pilihan. Liquid cooling juga tersedia di Vertiv lewat produk Liebert VIC. 

Teknologi liquid cooling memanfaatkan sifat transfer panas yang tinggi pada air dan cairan lainnya untuk mendukung pendinginan pusat-pusat data kepadatan tinggi yang hemat biaya dan efisien. Kemampuannya dalam mengurangi power usage effectiveness (PUE) menjadi serendah 1.03 dengan memanfaatkan pendinginan air panas membuat solusi ini menjadi sangat efisien bagi seluruh pemilik data center Indonesia.

Hal yang Dipertimbangkan Saat Memilih Teknologi Pendinginan

Saat memilih jenis pendinginan untuk digunakan pada data center dengan kepadatan tinggi, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, yaitu:

Hemat Tempat

Tidak seperti pusat-pusat data standar, pusat data dengan kepadatan tinggi memakan banyak tempat rak. Oleh karena itu, keterbatasan tempat saat menerapkan sistem pendinginan bisa jadi salah satu sumber permasalahan. Untuk mengatasinya, gunakanlah solusi manajemen termal yang mudah digunakan tanpa memengaruhi kapasitas pendinginan serta rendah jejak karbon.

Dua seri produk dari Vertiv, Liebert VIC dan Liebert XD sama-sama memiliki jejak karbon yang kecil. Itu berarti keduanya tidak memakan banyak tempat, tetapi masih mampu menghemat biaya energi dan memberikan pendinginan yang lebih dekat ke sumber panas.

Mampu Beradaptasi dengan Permintaan Baru

Kemampuan beradaptasi menjadi salah satu tantangan dalam pendinginan di data pusat-pusat data. Kebutuhan teknologi informasi yang terus berkembang membuat sistem pendinginan harus cukup fleksibel untuk memberikan pendinginan yang optimal di bawah berbagai jenis beban. Sistem manajemen termal pun harus bisa beradaptasi cepat agar dapat mengakomodasi permintaan di masa depan, terutama pada lingkungan dengan kepadatan tinggi.

Efisien

Pendinginan data center adalah bagian dari operasi pusat data yang paling banyak memakan banyak energi listrik. Agar biaya energinya dapat ditekan tanpa harus memengaruhi pendinginan, Anda bisa menggunakan solusi manajemen termal yang sangat efisien.

Baik itu pendinginan tipe air cooling atau liquid cooling, PT NPS Berdikarisma yang juga kontraktor data center di Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pendinginan dengan menawarkan berbagai produk dari Vertiv.

Data Center Services