Pentingnya Firewall dan Penggunaannya Untuk Jaringan Komputer

Sebagian besar penyedia layanan LAN di Indonesia sering mengingatkan betapa pentingnya firewall. Firewall bekerja sebagai tembok atau sekat yang membatasi perangkat komputer dengan jaringan internet. Melalui sekat inilah, Anda dapat mengatur informasi, data, ataupun kegiatan yang diperbolehkan berlalu lalang dari jaringan internet ke perangkat komputer dan sebaliknya. Singkatnya, firewall digunakan untuk menjaga keamanan komputer Anda dari berbagai ancaman jaringan internet.

Jenis Firewall

Firewall terdiri dari dua jenis, yaitu software dan hardware. Keduanya mempunyai pengaturan yang berbeda. Meski demikian, keduanya memiliki fungsi yang sama, memproteksi keamanan jaringan. 

Firewall hardware adalah perangkat keras yang terdapat di dalam sistem jaringan, seperti router. Firewall hardware memerlukan pengaturan agar bisa bekerja secara efektif. Caranya dengan menerapkan teknik filter untuk menentukan, sumber, packet utama, dan tujuannya. Sistem internal akan membandingkan data sesuai aturan yang telah Anda tetapkan untuk memutuskan data yang dapat diteruskan ke tujuan.

Firewall berbasis software merupakan solusi untuk melindungi jaringan internet di rumah.  Firewall ini biasanya berbentuk aplikasi terpisah atau fitur tambahan dari program antivirus. Firewall berbasis software mampu melindungi trafik inbound, outbound, dan menjaga perangkat dari virus Trojan dan Worm.

Mengapa Firewall Penting? Begini Fungsi dan Manfaatnya!

Penyedia layanan LAN di Indonesia menyatakan bahwa firewall penting untuk menjaga keamanan komputer. Banyak fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna agar tetap aman selama mengakses halaman situs. Berikut sederet fungsi utama penggunaan firewall pada komputer Anda.

  • Melindungi Data Dari Serangan Hacker 

Lantaran firewall berfungsi sebagai tembok penghalang antara data internal dengan akses dari luar, hacker maupun pengguna asing tidak dapat mengakses data Anda. Berbekal firewall pencurian data dapat dicegah semaksimal mungkin. 

  • Memblokir Spam

Jika sering mendapat spam yang mengatakan komputer dalam bahaya, maka Anda patut waspada. Segera instal firewall untuk mencegah terjadinya hal tak diinginkan, seperti pembobolan data dan informasi penting.

  • Membuat Aplikasi Game Online Makin Aman

Bagi Anda yang gemar bermain game online, firewall membantu terhindar dari pesan berisikan virus maupun malware. Keberadaan firewall efektif mencegah dan memblokir hal yang dirasa mengancam keamanan perangkat secara cepat dan akurat. 

Cara Kerja Firewall

Untuk melindungi komputer Anda, firewall bekerja dengan tiga metode. Metode ini dirancang untuk mengontrol lalu lintas data yang keluar ataupun masuk dari jaringan. Adapun cara kerja firewall, sebagai berikut.

  • Filtering (Penyaringan Packet)

Firewall menerapkan aturan tertentu sebelum mengizinkan data masuk ke jaringan. Setiap packet akan diperiksa secara mandiri maupun dalam isolasi. Jika packet yang dikirim dalam bentuk grup, maka packet akan diperiksa satu per satu. Ketika packet dianggap berbahaya, firewall akan menolak untuk meneruskan ke sistem. Apabila packet dinilai aman, data akan diteruskan ke sistem. 

  • Pendekatan Proxy

Metode selanjutnya adalah pendekatan proxy. Bekerja sebagai penghubung sistem jaringan, metode ini efektif untuk memeriksa seluruh informasi yang diambil firewall melalui internet. Lantaran pemeriksaan informasi dilakukan secara tersentralisasi, proxy tampak seolah menghubungkan jaringan secara langsung. Faktanya, proxy service hanya berusaha menciptakan hubungan antarjaringan dengan mekanisme yang mirip.

  •  Inspeksi Stateful

Metode inspeksi stateful tergolong baru. Metode ini berjalan dengan cara membandingkan bagian kunci dari packet berbasis informasi data tepercaya. Nantinya, informasi yang diterima firewall akan diperiksa di data base packet. Hal ini dilakukan untuk menentukan karakteristik packet, apakah aman diteruskan atau justru berbahaya. Apabila packet menunjukkan risiko bahaya, firewall akan langsung menolak trafik dan membalasnya dengan tulisan “unreachable error” atau melewatinya tanpa mengirimkan pesan. Packet yang aman akan direspon oleh firewall secara langsung dengan cara meneruskannya.

Demikianlah informasi mengenai pentingnya firewall untuk keamanan perangkat Anda. Apabila Anda mencari penyedia layanan LAN di Indonesia terbaik, jangan ragu menghubungi NPS Pemuda. NPS Pemuda menyediakan layanan TI berkualitas yang didukung oleh tenaga kompeten dan profesional. Berkomitmen untuk memudahkan Anda memajukan pertumbuhan bisnis di Indonesia, NPS Pemuda hadir di 15 kota besar. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi NPS Pemuda!

Data Center Services