Cloud vs. Collocation Data Center, Mana yang Lebih Baik?

Makin bergesernya bisnis menuju era digital membawa perubahan dalam metode perusahaan melakukan pengelolaan dan penyimpanan data. Pusat data digital menjadi pilihan karena keefektifannya.

Untuk membawa bisnis ke ranah digital, maka Anda harus mengenali lebih dulu beberapa jenis data center dan masing-masing kelebihannya. Artikel ini akan membahas dua jenis data center, yaitu collocation dan cloud. Apa perbedaan keduanya?  

Cloud Data Center

Cloud data center merupakan layanan yang menyediakan seperangkat alat dan teknologi untuk melakukan penyimpanan dan pengelolaan data. Penyedia layanan ini menyewakan alat dan jasa mereka kepada suatu organisasi dan mereka membayar penyedia atas layanan tersebut.

Kelebihan 

Cloud data center bisa menjadi pilihan terbaik bagi banyak perusahaan. Berikut ini beberapa kelebihan cloud data center:

  • Mengurangi tanggung jawab staf IT

Karena penyimpanan data ditangani oleh perusahaan lainnya, tim IT Anda tidak perlu waktu lama untuk memasang perangkat lunak baru atau melakukan pembaruan perangkat lunak tersebut. Jadi, mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan tugas penting lainnya.

  • Mengurangi biaya modal

Biaya penyimpanan menggunakan cloud data center dapat dianggap sebagai biaya operasional sehingga bisa mengurangi biaya modal. Membangun data center sendiri di perusahaan akan membuat biaya modal membengkak. 

Sebaliknya, dengan menggunakan cloud, penyimpanan dan pengelolaan data dilakukan secara eksternal. Dengan begitu, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya operasional bulanan yang cenderung lebih terjangkau.

  • Dana untuk data center bisa diatur

Anda bisa menyesuaikan anggaran dana agar pengeluaraan perusahaan tidak membengkak.  Pasalnya, Anda bisa meningkatkan atau menurunkan kapasitas sesuai kebutuhan sehingga biaya juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. 

Karena kemudahan inilah, cloud data center sangat cocok untuk perusahaan yang cenderung mengalami perubahan. Jadi, mereka tidak perlu menggunakan layanan atau fitur yang tidak mereka butuhkan.

  • Backup data dilakukan secara teratur

Cloud data center secara rutin melakukan backup data sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan data penting ketika komputer atau data lokal rusak. Dengan data center ini, Anda bisa mengakses kembali informasi yang seharusnya hilang. 

Kekurangan

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, cloud data center juga memiliki beberapa kekurangan tersendiri. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Pengalaman pengguna tergantung kualitas internet

Anda membutuhkan internet yang cepat dan andal jika menggunakan cloud data center. Koneksi yang lambat akan membuat proses pengunduhan menjadi lebih lambat dan dapat membuang banyak waktu.

  • Biaya dapat membengkak tiba-tiba

Kemudahan mengatur anggaran dana memang menjadi kelebihan data center ini. Meski demikian, jika pemakaiannya tidak Anda atur dengan baik, maka biaya yang dikenakan juga bisa membengkak tiba-tiba. 

Collocation Data Center

Collocation data center adalah jenis pusat data yang memungkinkan perusahaan untuk menempatkan server dan perangkat keras IT lain mereka di fasilitas pihak ketiga. Pihak ketiga ini hanya menyediakan fasilitas infrastruktur penting untuk mendukung pusat data perusahaan tersebut. Jadi, pelanggan tetap memiliki kendali atas aset mereka, sedangkan penyedia colocation menangani sistem kelistrikan, pendingin, keamanan, dan sambungan.

Kelebihan

Sebanyak dua pertiga perusahaan yang menggunakan infrastruktur fisik memanfaatkan collocation data center. Berikut ini beberapa kelebihannya:

  • Lebih dapat diandalkan

Data center ini umumnya menggunakan infrastruktur yang jauh lebih kuat. Sistem operasi berlapis memungkinkan sistem mereka dapat tetap aktif beroperasi, bahkan ketika terjadi bencana alam.

  • Serbaguna

Karena collocation data center dapat mengakomodasi beberapa penyewa, maka pengaturan kapasitas juga akan semudah memasang server baru ke dalam rak. Selain itu, karena penyedia collocation mengelola infrastruktur, tim TI internal bisa bebas bekerja mengembangkan produk dan layanan inovatif. 

  • Efisien

Fasilitas collocation modern selalu mengikuti perkembangan terbaru untuk pendinginan pusat data dan penyediaan daya. Oleh sebab itu, biaya yang dikeluarkan juga lebih efektif. Meskipun biaya pembangunan awalnya cukup besar, collocation dapat menghemat biaya per bulan karena adanya efisiensi energi. 

Kekurangan  

Beberapa kekurangan collocation yang perlu Anda pertimbangkan antara lain:

  • Terdapat potensi kurangnya kontrol

Beberapa penyedia collocation gagal menyediakan alat yang sesuai sehingga pelanggan sering kali kesulitan memantau penerapan mereka secara efektif. Akibatnya, perusahaan sering kali merasa tidak tahu apa-apa ketika harus menentukan bandwidth bulanan mereka.

Meski demikian, beberapa kontraktor data center di Indonesia umumnya sudah menggunakan platform pemantauan yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

  • Terdapat potensi layanan pelanggan yang buruk

Karena pusat data berada di tangan pihak ketiga, hal ini dapat memunculkan potensi layanan pelanggan yang tidak memuaskan. Masalah yang tidak ditangani dengan cepat dan layanan pelanggan yang gagal memberikan bantuan merupakan potensi kekurangan data center jenis ini.

Untuk bisa menentukan data center seperti apa yang dibutuhkan perusahaan Anda, maka berkonsultasilah dengan kontraktor data center di Indonesia seperti PT. NPS Pemuda Berdikarisma. Perusahaan ini menyediakan layanan Data Center System sejak tahun 2016 serta merupakan penyedia solusi dan servis resmi Vertiv Liebert Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 50 tahun.

Data Center Services