Pemanfaatan Daya: Infrastruktur Tenaga Besar Berarti Penghematan Besar dan Kemungkinan Pendapatan

Sebagai pusat yang mengatur segala lalu lintas data, infrastruktur dari data center haruslah mumpuni dalam segala aspek—baik itu server, storage, hingga jaringan internetnya. Apalagi data center bekerja 24/7, jadi pada dasarnya tenaga yang besar dengan infrastruktur yang baik akan sangat membantu. 

Walaupun fakta di lapangan, kurang dari 40% pebisnis yang memahami hal tersebut. Pasalnya, tak sedikit yang masih acuh terhadap infrastruktur dari data center yang mereka gunakan, dan bahkan sebagian lainnya tidak menggunakan teknologi ini. 

Manfaat Infrastruktur Tenaga Besar Untuk Data Center

Bagi beberapa kontraktor data center di Indonesia, membuat infrastruktur yang baik sudah menjadi sebuah kewajiban. Namun, untuk penggunaan daya yang besar, sepertinya masih belum semua melakukannya. Pasalnya, membutuhkan skill yang lebih tinggi, banyak pertimbangan juga yang harus dipikirkan.

Walaupun begitu, sebenarnya ada banyak manfaat jika membangun infrastruktur pusat data dengan tenaga yang besar. Beberapa contoh manfaat infrastruktur tenaga besar untuk data center, bisa Anda lihat pada penjalasan di bawah ini.

1. Mendukung Kinerja Data Center Jadi Lebih Baik

Hal pertama dengan memiliki infrastruktur pusat data bertenaga besar pastinya akan mendukung performa kinerja data center hingga to the next level. Data center sendiri sebenarnya adalah sistem yang harus bekerja non stop 24/7, sehingga infrastruktur harus bisa menunjang berbagai kebutuhan sistem. 

Bahkan kebutuhan cadangan daya, juga akan upgrade dengan besarnya daya pada infrastruktur data center yang dibuat. Lama waktu operasional sebuah data center juga jadi tolak ukur tersendiri, sehingga daya yang memadai sangat Anda perlukan.

2. Mendukung Terciptanya Lapisan Arsitektur Data Center Berkualitas

Membangun lapisan arsitektur memang membutuhkan infrastruktur yang memadai, terutama untuk lapisan utama yaitu bisnis, servis dan juga IT. Contohnya pada lapisan bisnis ada bagian enterprise resource planning tentu membutuhkan penanganan khusus dan sumber energi yang cukup besar.

3. Mendukung Pertumbuhan Skala Bisnis

Memang untuk memulai bisnis, data center dengan infrastruktur daya kecil masih bisa survive. Namun, seiring perjalanan dan perkembangan bisnis yang pesat, tentunya Anda perlu upgrade infrastruktur data center Anda yang lebih mutakhir. Namun, proses upgrade bisa jadi akan membuang banyak waktu dan memakan dana lebih besar. 

Pasalnya, harus melalui proses perpindahan data, pencadangan, pemulihan serta berbagai tes dan validasi terlebih dahulu sebelum siap digunakan kembali. Supaya tidak sampai upgrade berulang kali, pastikan Anda benar-benar memahami kebutuhan bisnis Anda. Jika memang membutuhkan penyimpanan data yang besar, maka tak ada salahnya untuk menggunakan infrastruktur data center yang cukup besar di awal bisnis.

4. Peluang Meningkatkan Pendapatan 

Selain itu, peluang meningkatkan pendapatan juga akan meningkat kala menggunakan infrastruktur pusat data yang lebih modern dan berdaya besar. Hal tersebut sangat memungkinkan karena pengembangan OPEX dan UPS pada data center akan meningkatkan kinerja bisnis.

Dengan sistem tersebut, kredibilitas bisnis dan profesionalitas akan meningkat. Perusahaan yang lebih profesional dan kredibel tentu akan meningkatkan kepercayaan customer serta meningkatkan retensi penjualan. Alhasil, pendapatan bisnis pun juga akan ikut meningkat.

Cara Memaksimalkan Pemanfaatan Daya pada Data Center

Ada banyak cara untuk bisa memaksimalkan infrastruktur dan pemanfaatan daya, pada data center yang Anda gunakan. Cara berikut ini bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan data center Anda:

1. Mengoptimalkan Perangkat UPS yang Anda Gunakan 

Hal yang cukup penting untuk data center adalah perangkat UPS, karena hal tersebut bisa dibilang nyawa dari data center itu sendiri. Mengevaluasi dan mengukur UPS, bisa jadi langkah terbaik untuk bisnis Anda kedepannya.

2. Membangun Piranti Infrastruktur Data Center yang Memadai

Akan percuma rasanya jika memiliki daya besar, namun piranti infrastruktur data center tidak mendukung. Apalagi sistem yang asal-asalan malah bisa berbalik menjadi beban untuk penggunaan daya data center

Mulai dari jaringan internet yang stabil, sistem operasi yang berfungsi maksimal, sistem pendingin berteknologi tinggi, sistem listrik yang memadai. Semua harus dimaksimalkan supaya proses pengelolaan dan penyimpanan data bisa beroperasi dengan baik.

3. Meningkatkan Sistem Keamanan yang Mumpuni

Langkah berikutnya yang juga cukup penting adalah sistem keamanan. Tidak hanya meningkatkan sistem keamanan dalam bentuk fisik, tapi juga digital. Dengan begitu, perusahaan bisa meminimalisir risiko kebocoran data, baik itu dari dalam atau luar infrastruktur. 

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai manfaat infrastruktur pada data center, serta cara memaksimalkan pemanfaatan daya. Dari beberapa penjelasan tersebut, Anda tentunya bisa menyimpulkan bahwa infrastruktur bertenaga besar, bisa jadi faktor penghematan jangka panjang dan meningkatkan pendapatan bisnis!

Data Center Services