Pentingnya Manajemen Data Center yang Bijak untuk Menjaga Keuangan Bisnis

Membangun data center saja tidak cukup sebagai investasi bisnis Anda. Lewat data-data yang tersimpan ini, Anda memang dapat mengelolanya sebagai insight untuk menghasilkan keputusan-keputusan bisnis yang lebih strategis dan efektif. Namun, sekali lagi, hal itu saja tidak cukup.

Faktanya Anda juga harus melakukan manajemen data center yang bijak. Dengan demikian, Anda akan menghasilkan pundi-pundi uang yang lebih optimal dan membangun keberlangsungan bisnis yang lebih panjang.

Apa Itu Manajemen Data Center dan Apa Pentingnya?

Manajemen data center adalah upaya-upaya memaksimalkan kinerja server data center sehingga meminimalkan terjadinya gangguan apalagi downtime pada server. Mengapa penting untuk meminimalkan terjadinya downtime? Apa saja risikonya?

  • Merusak reputasi

Pelanggan akan merasa kecewa dengan layanan Anda. Selain komplain dan rasa tidak nyaman, jika kondisi ini berlangsung cukup lama dan berulang, maka kredibilitas Anda di mata pelanggan pun akan turun.

  • Kehilangan pendapatan

Operasional bisnis terutama yang berkaitan langsung dengan keuangan akan ikut terhenti saat server mengalami down. Tidak dapat dilaksanakannya transaksi secara langsung menghilangkan potensi pendapatan bisnis.

  • Hilangnya data

Apabila downtime terjadi karena kegagalan pada perangkat, baik keras maupun lunak, maka risiko kehilangan data jadi lebih besar. Hal ini akan merembet pada keamanan informasi dan integritas bisnis.

  • Mengeluarkan lebih banyak biaya

Ada berbagai kemungkinan lebih banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk memulihkan sistem, bahkan bukan tidak mungkin melakukan penggantian pada pelanggan. 

Cara Manajemen Data Center

Lakukan manajemen bijak untuk merawat data center sehingga dapat terus bekerja dengan optimal. Pun jika harus mengeluarkan biaya untuk maintenance dan pengelolaan ini, nilainya sebanding dengan potensi risiko jika terjadi gangguan.

Setidaknya berikut adalah beberapa hal dalam manajemen data center yang bisa Anda lakukan.

  • Menyediakan data center dengan skalabilitas

Data center memerlukan skalabilitas agar mampu menyesuaikan diri dengan pertumbuhan bisnis tanpa harus melakukan investasi besar-besaran secara bersamaan. Cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan konsep cloud computing.

  • Memperhatikan siklus hidup perangkat

Lakukan pembaharuan dan peningkatan jika memang diperlukan serta lakukan evaluasi secara berkala. Apabila perangkat sudah usang atau tidak lagi efisien, jangan tunda lebih lama untuk menggantinya.

  • Mengelola kapasitas

Pantau dan kelola kapasitas data center guna menghindari terjadinya bottleneck dan downtime. Perhatikan pula tren pertumbuhan bisnis sehingga dapat merencanakan kapasitas yang tepat untuk masa mendatang.

  • Memprioritaskan efisiensi energi

Kebutuhan energi listrik untuk data center tidaklah sedikit. Namun, Anda bisa mengakalinya tanpa harus menggadaikan kualitas dengan mengadopsi teknologi yang lebih efisien sehingga mengurangi biaya operasional. Lakukan audit energi secara berkala untuk identifikasi dan mengurangi konsumsi daya yang tidak perlu.

Adanya data center menjadi salah satu investasi terbaik bagi sebuah bisnis untuk dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang lebih banyak. Namun untuk mencapai hasil ini, pastikan Anda melakukan manajemen data center yang tepat pula agar justru merugi di tengah jalan.

Percayakan kebutuhan penyimpanan data terpusat Anda di PT NPS Pemuda Berkarisma. Berpengalaman sejak 2016 dengan berbagai klien sekaligus sebagai partner resmi Vertiv Liebert’s di Indonesia untuk kebutuhan solusi data center, PT NPS Pemuda Berkarisma siap membantu bisnis Anda tumbuh dengan layanan data center terbaik.

Data Center Services