Jadi Kunci Kesuksesan Bisnis, Ini Kriteria Data Center yang Dapat Diandalkan

Zaman sekarang, segala sesuatu harus berbasis pada data. Termasuk dalam menjalankan bisnis atau usaha. Keberadaan data akan memberikan banyak insight bagi bisnis untuk terus berkembang. Oleh sebab itu, data harus dikelola dengan baik. Dalam hal ini, setiap perusahaan memiliki fasilitas yang disebut data center (pusat data).

Pusat data memiliki peran yang sangat penting bagi kesuksesan bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar. Hal ini tak lepas dari perkembangan dunia digital yang kian pesat. Pengelolaan data yang baik, akan memberikan dampak positif bagi bisnis. Begitu pun sebaliknya, pengelolaan yang data yang buruk dapat menghancurkan bisnis.

Maka dari itu, penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki pusat data yang dapat diandalkan. Artinya, pusat data tersebut dapat menyimpan dan memproses data hingga menjadi informasi baru secara efektif dan efisien. Hal ini bisa didapatkan dengan memperhatikan beberapa kriteria pada data center berikut ini!

Memiliki Perlindungan Komprehensif

Kriteria pertama dari pusat data yang bisa diandalkan untuk kesuksesan bisnis adalah memiliki perlindungan yang komprehensif atau menyeluruh. Artinya, pusat data harus benar-benar aman, baik secara fisik maupun sistem. Maka, hal-hal seperti pemilihan lokasi, infrastruktur, serta sistem keamanan, mesti dipertimbangkan secara saksama.

Lokasi pusat data harus dipastikan aman dari ancaman bencana alam. Di samping itu, sebisa mungkin lokasinya juga tidak terlalu jauh dari perusahaan.

Sementara untuk infrastruktur, hal ini meliputi segala perangkat yang digunakan dalam membangun pusat data. Pastikan bahwa semuanya dapat berfungsi secara optimal, termasuk pendingin dan sumber daya.

Berikutnya, terkait sistem keamanan, hal ini meliputi keamanan pada bangunan pusat data serta sistemnya. Pusat data yang dapat diandalkan memiliki sistem keamanan yang berlapis. Selain bangunan yang kokoh, akses keluar-masuk pun dibatasi. Di samping itu, keamanan pada sistemnya juga sangat mumpuni.

Ramah Pengguna

Kriteria selanjutnya adalah ramah pengguna. Maksudnya, data center harus memiliki sistem yang mudah untuk digunakan, sehingga pengguna bisa memanfaatkan data di dalamnya kapan saja.

Selain itu, fleksibilitas layanan juga menjadi poin penting yang menunjukkan kalau pusat data dapat diandalkan untuk mencapai kesuksesan bisnis. Jadi, pastikan untuk memilih pusat data yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Misalnya, fleksibel untuk ditambah maupun dikurangi kapasitas ruang penyimpanannya.

Biaya Terjangkau

Kriteria terakhir berkaitan dengan biaya yang digunakan untuk aktivitas operasional data center. Pilihlah pusat data dengan biaya yang terjangkau, sehingga tidak akan membebani anggaran lainnya dalam bisnis.

Dalam hal ini, pengusaha perlu memiliki kejelian dalam melihat situasi. Ia harus memahami skala bisnis yang dikelola, jika memang tidak terlalu besar, maka tidak perlu menggunakan layanan pusat data yang besar. Artinya, kapasitas pusat data harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, sehingga biayanya pun bisa menyesuaikan.

Itulah beberapa kriteria data center yang dapat diandalkan untuk memajukan bisnis. Pengusaha harus jeli dalam menentukan pilihan, sehingga kesuksesan bisnis bisa segera didapatkan.

Untuk layanan data center terbaik dan bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan bisnis, PT. NPS Pemuda Berdikarisma adalah solusinya. Sebagai pengusaha, kamu tak perlu khawatir menjatuhkan pilihan pada PT. NPS Pemuda Berdikarisma untuk urusan penyediaan pusat data. Melalui tim yang hebat, data center andal pun bisa dimiliki.

Data Center Service, Design & Engineering Expert