Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Pentingnya UPS untuk Alat Medis dan Rumah Sakit

Layanan perbaikan UPS Liebert Vertiv terbaik di Jakarta menjadi solusi tepat untuk mengembalikan fungsi hardware penunjang alat medis yang mengalami kerusakan. Dengan layanan ini, Anda bisa menghemat pengeluaran ketika UPS tidak dapat melakukan back up data, baterai soak, atau alarm berbunyi terus-menerus.

Pengertian UPS dan Fungsinya

Uninterruptible Power Supply (UPS) merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi utama untuk menyimpan dan menyuplai daya listrik. Ketika listrik padam, UPS memberikan waktu yang cukup untuk menyalakan genset sebagai pengganti listrik sementara, mengamankan sistem operasi, melakukan back up, dan mematikan perangkat sesuai prosedur.

Hal tersebut tidak hanya mengamankan sistem komputer, melainkan juga meminimalisasi kerusakan pada perangkat lunak maupun perangkat keras. UPS juga dapat mengatasi masalah yang berhubungan dengan kelistrikan, seperti undervoltage, overvoltage, distorsi harmonisa, electrical line noise, dan current fluktuasi.

Ketika terjadi perubahan tegangan pada input, secara otomatis UPS akan melakukan stabilisasi tegangan. Cara kerjanya adalah dengan menyimpan daya lalu mengalirkan daya tersebut ke output. Secra tidak langsung, hal ini efektif melindungi sekaligus memperpanjang masa pakai perangkat elektronik.

Manfaat UPS untuk Alat Medis dan Rumah Sakit

Lantaran fungsinya yang luar biasa, UPS kerap dijadikan sebagai salah satu perangkat wajib dimiliki rumah sakit untuk menyuplai daya ketika listrik padam. Sebagaimana diketahui, fasilitas perawatan kesehatan modern bergantung pada teknologi sehingga membutuhkan catu daya yang konsisten.

Selain untuk menjalankan infrastruktur sehari-hari, catu daya juga digunakan untuk peralatan pencitraan medis, diagnostik dan pemantauan, serta penunjang kehidupan.

Agar lebih jelas, simak sederet alasan mengapa UPS penting untuk alat medis dan rumah sakit berikut ini.

  • Menyelamatkan Nyawa

Kendati rumah sakit dan fasilitas kesehatan telah dilengkapi dengan generator listrik darurat berkapasitas besar, genset memerlukan waktu beberapa detik sebelum menyala dan memasok listrik ke seluruh fasilitas kesehatan.

Hal tersebut memang tampak sepele, tetapi adanya gangguan singkat bisa merugikan pasien yang tengah menjalani operasi atau berada di ruang ICU. Dalam fasilitas medis, satu detik tanpa aliran listrik dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang melumpuhkan peralatan medis penopang kehidupan.

  • Melindungi Data Penting

Mengingat sebagian besar pusat kesehatan kini mengandalkan Intelligent Building Management Systems (IBMS) untuk melakukan koordinasi, pemantauan, kontrol, komunikasi, dan mengatur suhu ruangan yang tepat bagi pasien.

IBMS memungkinkan pihak rumah sakit meningkatkan perlindungan kontrol akses, perimeter, pengawasan kamera keamanan dan video digital, serta aplikasi keselamatan. Sementara untuk manajemen data, tersedia sistem canggih bernama Informasi Rumah Sakit (HIS) yang menawarkan kemudahan bagi rumah sakit untuk melakukan peningkatan manajemen, adminstrasi pasien, dan tugas klinis.

HIS juga bisa membantu administrator melakukan pengoperasian Sistem Informasi Manajemen Kesehatan (HMIS). Dengan cara tersebut, pemantauan dan pengontrolan fungsi fasilitas kesehatan semakin baik sehingga staf medis lebih mudah mengakses data pasien dan meningkatkan layanan.

  • Mencegah Kekacauan Jadwal dan Diagnosis

Efek merugikan akibat hilangnya aliran listrik ke peralatan medis sering terabaikan. Faktanya, kehilangan daya bisa menyebabkan tertundanya jadwal pemeriksaan, diagnosis, pengobatan, perawatan, dan pemulihan pasien.

Jika listrik padam selama prosedur pencitraan medis, maka data yang direkam kemungkinan hilang atau tidak lengkap sehingga hasilnya dapat memengaruhi diagnosis. Listrik yang mati secara mendadak juga dapat merusak perangkat keras dan lunak sehingga menyebabkan penundaan maupun pembatalan prosedur kesehatan.

Pasien yang melakukan pemindaian sebelum pemadaman listrik terjadi dan memerlukan tindakan medis, seperti suntik dengan radionuklida, radioaktif, atau pelacak lainnya dapat mengalami masalah penundaan diagnosis selama berminggu-minggu. Namun, dengan adanya UPS, kekacauan tersebut dapat diminimalisasi. Rumah sakit tidak akan merugi, kesejahteraan pasien juga terjamin.

  • Menjaga Data Center

Data center merupakan area penting dalam rumah sakit sehingga harus diberikan ekstra perhatian dan pemeliharaan. Sesuai namanya, data center digunakan untuk menyimpan data penting, seperti catatan medis, data pribadi pasien, dan jurnal harian.

Aplikasi pemrosesan memiliki pengaruh besar dalam operasi harian rumah sakit yang menggunakan peralatan dengan bantuan router atau server supaya bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Agar terus beroperasi, data center mengonsumsi daya dalam jumlah besar. Oleh karena itu, rumah sakit membutuhkan sistem daya darurat yang dapat diandalkan untuk menjaga data center tetap berjalan seefisien mungkin dan UPS merupakan solusi terbaik. Ketika UPS mengalami kerusakan, tersedia layanan perbaikan UPS Liebert Vertiv terbaik di Jakarta yang menawarkan harga terjangkau dengan kualitas mumpuni.

  • Meminimalisasi Kerusakan Peralatan Medis

Selain diperlukan untuk pengoperasian fasilitas perawatan kesehatan modern, sistem UPS melindungi peralatan listrik yang tergolong sensitif dan mahal dari kerusakan akibat lonjakan atau pemadaman listrik.

UPS akan memastikan padamnya listrik tidak menghambat produktivitas dan menyediakan cadangan sumber daya hemat biaya. Umumnya, UPS standar sering digunakan untuk sistem TI dan komersial. Namun, khusus untuk peralatan medis dan rumah sakit, UPS khusus diperlukan agar sesuai dengan beban dan karakteristik.

Salah satu produk yang banyak digunakan adalah UPS Liebert Vertiv. Dengan sistem inovatif dan terintegrasi, Vertiv akan mendukung peningkatkan waktu kerja dan memenuhi kebutuhan daya cadangan.

Layanan Perbaikan UPS Liebert Vertiv Terbaik di Jakarta

Rumah sakit memiliki infrastruktur kompleks dan membutuhkan pasokan listrik konstan untuk mempertahankan tindakan medis yang diperlukan. Ketika terjadi pemadaman listrik, sistem dan peralatan penting akan mati beberapa saat sebelum menyambung ke generator.

Kendati sistem dan peralatan medis hanya padam beberapa saat, hal ini berisiko menimbulkan berbagai masalah sehingga harus dihindari sebisa mungkin. Salah satu cara efektif untuk memastikan pasokan listrik tetap konstan dan bisa diandalkan adalah dengan memasang sistem UPS terpusat.

Memang dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk pemasangan sistem UPS terpusat. Namun, UPS dapat meningkatkan efisiensi sistem kelistrikan di seluruh fasilitas rumah sakit dan memungkinkan untuk tetap mempertahankan layanan penting serta melindungi data staf dan pasien. Sistem UPS juga akan mencegah waktu henti yang berpotensi merusak bisnis.

Agar kinerja maksimal dan efisien, UPS memerlukan pemeliharaan rutin. Sementara untuk melindungi kerusakan peralatan medis yang diakibatkan pemadaman mendadak diperlukan pengujian secara berkala.

Tujuannya tidak hanya mengidentifikasi masalah, melainkan juga memberikan informasi pada pengguna tentang tindakan korektif yang perlu dilakukan dan cara paling tepat untuk meminimalisasi gangguan daya.

Dengan adanya teknologi canggih, sistem UPS bisa memberikan informasi pada teknisi mengenai masalah dari jarak jauh. Namun, teknologi pemantauan lanjutan ini hanya dapat memberikan informasi mengenai status tegangan dan faktor lainnya. Sementara untuk informasi sistem aki memerlukan pemeriksaan fisik.

Jika Anda membutuhkan layanan perbaikan UPS Liebert Vertiv terbaik di Jakarta, maka jangan segan untuk menghubungi kami. Berbekal peralatan canggih dan didukung sumber daya yang mumpuni di bidangnya, kami akan memberikan layanan terbaik dengan harga terjangkau untuk menyelesaikan masalah Anda.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request
× How can we help you?