Mengenal Manfaat Data Center Networking dalam Sistem Pendukung Bisnis

Data center identik dengan ruang besar terpisah berisi berbagai perangkat dan aplikasi yang mendukung penggunaan komputer, internet, dan sistem lainnya. Data Center Networking (DCN) adalah konsep data center terhubung, di mana setiap elemen mampu mendukung semua kegiatan spesifik yang Anda butuhkan.

Apa Itu Data Center Networking?

DCN merupakan jaringan khusus yang menghubungkan berbagai komponen data center dengan perangkat atau aplikasi milik pengguna. Dalam data center virtual, DCN bertanggung jawab mengelola berbagai koneksi data center ke jaringan lain, misalnya cloud publik dan privat atau hybrid cloud.

DCN berfungsi merapikan infrastruktur data center agar semuanya berfungsi dengan stabil dan konsisten. DCN juga memastikan bahwa setiap tugas spesifik bisa didukung dengan baik dalam jaringan sistem. DCN memadukan infrastruktur fisik (kabel, sambungan, server fisik) dan virtual di satu tempat sehingga lebih tertata.

Manfaat Data Center Networking

Data center yang terhubung ke jaringan seperti DCN mendapat banyak manfaat yang juga menguntungkan pemilik bisnis, karyawan, dan semua yang menggunakan perangkat terkait. DCN juga memberi kemudahan bagi teknisi yang bertanggung jawab dalam mengelola dan mengawasi kinerjanya.

Inilah beberapa kegunaan DCN dalam pengelolaan data center.

  1. Meningkatkan Keamanan Data Center

Karena DCN menghubungkan semua komponen dalam satu jaringan, sistem keamanannya pun terintegrasi. Hal ini meningkatkan keamanan semua komponen data center. DCN menghadirkan sistem keamanan seperti pendeteksi dan pencegahan intrusi (IDS dan IPS).

  1. Layanan Jaringan Lebih Cepat dan Mulus

Jaringan data center tradisional yang hanya mengandalkan admin tanpa DCN sering kesulitan mengelola koneksi dan kebutuhan penggunaan, terutama ketika jumlah pemakaian meningkat. Akibatnya, kinerja jaringan pun melambat karena terlalu banyak beban. 

DCN membantu mengelompokkan semua koneksi dan akses dalam satu jaringan. Sistem respons serta teknologi seperti otomatisasi pun membantu meningkatkan kinerja data center

  1. Menjaga Konsistensi Sistem Jaringan

Kegiatan bisnis atau institusi membutuhkan konsistensi sistem jaringan, terutama jika kegiatan yang dilakukan berisiko. DCN menjaga agar sistem jaringan data center tetap stabil. Hal ini karena semua resources terhubung ke cloud dan jaraknya lebih dekat dengan destinasi data. 

  1. Memudahkan Troubleshooting

Troubleshooting jauh lebih mudah dengan DCN karena semua resources dan koneksi terhubung ke sistem jaringannya. Teknisi pun bisa melacak sumber masalah dari satu tempat sehingga mereka bisa menyelesaikannya dengan mudah.

Data center terhubung dalam bentuk DCN memudahkan Anda mengelola semua sistem dan aplikasi penting dalam bisnis. Hubungi PT NPS Pemuda Berkarisma untuk pemasangan sistem data center serta konsultasi terkait keamanan dan kinerjanya.

Data Center Services