Apa Itu Data Center? Pahami Dulu sebelum Menggunakannya

Data center merupakan bagian penting dalam setiap perusahaan, organisasi, atau institusi yang menggunakan komputer dan internet. Memahami data center penting demi mendukung efisiensi tugas harian, terutama yang membutuhkan sistem data dan teknologi informasi. 

Definisi dan Fungsi Data Center

Data center adalah ruang khusus untuk menyimpan data, perlengkapan, dan infrastruktur penting untuk menjalankan semua sistem dan aplikasi yang membutuhkan data tersebut. Data center dulu identik dengan ruang fisik besar yang memakan banyak tempat. Kini, data center juga hadir dalam bentuk cloud berisi jaringan IT yang mengelola berbagai data serta sistem.

Data center merupakan pusat semua kegiatan yang menggunakan sistem dan aplikasi. Data center memungkinkan perusahaan atau institusi untuk melakukan tugas penting, misalnya mengirim email, mengakses internet, menggunakan aplikasi internal kantor, melakukan kolaborasi, mengelola produksi, hingga menjaga kepuasan pelanggan.

Komponen Penting dalam Data Center

Setiap data center memiliki komponen penting yang mendukung tugas-tugasnya. Pastikan data center Anda memiliki semua komponen di bawah ini:

  1. Infrastruktur Jaringan

Infrastruktur jaringan mencakup semua server, penyimpanan, aplikasi, dan sistem koneksi yang mendukung semua fungsi. Bentuknya bisa berupa fisik serta digital.

  1. Infrastruktur Penyimpanan

Semua data dalam data center harus disimpan secara kronologis dan teratur sesuai fungsinya. Infrastruktur penyimpanan harus aman dan memiliki kapasitas besar yang ditingkatkan secara berkala demi menyimpan data berharga.

Penyimpanan fisik bisa berupa SSD atau HDD, sedangkan yang digital misalnya cloud, network-attached storage, dan storage area network.

  1. Kapasitas Energi Memadai

Data center wajib memiliki sumber kapasitas energi yang mendukung fungsinya secara terus-menerus. Pemilik data center harus memiliki kapasitas dan sumber listrik besar, misalnya menggunakan uninterrupted power supply (UPS). Kapasitas energi ini juga harus disertai dengan sumber energi cadangan seperti generator.

  1. Sistem Pendingin

Semua panduan pengguna untuk pemilik data center pasti menyarankan sistem pendingin. Fungsinya adalah menjaga suhu ruang data center demi menghindari panas berlebih yang dapat menurunkan kinerja serta merusak perangkat. Bahkan data center digital masih membutuhkan perangkat fisik yang harus dijaga suhunya.

Menjaga Keamanan Data Center

Semua jenis data center membutuhkan sistem keamanan. Pastikan Anda menyediakan dua macam sistem untuk keamanan fisik dan jaringan serta data.

Sistem pengaman fisik melindungi data center dari kebakaran, kehancuran akibat gempa bumi dan fenomena alam lain, pencurian, dan sabotase fisik. Sistem keamanan untuk jaringan serta data contohnya adalah antivirus, enkripsi data, firewall, IDS, dan sistem lainnya untuk mencegah pencurian data, peretasan, serta serangan siber.

Memahami data center bukan hanya urusan petugas IT, tetapi juga pemilik atau pengelola gedung, bisnis, dan institusi tersebut. Jika Anda berada dalam posisi tersebut, mengetahui dasar-dasarnya membantu Anda memasang serta memelihara data center secara benar.

Untuk bantuan dan informasi lebih lanjut, hubungi PT NPS Pemuda Berkarisma, penyedia jasa konsultasi dan pemasangan data center untuk bisnis. Dengan pengalaman sejak 2016, PT NPS Pemuda Berkarisma telah melayani klien di 15 kota besar Indonesia. Solusi yang tepat untuk memasang dan mengelola data center.

Data Center Services