Cara Menjaga Keandalan Infrastruktur Data Center
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Pentingnya Pemeliharaan Infrastruktur Data Center

Setiap teknologi pasti memiliki kelemahannya masing-masing, begitu pula dengan data center. Meskipun mungkin fasilitas yang dipakai memiliki piranti berteknologi tinggi dengan sistem keamanan memadai, tanpa pemeliharaan yang tepat, bukan tidak mungkin dapat terjadi kesalahan pengelolaan data.

Apalagi data center erat kaitannya dengan keberlangsungan suatu bisnis di era digital seperti saat ini. Kelalaian dalam hal pemeliharaan tidak hanya akan menimbulkan efek negatif pada perangkat tetapi juga ketidakmutakhiran data yang dikelola. Secara langsung ataupun tidak, hal tersebut juga akan menimbulkan dampak negatif ke bidang lainnya.

Inilah mengapa selain menyediakan fasilitas data center berteknologi tinggi, sebuah perusahaan jasa pengelola data juga diharapkan mampu memberikan pemeliharaan berkala terhadap setiap piranti ataupun perangkat yang digunakan. Fungsi ini juga membuat mereka dikategorikan sebagai penyedia jasa pengelolalan infrastruktur data center seluruh kota.

Mengapa Infrastruktur Data Center Harus Dipelihara?

Mengapa Infrastruktur Data Center Harus Dipelihara

Mengapa Infrastruktur Data Center Harus Dipelihara? – Sumber Gambar: commons.wikimedia.org

Selain yang telah disebutkan, ada beberapa poin penting sebagai penguat mengapa memelihara infrastruktur data center merupakan sebuah keharusan.

  1. Infrastruktur Data Center Merupakan Nyawa Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan, terutama yang berbasis digital, data merupakan jantung informasi bisnis mereka. Apabila infrastruktur teknologi informasi tidak dipelihara dengan baik, risiko akan timbul dan memberikan dampak negatif ke berbagai sektor di perusahaan. Akibatnya, bisnis terganggu dan membuat perusahaan mengalami penurunan keuntungan.

Inilah mengapa memelihara infrastruktur teknologi informasi merupakan hal penting. Sebab dengan pemeliharaan secara tepat dan berkala, setiap risiko negatif dapat diminimalisasi dan diantisipasi dari jauh-jauh hari. Beban pekerja TI pun dapat dikurangi sehingga mereka bisa fokus pada hal lain, seperti peningkatan kualitas pengelolaan data.

  1. Menyeimbangkan Stabilitas Perusahaan

Diakui ataupun tidak, stabilitas serta produktivitas suatu perusahaan dipengaruhi oleh kualitas infrastruktur data center yang dimiliki. Semakin tinggi kualitas infrastrukturnya, maka akan semakin tinggi pula kualitas produktivitas suatu perusahaan.

Jadi apabila ingin tetap bertahan dalam medan persaingan bisnis digital, lakukan pemeliharaan fasilitas TI secara berkala. Anggap langkah ini sebagai investasi untuk menjaga stabilitas keuangan dan agar perusahaan bisa tetap eksis meskipun tantangan dunia bisnis semakin sengit.

  1. Antisipasi Risiko Negatif

Selain beberapa poin yang telah disebutkan sebelumnya, alasan lain mengapa infrastruktur data center harus dipelihara adalah karena dalam sebuah perusahaan sering timbul masalah tidak terduga. Entah itu dari luar perusahaan seperti krisis ekonomi, bencana alam, dan bencana kemanusiaan, ataupun dari dalam.

Agar tidak muncul biaya di luar rencana, melakukan pemeliharaan secara berkala tentu saja merupakan langkah bijaksana. Perusahaan mampu merencanakan biaya pengeluaran dengan baik sehingga apabila muncul risiko negatif tidak terduga, kondisi keuangan perusahaan tetap stabil.

Setelah mengetahui betapa pentingnya memelihara infrastruktur TI, pasti terlintas di pikiran kita tentang bagaimana cara yang tepat untuk menjaga fasilitas data center agar selalu andal sehingga perusahaan tetap bisa berjalan dengan baik.

Cara Menjaga Keandalan Infrastruktur Data Center

Cara Menjaga Keandalan Infrastruktur Data Center

Cara Menjaga Keandalan Infrastruktur Data Center – Sumber Gambar: commons.wikimedia.org

Ada beberapa cara efektif agar infrastruktur TI perusahaan senantiasa andal. Salah satunya adalah, dengan menyewa penyedia jasa Pemeliharaan infrastruktur data center seluruh. Karena kebanyakan perusahaan di Indonesia tidak memiliki data center pribadi, jasa semacam ini biasanya sudah sepaket dengan data center operation managed service yang digunakan.

Di Indonesia, keberadaan penyedia Layan data center atau collocation bukanlah hal baru. Perkembangan bisnis dunia digital membuat perusahaan jasa ini dicari dan dimanfaatkan. Selain lebih efektif, menggunakan jasa pengelola data cenderung lebih hemat sebab perusahaan tidak perlu susah-susah mendirikan fasilitas data center pribadi yang biayanya pembuatan sekaligus pemeliharaannya cukup fantastis.

Perusahaan tidak perlu repot mengelola data mereka dan bisa fokus pada sektor lain sebab hal ini telah di-handle penyedia collocation data center dengan baik. Keuntungan lainnya, jasa pengelola data juga memiliki layanan pemeliharaan dalam bentuk evaluasi berkala pada server, storage, dan network.

Biasanya, mereka memanfaatkan piranti lunak khusus untuk mengetahui apakah sebuah perangkat membutuhkan perbaikan atau bahkan peremajaan. Langkah antisipatif tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk layanan terhadap klien yang telah memanfaatkan data center operation managed service.

Meskipun sebenarnya, baik perusahaan yang infrastruktur data center nya dikelola ataupun jasa pengelolanya sama-sama mendapatkan keuntungan. Lalu, apa saja keuntungan perusahaan yang memanfaatkan penyedia jasa Pemeliharaan infrastruktur data center? Berikut ulasannya,

  1. Perusahaan akan mendapatkan layanan konsultasi gratis terkait data center operation managed service
  2. Pekerjaan divisi TI milik perusahaan lebih mudah sehingga mereka bisa fokus pada sektor lain demi menjaga stabilitas sekaligus produktivitas perusahaan
  3. Infrastuktur Data Center yang dikelola terjamin keamanan dan keakuratannya karena di-handle oleh tenaga profesional di bidang TI
  4. Kualitas data juga dapat dipertanggungjawabkan sebab piranti atau kelengkapan yang digunakan senantiasa andal berkat upaya pemeliharaan berkala

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, bahwa semua perusahaan yang sedang berjuang untuk senantiasa eksis di era digital seperti saat ini membutuhkan perusahaan penyedia solusi TI dengan layanan komprehensif dan profesional.

Rekomendasi Layanan Pemeliharaan Infrastruktur Data Center Profesional

Rekomendasi Layanan Data center Memadai

Rekomendasi Layanan Pemeliharaan Infrastruktur Data Center Profesional – Sumber Gambar: npspemuda.co.id

Saat ini ada banyak sekali pilihan jasa pemeliharaan infrastruktur data center seluruh kota di Indonesia, salah satunya adalah PT. NPS Pemuda Berdikarisma. PT. NPS Pemuda Berdikarisma sendiri merupakan perusahaan yang didirikan oleh sekelompok profesional dengan pengalaman memadai di bidang teknologi informasi.

Setidaknya ada 3 alasan, mengapa perusahaan ini merupakan pilihan yang tepat,

  1. Layanan Data center Operation Managed Service merupakan solusi terbaru dalam mengelola data penting bisnis.
  2. Layanan semacam ini cukup proaktif dan kolaboratif sehingga dapat membantu mendorong tujuan bisnis, sementara Anda fokus pada urusan bisnis sehari-hari. PT. NPS Pemuda Berdikarisma menawarkan keahlian, kompetensi, dan keandalan, sehingga tim TI perusahaan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada bidang bisnis lainnya.
  3. Pengaturan fleksibel yang ditawarkan dapat memastikan bahwa pemberian layanan ini sesuai dengan tujuan bisnis Anda setiap saat.

Dengan dukungan service point di lebih dari 15 kota serta terdaftar sebagai Authorized Service Partner Liebert Vertiv Emerson, PT NPS Pemuda Berdikarisma menawarkan layanan profesional teknologi informasi yang terintegrasi agar upaya Anda untuk memajukan bisnis tetap berjalan tanpa mengkhawatirkan Pemeliharaan data perusahaan.

Semoga bermanfaat.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

rfs-men
× How can we help you?