Cara Mudah Tingkatkan Efisiensi Data Center Anda

Optimalisasi dan efisiensi pusat data menjadi perhatian penting bagi manajer data center. Dengan melakukan efisiensi, bisnis akan jadi lebih hemat energi. Dengan menghemat lebih banyak energi, Anda dapat menghemat uang. Pada akhirnya, ini menciptakan peluang yang lebih besar untuk memperluas cakupan operasional, menciptakan lebih banyak keuntungan dan kesempatan untuk berekspansi.

Namun, bagaimana cara meningkatkan efisiensi data center? Simak beberapa tipsnya berikut ini!

Optimalkan IT Power

Sistem IT membutuhkan daya. Ini membuat manajer data center harus berupaya untuk mengurangi energi yang dibutuhkan untuk peralatan IT (dikenal sebagai payload power). Server mengonsumsi 60% dari total kontrol payload. Karena itu, mengurangi kebutuhan daya sangatlah penting. Caranya:

  • Rapikan workload Anda dan singkirkan segala sesuatu yang tidak penting
  • Konsolidasikan mesin virtual
  • Jika memungkinkan, permintaan beban kerja yang meningkat sebaiknya divirtualisasikan
  • Matikan server-server yang masih beroperasi tapi tidak menghasilkan nilai apa pun
  • Ganti server dengan model yang lebih canggih.

Optimalkan Ruang Pusat Data

Pusat data yang Anda miliki saat ini mungkin punya ruang yang besar sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tapi kalau Anda berniat membangun data center dari awal, mungkin sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan desain modular yang dapat diubah-ubah.

Caranya adalah dengan memecah fasilitas menjadi komponen-komponen individual yang bisa diganti seperti membangun potongan-potongan LEGO. Dengan cara ini, data center akan jadi lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan kebutuhan bisnis Anda seiring waktu.

Mengoptimalkan Sistem Pendingin di Data Center

Manajer data center harus memastikan bahwa data center memiliki solusi pendinginan yang inovatif agar dapat mencapai efisiensi optimal yang dibutuhkan. Ini bisa berupa:

  • Pasang economizer. Air economizer atau penghemat udara bisa meningkatkan PUE (Power Usage Effectiveness) secara signifikan di suhu yang lebih dingin
  • Peralatan pusat data yang mengeluarkan limbah panas paling banyak sebaiknya ditempatkan dalam struktur isolasi, yang dapat mengarahkan panas keluar dari pusat data atau bagian lain dari bangunan
  • Mengoptimalkan sistem pendingin udara. Ada dua metode utama untuk meningkatkan sistem pendingin udara. Pertama dengan cara mematikannya dari waktu ke waktu, menggunakan sumber pendingin sekunder seperti pengoptimal udara. Bisa juga dengan terus-menerus mengubah kecepatan, yang akan menurunkan penggunaan energi seiring waktu.

Menghilangkan Inefisiensi Daya dan Sistem Pendingin di Data Center

Penggunaan sistem penyaluran listrik yang sudah ketinggalan zaman seperti UPS yang sudah kuno, PDU yang tidak efektif lagi atau transformator yang sudah tak bekerja optimal bisa berdampak negatif pada rasio PUE.

Investasikan waktu dan yang Anda untuk mengevaluasi kondisi saat ini. Mengganti peralatan dan sistem dengan yang baru mungkin akan memakan waktu dan uang yang tidak sedikit. Tapi secara langsung dan dalam jangka panjang, ini akan meningkatkan efisiensi data center sekaligus menghemat pengeluaran.

Temukan solusi data center terkini untuk efisiensi yang optimal dengan menghubungi PT. NPS Pemuda Berdikarisma!

Data Center Services