Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Tips Jitu Memilih Infrastruktur Data center Terbaik

Memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah pengelolaan data dalam sebuah perusahaan bukan lagi hal baru di dunia bisnis. Inilah mengapa banyak sekali pebisnis yang memanfaatkan jasa pengelolaan data center. Data center sendiri merupakan suatu fasilitas yang digunakan untuk menyimpan sistem komputer beserta seluruh komponennya.

Dalam sistem tersebut tersimpan data-data penting perusahaan mulai dari struktur organisasi, alur keuangan, hingga informasi tentang seluruh karyawan. Hal ini tentu saja menjadi alasan utama mengapa memilih jasa yang tepat bukan perkara remeh. Sebab begitu memutuskan pilihan, semua data terkait perusahaan dipercayakan kepada infrastruktur data center tersebut.

Tips Memilih Infrastruktur Data center

Tips Memilih Infrastruktur Data center

Tips Memilih Infrastruktur Data center – Sumber Gambar: commons.wikimedia.org

Ada beberapa faktor yang dapat digunakan sebagai patokan dalam memilih pengelola data center, di antaranya:

  1. Lokasi

Sama halnya dengan memilih properti, lokasi adalah hal utama dalam memilih infrastruktur data center. Kita harus memastikan bahwa “rumah” bagi data penting perusahaan tersebut memenuhi syarat dan memiliki izin. Bangunan yang digunakan juga harus memenuhi ketentuan sipil bangunan, topografi, geologi, hingga vulkanologi.

Jadi pastikan, bangunan data center aman dari bencana alam ataupun ulah manusia. Tidak hanya itu, infrastruktur pilihan juga harus mengantongi izin serta menerapkan standar kelola data center yang mumpuni baik dari segi fasilitas maupun sumber daya manusia.

Standar tersebut meliputi, adanya daya cadangan untuk antisipasi ekspor data ke tempat lebih aman apabila terjadi “bencana,” terdapat fasilitas pengontrol lingkungan seperti AC dan ventilasi, serta memiliki kelengkapan keamanan fisik bangunan berupa alarm pencegah kebakaran atau piranti lainnya.

  1. Didukung Sistem dan Teknologi Memadai

Selain lokasi, teknologi yang digunakan, jasa pengelola data center juga harus menjadi bahan pertimbangan. Pastikan infrastruktur memiliki alat penyimpanan data yang dapat mengatur kapasitas secara mandiri. Seperti, memberikan pemberitahuan apabila terdapat eror pada bagian penyimpanan,  hingga melakukan analisa data secara berkala.

Sebuah data center juga diharapkan memiliki tempat penyimpanan yang tidak terbatas baik dari segi kapasitas ataupun kemampuan menyimpan berbagai jenis data serta media yang berbeda. Keluwesan semacam ini dikenal dengan istilah virtual storage tiering.

Selain itu, infrastruktur data center harus mampu meningkatkan produktivitas teknologi informasi sehingga pengelolaan data dapat dikendalikan dengan baik. Bahkan bila perlu, mampu menurunkan biaya pengelolaan yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

  1. Memiliki Keamanan Tingkat Tinggi

Selain mengelola, salah satu peran data center adalah untuk menjaga keamanan informasi sebuah perusahaan. Inilah mengapa dibutuhkan infrastruktur dengan sistem keamanan memadai. Idealnya, selain fasilitas penyimpanan, pengelola data center juga memiliki ruang penyimpanan darurat lain. Baik berupa flash drive ataupun SATA drive.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pencegahan apabila terjadi “bencana” teknis yang membuat data tidak bisa diakses. Selain itu, pihak pengelola data center biasanya juga akan memasang sistem keamanan berlapis untuk mencegah orang mengakses data secara ilegal.

Jadi sebelum memutuskan, pastikan Infrastruktur data center pilihan dilengkapi dengan fasilitas security memadai agar data yang disimpan terjaga dengan baik.

  1. Pengelolaan Terintegrasi

Salah satu alasan mengapa sebuah jasa data center diperlukan adalah karena tidak semua perusahaan mampu menyediakan tenaga pengelola memadai dengan fasilitas mumpuni. Inilah mengapa dibutuhkan jasa yang mampu menawarkan sistem pengelolaan data terintegrasi.

Terintegrasi artinya, sistem tersebut memungkinkan pengguna melakukan pengaturan awal saja. Selanjutnya, infrastruktur akan berjalan secara mandiri sehingga mampu meningkatkan efisiensi operasional serta meminimalisasi risiko human eror.

Dari segi ekonomi, sistem pengelolaan semacam ini jelas menguntungkan. Sebab perusahaan tidak perlu lagi menambah orang untuk mengelola data yang nantinya malah mengorbankan kinerja serta kapasitas infrastruktur data center.

  1. Sistem Operasional Minim Gangguan

Dalam dunia teknologi informasi ada banyak sekali jenis gangguan yang menimbulkan risiko negatif pada kegiatan pengelolaan data. Inilah mengapa sebuah data center dituntut untuk dapat menyediakan infrastruktur yang selalu siap sedia, serta zero downtime untuk beberapa aplikasi penting bagi bisnis.

Selain itu idealnya sebuah data center juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang dapat membantu memberikan solusi keamanan total, yaitu memisahkan infrastruktur TI mulai dari server hingga ruang penyimpanan sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi masalah, data perusahaan tetap aman. Biasanya pihak ketiga yang sering diajak bekerja sama adalah Cisco dan VMware.

  1. Pertimbangkan Harga Layanan

Selain beberapa faktor yang telah disebutkan sebelumnya, harga tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan. Meskipun begitu, harus digarisbawahi bahwa, tinggi rendahnya biaya layanan bukan patokan. Pertimbangkan kualitas lainnya sebagai perbandingan.

Pastikan layanan jasa pengelola data center memiliki harga bersaing dengan kualitas serta pelayanan yang maksimal. Jangan ragu mengeluarkan dana lebih apabila infrastruktur yang ditawarkan benar-benar memadai. Sebab memanfaatkan layanan semacam ini akan mempermudah perusahaan dalam mengelola data.

Secara ekonomi, hal ini justru menguntungkan sebab setiap prosesnya menjadi lebih praktis dan hemat biaya.

Jasa Pengelola Data center Recommended

Rekomendasi Layanan Data center Memadai

Jasa Pengelola Data center Recommended – Sumber Gambar: npspemuda.co.id

Jadi, apakah Anda sudah menemukan jasa pengelola data center berkualitas? Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih layanan pengelolaan infrastruktur data center dari PT. NPS Muda Berdikarisma. Setidaknya ada 3 alasan, mengapa perusahaan ini merupakan pilihan yang tepat,

  1. Layanan Data center Operation Managed Service merupakan solusi terbaru dalam mengelola data penting bisnis.
  2. Layanan semacam ini cukup proaktif dan kolaboratif sehingga dapat membantu mendorong tujuan bisnis, sementara Anda fokus pada urusan bisnis sehari-hari. PT. NPS Pemuda Berdikarisma menawarkan keahlian, kompetensi, dan keandalan, sehingga tim TI perusahaan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada bidang bisnis lainnya.
  3. Pengaturan fleksibel yang ditawarkan dan dapat memastikan bahwa pemberian layanan ini sesuai dengan tujuan bisnis Anda setiap saat sehingga biaya yang harus dikeluarkan tidak terasa sia-sia.
  4. NPS Pemuda Berdikarisma sendiri merupakan perusahaan yang didirikan oleh sekelompok profesional dengan pengalaman memadai di bidang teknologi informasi. Inilah mengapa PT. NPS berkomitmen dalam menyediakan layanan terpadu sehingga dapat menjadi solusi agar iklim bisnis suatu perusahaan senantiasa kompetitif.

Dengan dukungan Service point di lebih dari 15 kota serta terdaftar sebagai Authorized Service Partner Liebert Vertiv Emerson, PT NPS Pemuda Berdikarisma menawarkan layanan profesional teknologi informasi yang terintegrasi agar upaya Anda untuk memajukan bisnis tetap berjalan tanpa mengkhawatirkan pengelolaan data perusahaan.

Itulah beberapa tips jitu dalam memilih jasa pengelola data center berkualitas. Semoga bermanfaat.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

rfs-men
× How can we help you?