Membangun Lini Pertahanan Pertama Infrastruktur Kesehatan Anda

Layanan kesehatan, seperti banyak industri lainnya, menjadi infrastruktur penting yang harus menjadi prioritas. Karenanya, membangun lini pertahanan untuk meningkatkan layanan kesehatan serta melindungi organisasi dan data pasien harus terus dikelola dan ditingkatkan.

Hal ini juga karena banyaknya serangan ransomware yang juga menjadi endemi di banyak layanan kesehatan. Pertahanan dalam infrastruktur kesehatan ini juga diperlukan setelah adanya reformasi besar-besaran karena adanya pandemi. 

Dari telehealth atau akses pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan teknologi, seperti konsultasi kesehatan secara online, hingga pemanfaatan dan penyebaran teknologi pintar untuk mendeteksi dan memberikan perlindungan terhadap pandemi. Berikut ini lini pertahanan pertama infrastruktur kesehatan di Indonesia.

Transformasi Utama dalam Infrastruktur Kesehatan Mencakup

  1. Mengadopsi Telehealth

Telehealth memberikan cukup banyak manfaat dan salah satu yang paling utama adalah mengurangi kontak langsung, tetapi tetap bisa memberikan kualitas pelayanan kesehatan yang sama. 

Teknologi yang dimanfaatkan beragam, mulai dari aplikasi konferensi video yang sudah umum digunakan hingga yang lebih komprehensif serta sistem berbasis API open-source yang menghubungkan browser web dengan ponsel. 

Sistem yang terakhir memungkinkan fitur yang lebih canggih. Misalnya, kemungkinan untuk berbagi catatan kesehatan elektronik dan integrasi dengan perangkat yang digunakan.

  1. Menerapkan Teknologi Cerdas untuk Pengelolaan Layanan Kesehatan

Untuk meningkatkan perencanaan dan sanitasi rumah sakit, banyak infrastruktur kesehatan menerapkan teknologi baru. Hal ini karena pandemi yang menuntut kita semua untuk melakukan desinfeksi secara terus menerus. 

Karena itulah, banyak rumah sakit dan klinik menggunakan robot otonom. Robot ini secara mandiri mampu memancarkan sinar UV pembunuh kuman, pemindai termal, dan bahkan memiliki aplikasi untuk melacak kontak.

  1. The Internet of Medical Things (IoMT)

Sesuai dengan namanya, IoMT merupakan sekumpulan perangkat atau aplikasi kesehatan yang bisa mengirimkan data melalui jaringan komputer sehingga kontak langsung bisa dihindari. Perangkat medis IoMT harus terhubung ke internet agar bisa terkoneksi dengan perangkat yang lain.

Penerapan IoMT memberikan beberapa manfaat. Diagnosis lebih akurat sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Remote monitoring yang memungkinkan pasien tidak harus selalu berkunjung ke rumah sakit untuk konsultasi dan check up. Keuntungan lainnya adalah mengurangi biaya baik untuk pasien dan tenaga kesehatan.

Walaupun semua inovasi di atas menarik, itu semua tentu menciptakan tantangan baru terutama bagi tim IT dan kontraktor data center di Indonesia. Bukan hanya menciptakan layanan kesehatan yang terpusat pada data center, tetapi juga layanan dan peralatan medis yang selalu aktif. 

Mengapa Ketersediaan Daya Secara Terus Menerus Menjadi Faktor Penting Dalam Pertahanan Infrastruktur Kesehatan

Kontinuitas daya menjadi lini pertahanan pertama di area infrastruktur kesehatan di Indonesia. Hal ini untuk menghindari adanya gangguan dalam proses perawatan kesehatan yang krusial, misalnya saat operasi kritis. 

Karena itulah ketersediaan daya yang berkualitas dan bebas hambatan sangat dibutuhkan di semua area sistem, mulai dari pusat data, hingga laboratorium dan tentu saja peralatan diagnostik seperti Cath-lab, ruang komputer, MRI, dan banyak lagi.

Untuk mendukung ini semua, Uninterruptible Power Supply (UPS) konversi ganda online menjadi solusi sempurna. UPS ini adalah satu-satunya sistem yang mampu memberikan proteksi dari berbagai macam gangguan daya. Karenanya, ini akan sangat membantu dalam praktik mission-critical atau fungsi server vital dalam pengoperasian perawatan kesehatan. 

Sistem vital yang mendukung infrastuktur kesehatan tidak boleh kekurangan apalagi kehilangan daya. Vertiv mendukung Anda dalam memenuhi kebutuhan daya cadangan dan ketersediaan daya tinggi untuk pusat data Anda dengan Liebert EXM2 mid-sized UPS. 

UPS ini dapat digunakan untuk ruang komputer kecil hingga pusat data suatu perusahaan maupun pusat data berskala besar. UPS ini menjanjikan pengoperasian yang efisien dan ekonomis dengan sistem daya fleksibel. 

Data Center Services