jasa instalasi AC 3
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Ini Dia Perbedaan Antara AC Presisi dan AC Split

Ruang teknologi yang berisi perangkat elektronik sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan kelembapan. Kesalahan dalam pemeliharaan termasuk pemilihan AC bisa menyebabkan efek negatif pada kegiatan operasional perusahaan Anda. Karena itu, sebelum menyewa jasa instalasi AC, tentukan terlebih dahulu AC apa yang paling cocok untuk ruang teknologi Anda.

Ada banyak sekali jenis AC yang dapat Anda temukan di pasaran. Pemilik bisnis umumnya kerap melakukan kesalahan saat memilih AC untuk ruang server mereka. Alih-alih menggunakan AC presisi, mereka memilih AC split. Apa sebenarnya yang membedakan keduanya?

AC split merupakan salah satu jenis AC yang paling banyak digunakan. Baik untuk hunian maupun perkantoran. Beberapa ruangan server dengan ukuran yang kecil, memang masih bisa didinginkan dengan menggunakan AC split. Namun jika Anda memiliki perangkat yang memerlukan suhu serta kelembapan khusus secara konstan, maka AC split tidaklah cocok.

AC split adalah AC standar yang tidak didesain untuk mengatasi pancaran panas dalam konsentrasi tinggi dari perangkat teknologi. AC split juga tidak bisa mengatur suhu dan kelembapan dengan presisi tertentu. Karena itu, alih-alih menggunakan AC split untuk ruang teknologi Anda, AC presisi merupakan opsi paling tepat.

Lantas, apa saja yang membedakan keduanya? Simak ulasan berikut ini!

  1. Tujuan Penggunaan

jasa instalasi AC

Tujuan Penggunaan – Sumber Gambar: Pikrepo.com

AC split termasuk ke dalam AC comfort atau pendingin yang didesain hanya untuk kenyamanan. AC split hanya memiliki blower kecil yang tidak dapat memindahkan panas dengan cepat. Sementara itu, AC presisi dibuat untuk tujuan menjaga kestabilan suhu ruangan pada titik tertentu sesuai yang diinginkan. Dengan ukuran blower yang lebih besar, air flow dari AC presisi lebih besar sehingga aliran panas dalam ruangan dapat terdistribusi dengan baik.

  1. Kemampuan Pengaturan Suhu dan Kelembapan

jasa instalasi AC

Kemampuan Pengaturan Suhu dan Kelembapan – Sumber Gambar: Pixabay.com

AC presisi memiliki kontrol canggih berbasis mikroprosesor yang dapat bekerja cepat. Ini membuatnya mampu bereaksi dengan sigap terhadap kondisi yang berubah. AC presisi akan menjaga toleransi sesuai ambang batas yang dibutuhkan sehingga kondisi ruangan dapat bertahan stabil.

AC presisi memiliki sistem udara yang mencakup beberapa tahap pendinginan dan pemanasan, pelembapan udara serta siklus dehumidifikasi khusus yang memungkinkannya memenuhi semua persyaratan kontrol suhu dan kelembapan.

Sementara itu AC split umumnya hanya memiliki kontrol dasar yang terbatas dan tidak mampu bereaksi cepat pada perubahan suhu. AC split dan jenis AC comfort lainnya juga tidak mampu mempertahankan suhu pada batas ambang batas toleransi yang dibutuhkan oleh sebuah ruangan.

Selain itu, AC split juga tidak memiliki siklus humidifikasi dan dehumidifikasi yang diperlukan untuk ruangan dengan peralatan teknologi yang stabil.  Kalaupun ada, komponen yang tersedia umumnya merupakan tambahan dan bukan bagian dari sistem yang terintegrasi.

  1. Kualitas Udara

jasa instalasi AC 2

AC presisi beroperasi pada tingkat CFM yang tinggi antara 600-100 CFM/ton. CFM yang tinggi ini menggerakkan lebih banyak udara di dalam ruangan sehingga distribusi udara berlangsung merata. Ini akan mengurangi adanya titik panas yang terpusat hanya pada satu tempat. Teknologi ini juga memungkinkan banyak udara mengalir melalui filter, memastikan lingkungan yang lebih bersih serta meminimalisir adanya partikel di udara.

Di sisi lain, AC split beroperasi pada tingkat CFM yang lebih rendah sehingga distribusi udara cenderung buruk serta lebih banyak kontaminan di udara. Filter pada AC split biasanya berupa media datar dengan efisiensi rendah yang tidak cukup menghilangkan partikel di udara.

  1. Jam Operasional

jasa instalasi AC 3

Jam Operasional – Sumber Gambar: Pickpic.com

AC presisi dirancang dan dibangun dengan kemampuan bekerja non-stop selama 8.760 jam dalam setahun. Sistem ini dibuat dengan menggunakan komponen pilihan demi memastikan waktu jeda selama 0 jam. Kontrol sistem menjaga kondisi ruangan untuk berbagai kondisi yang terus berubah di luar, termasuk jika ada pergantian musim (musim dingin dan musim panas). Dengan penggunaan AC presisi, ruang server tetap terjaga pada suhu dan kelembapan yang diinginkan tanpa harus khawatir dengan kondisi lingkungan sekitar.

Sementara itu AC split dan jenis AC comfort yang lain hanya dibuat untuk mendinginkan udara di musim panas sehingga maksimal hanya mampu beroperasi selama 1.200 jam per tahun. Sistem ini tidak dirancang untuk beroperasi tanpa henti. Baik kontrol maupun sistem pendinginnya tidak dirancang untuk waktu henti nol atau beroperasi selama musim dingin.

Lewat 4 poin yang membedakan antara AC presisi dengan AC split di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk ruangan dengan perangkat komputer di dalamnya, sebaiknya proses penyesuaian dilakukan dengan menggunakan AC presisi. Sebab, peralatan atau perangkat komputer yang beroperasi mengeluarkan daya disipasi. Daya disipasi sendiri terjadi karena adanya hambatan atau resistansi pada rangkaian elektronik yang menyebabkan panas. Jika panas dibiarkan terpusat pada satu titik saja, maka kemungkinan terjadinya kegagalan proses kerja akan semakin besar.

Selain memilih jenis AC yang tepat, pemeliharaan AC serta pemilihan jasa instalasi AC juga perlu diperhatikan. PT. NPS Pemuda Berdikarisma hadir sebagai penyedia layanan produk IT satu atap siap membantu Anda menyediakan sistem AC presisi untuk ruang server dan data center Anda.

Selain itu, NPS juga memungkinkan semua klien mendapatkan akses untuk pengalaman, metodologi, konsultasi dan layanan solusi. Tujuan utamanya adalah agar klien terus mendapatkan nilai tambah lewat integrasi antara sumber daya, proses dan teknologi.

Sebagai authorized service partner salah satu brand AC presisi terbaik, NPS tidak hanya melayani jasa instalasi AC presisi Liebert Vertiv saja, tapi juga pemeliharaan, relokasi atau migrasi, perbaikan hingga pemeliharaan rutin. Pastikan seluruh perangkat dalam ruang teknologi Anda berfungsi dengan baik lewat pemilihan AC presisi yang tepat. Semuanya bisa Anda dapatkan sekaligus lewat PT NPS Pemuda Berdikarisma.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

rfs-men
× How can we help you?