Mengapa Data Center Merupakan Arsitek Fleksibilitas Bisnis Tanpa Tanda Jasa?

Tahukah Anda, apa yang diperlukan untuk membangun data center (pusat data) bisnis yang sesuai dengan abad ke-21 seperti sekarang? Jawabannya adalah pusat data yang fleksibel. Tanpanya, perusahaan akan kesulitan menampung informasi dan data bisnis (terutama mengenai pelanggan) yang selalu berubah-ubah.

Alhasil, perusahaan Anda akan sulit untuk bertahan dalam jangka panjang. Maka dari itu, struktur pusat data perlu dirancang secara kokoh dan andal untuk menampung serangkaian komponen yang terus berkembang di zaman serba digital. 

Apa Itu Data Center?

Data center adalah fasilitas fisik terpusat yang menyimpan aplikasi dan data penting bisnis. Definisi umumnya adalah lokasi untuk menempatkan peralatan komputasi dan jaringan yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data, serta untuk mendistribusikan dan mengaktifkan akses ke sumber daya.

Maka dari itu, setiap perusahaan umumnya memiliki standarisasi data center dalam merancang, membangun, dan memelihara fasilitas serta infrastruktur pusat data. Dengan bantuan kontraktor data center di Indonesia,  bisnis dapat selalu menyediakan sistem penyimpanan yang lebih baik.

Alasan Data Center Merupakan Arsitek Fleksibilitas Bisnis

Melansir dari Prime, tercatat pada tahun 2020 bahwa total investasi data center Indonesia meningkat hingga 70%. Hal tersebut membuktikan bahwa kebutuhan akan pusat data yang efisien, agile, intelligent, dan future-proof sangat tinggi. 

Dalam praktiknya, banyak ‘arsitek’ pusat data mengalami kesulitan saat merancangnya karena harus sesuai untuk kebutuhan saat ini dan memprediksi perubahan yang mungkin terjadi di masa mendatang. Selain itu, berikut ini beberapa alasan mengapa pusat data sangat penting untuk fleksibilitas bisnis:

1. Kredibilitas Lintas Zaman

Secara teori, dengan menggunakan sistem pusat data, perusahaan sudah memanfaatkan teknologi dengan lebih modern dari sebelumnya. Hal ini sangat mungkin terjadi karena sistem penyimpanan data ini bekerja full menggunakan jaringan internet, jadi pengguna dapat mengakses data di mana saja dan kapan saja.

Dengan kelebihan tersebut, mobilitas kerja pastinya akan jauh lebih cepat, ringkas, dan juga fleksibel. Bahkan, dengan akses data yang lebih mudah, akan banyak keuntungan yang bisa pengguna (pekerja) maupun perusahaan dapatkan.

2. Sistem Komputer yang Lebih Akurat dan Real Time

Menggunakan kemajuan teknologi dengan benar, pastinya akan membantu bisnis jauh berkembang dari sebelumnya. Apalagi jika sistem yang Anda gunakan lebih akurat, pastinya risiko keuangan (salah hitung) dapat diminimalisir.

Selain itu, dengan sistem penyimpanan cloud, data bisa Anda update secara real time. Sehingga para ownership serta pemegang kekuasaan lain, bisa melakukan pengecekan tanpa harus menuju ke lokasi. Bahkan, hanya dengan satu aplikasi saja, segala kegiatan bisnis bisa terpantau secara real time.

3. Mendukung Terwujudnya Sistem Manajerial Terpusat

Bagi beberapa bisnis yang memiliki anak cabang, pastinya akan sulit dan makan waktu jika harus inspeksi satu per satu tiap waktu. Oleh sebab itulah, penting bagi sebuah bisnis mengembangkan pusat data, untuk mendukung terwujudnya sistem manajerial terpusat.

Hal ini sangat mungkin terjadi karena sifat pusat data yang menggunakan penyimpanan cloud.  Dengan bantuan sistem ini, perusahaan bisa membuat sistem manajerial terpusat. Tentunya kantor pusat akan menjadi otoritas tertinggi yang dapat mengatur seluruh aktivitas dan akses yang dapat diberikan.

4. Sumber Investasi Masa Depan

Makin cepat Anda menyiapkan sistem cloud dan juga data center, maka akan makin bagus pula untuk bisnis ke depannya. Mengapa bisa begitu? Karena pusat data dirancang agar mampu mencapai performa zero failure, sehingga akan membuat performa bisnis lebih dulu unggul.

Perusahaan bisa mendapatkan data dengan cepat jika sewaktu-waktu mereka membutuhkannya. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu khawatir risiko kehilangan informasi dan data penting yang disebabkan oleh bencana alam yang bisa saja terjadi di waktu yang tak terduga.

5. Efisiensi dan Keamanan

Memiliki pusat data yang fleksibel dan andal juga akan membuat bisnis Anda jadi semakin efisien waktu dan anggaran. Misalnya memperoleh kemudahan bertransaksi, menekan budget investasi perangkat, dan sebagainya. Terutama jika bisnis Anda bergerak di bidang keuangan. 

Soal keamanan pun tidak perlu Anda ragukan lagi, karena pusat data yang fleksibel dan memenuhi standar akan membantu menjaga semua data bisnis Anda agar tetap aman. Terutama jika terjadi audit dari pihak berwajib, Anda tidak perlu cemas karena data dan informasi bisnis Anda diawasi secara intensif dan minim risiko ketimpangan data.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat mengenai apa itu data center. Dari penjelasan tersebut dapat Anda simpulkan bahwa sistem ini memiliki banyak kelebihan, dan tentunya fleksibilitas tingginya akan sangat membantu perkembangan bisnis.

Untuk mendapatkan layanan pusat data yang andal dan proaktif, ada PT. NPS Pemuda Berdikarisma yang siap membantu Anda. Pengaturannya juga lebih fleksibel sehingga layanan yang diberikan akan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Data Center Services