Cara Menjaga Data Center Anda Tetap Dingin Saat Cuaca Panas

Cuaca panas, khususnya yang terbilang ekstrem, memang sangat mengganggu. Tidak hanya tubuh manusia yang merasakan dampaknya. Lebih dari itu, suhu yang terlalu tinggi juga bisa mengganggu kinerja benda mati, termasuk pusat data. Namun, jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan AC presisi.

Dalam ulasan kali ini, kami akan menjelaskan tiga cara untuk menjaga pusat data Anda tetap dingin meskipun cuaca panas. Ini akan sangat membantu pusat data tetap bekerja optimal di kondisi apa pun.

Dampak Cuaca Panas Terhadap Data Center

Hampir setiap belahan negara di dunia pernah mengalami gelombang panas yang ekstrem, termasuk Indonesia. Bahkan, beberapa kota di negara ini sudah lama dikenal dengan suhunya yang cukup tinggi.

Penggunaan AC presisi tentunya menjadi salah satu upaya untuk mengurangi efek dari suhu tinggi ini. Namun, sebelum kita membahas mengenai AC presisi akan lebih baik jika Anda tahu dampak cuaca panas terhadap pusat data.

Cuaca panas yang ekstrem bisa memberikan dampak luar biasa terhadap pengoperasian pusat data. Dari kasus yang terjadi di lapangan, lebih tepatnya terjadi di London pada Juli lalu, cuaca panas yang ekstrem mengakibatkan tiga hal:

  • Pusat data mengalami pemadaman karena suhu tinggi.
  • Layanan cloud terganggu, padahal pusat data sangat bergantung pada layanan ini.
  • Beberapa situs berakhir lumpuh karena panas mencapai 40 derajat Celcius.

Ketiga hal di atas bukanlah hal yang sepele dan berakibat cukup signifikan terhadap kinerja pusat data secara keseluruhan. Tentunya, Anda bisa menghindari dampak di atas dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan yang akan kita bahas selanjutnya.

Tindakan yang Tepat Untuk Menjaga Pusat Data Tetap Dingin Saat Cuaca Panas

Anda tidak akan pernah tahu jika belum pernah mengalaminya. Sebagai langkah antisipasi menghadapi cuaca panas yang ekstrem di masa depan, Anda bisa mengambil beberapa tindakan berikut ini:

  1. Fungsikan Seluruh Unit Pendingin

Pada dasarnya, jumlah unit pendingin yang perlu difungsikan jumlahnya tidak sama. Ini tergantung pada beban aula data. 

Normalnya, perusahaan akan menjalankan seluruh unit redundan. Namun, Anda bisa mengurangi jumlahnya jika beban TI tidak 100%.

Selain itu, penting untuk menempatkan unit pendingin sedekat mungkin agar bisa menjaga tekanan refrigeran lebih rendah. Ini bisa membantu meminimalisasi risiko pusat data jatuh saat kondisi suhu di sekitarnya terlalu tinggi.

  1. Lakukan Perawatan Secara Teratur

Ketika berhadapan dengan cuaca panas ekstrem, maka salah satu solusinya adalah memastikan unit pendingin bekerja optimal. Upaya yang harus Anda lakukan, yakni melakukan perawatan secara teratur dan berkala.

Anda bisa saja mengatur jadwal maintenance bersama dengan penyedia jasa langganan agar tidak mengalami keterlambatan. Berikut adalah beberapa langkah perawatan unit pendingin yang bisa Anda pertimbangkan:

Bersihkan Kumparan Kondensor Lebih Sering

Normalnya, Anda bisa membersihkan area ini per tiga bulan. Namun, inspeksi dan pembersihan gelung bisa dilakukan lebih sering. Kumparan kondensor yang jarang dibersihkan bisa menjadi penyebab penurunan unit termal keseluruhan. 

Selain itu, koil kotor dan suhu tinggi bisa meningkatkan tekanan refrigeran sistem. Hasilnya, unit pendingin bisa kehilangan kemampuan mendinginkan saat waktu-waktu kritis.

Pantau Tingkat Pengisian Refrigeran

Anda perlu memeriksa tingkat pengisian refrigeran untuk menjaga unit pendingin tetap bekerja optimal. Level yang terlalu rendah bisa memicu kompresor terlalu panas. Sementara itu, level terlalu tinggi bisa memicu tekanan berlebih.

  1. Gunakan AC Presisi Liebert

Cara terakhir, Anda bisa menggunakan AC presisi Liebert untuk pusat data. Sistem AC presisi yang satu ini punya enam sistem kesatuan yang bekerja secara optimal untuk mendinginkan pusat data Anda.

Pada dasarnya, biaya pemasangan dan perawatan AC presisi ini bisa 10 kali lebih besar dari AC biasa. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena AC presisi Liebert didesain khusus untuk bekerja terus-menerus tanpa batasan waktu dan musim. 

Anda butuh solusi terbaik untuk sistem pendingin di pusat data? 

Jangan khawatir, serahkan pada PT. NPS Pemuda Berkharisma. Kami adalah distributor AC Presisi Vertiv Liebert di Indonesia yang resmi dan berpengalaman. Tim kami terdiri dari tenaga ahli yang bisa membantu proses pemasangan hingga pemeliharaan AC presisi Liebert untuk pusat data Anda.

Data Center Services