Fungsi Data Center
Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Peran Data center dalam Infrastruktur Suatu Bisnis

Mungkin banyak sekali orang yang pernah mendengar istilah data center, tapi sayangnya, hanya sedikit yang benar-benar memahami. Sejak teknologi informasi dimanfaatkan dan menjadi bagian penting sebuah perusahaan, menggunakan penyedia jasa pemeliharaan infrastruktur data center bukan hal asing. Selain untuk memudahkan, fungsi dari jasa semacam ini cukup penting dalam dunia bisnis.

Mengenal Data center

Ruang data Center

Mengenal Data center – Sumber Gambar: pixabay.com

Pada dasarnya, data center merupakan sebutan untuk sebuah fasilitas berupa jaringan komputer dan ruang penyimpanan data (storage). Pada data center, data suatu perusahaan tidak hanya disimpan tetapi juga diatur, diproses, dikelola, atau bahkan disebarluaskan dalam skala besar.

Di era globalisasi seperti sekarang, hampir semua perusahaan memanfaatkan data center bahkan beberapa bisnis sangat bergantung pada aplikasi dan layanan yang terdapat dalam sebuah data center. Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya data center sehingga banyak sekali perusahaan yang menjadikannya titik fokus atau bahkan aset penting dalam keperluan sehari-hari.

Fungsi Data center

Fungsi Data Center

Fungsi Data center – Sumber Gambar: hypixel.net

Mengelola data suatu perusahaan merupakan fungsi utama sebuah data center. Selain itu, data center juga memiliki fungsi sebagai komponen utama atau principal repositories pada sebuah perangkat teknologi informasi.

Termasuk di dalamnya sebagai server, ruang penyimpanan, networking switches, firewall, serta physical racks untuk mengatur dan menghubungkan peralatan TI.

Mengingat fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa spesifikasi Data Center yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Terdapat fasilitas penyimpanan memadai

Setiap layanan data center pasti memiliki fasilitas penyimpanan internal berupa tape dan hard drives, ataupun eksternal, seperti software, cloud, SAN, serta NAS. Hal ini diperlukan mengingat data yang dikelola merupakan aset penting perusahaan.

  1. Didukung daya listrik tinggi

Sebuah data center pasti membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar dan akan selalu bertambah. Hal ini tentu saja berpengaruh pada penggunaan daya listriknya sehingga jangan heran apabila sebuah jasa pengelola data center membutuhkan asupan listrik dengan daya cukup tinggi atau high power density.

  1. Terdapat fasilitas backup data

Setiap fasilitas pasti memiliki risiko masing-masing, begitu pula dengan layanan data center. Untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, jasa profesional biasanya memiliki fasilitas backup data sehingga apabila terjadi bencana atau kerusakan teknis, informasi perusahaan klien tetap terjaga dengan baik.

Pentingnya Data center dalam Infrastruktur TI

Pentingnya Data center dalam Infrastruktur TI

Pentingnya Data center dalam Infrastruktur TI – Sumber Gambar: commons.wikimedia.org

Setiap perusahaan pasti memiliki informasi penting yang perlu dikelola agar aktivitas bisnis lainnya bisa berjalan dengan baik. Pengelolaan ini jelas membutuhkan infrastruktur memadai dan tenaga ahli profesional. Memiliki bagian  atau divisi khusus mungkin terlihat lebih hemat, tetapi apabila hal itu tidak didukung dengan fasilitas mumpuni, di masa mendatang risiko kehilangan data justru lebih besar.

Inilah mengapa setiap perusahaan membutuhkan penyedia jasa pemeliharaan infrastruktur data center. Dilihat dari segi ekonomi, mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa semacam ini merupakan investasi menguntungkan. Sebab kita bisa bebas menjalankan perusahaan tanpa perlu khawatir soal pengelolaan data.

Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa menyewa layanan data center merupakan hal penting dalam suatu perusahaan, di antaranya:

  1. Sumber daya listrik aman

Setiap fasilitas data center  pasti memiliki power supply memadai. Sehingga apabila terjadi pemadaman listrik, battery bank dapat menyelamatkan data sampai sumber listrik dari generator diesel masuk. Hal ini memberi kepastian bahwa hampir tidak ada gangguan dalam sumber daya listrik.

Hal tersebut juga menandakan bahwa data yang dibutuhkan selalu tersedia dalam kondisi paling ekstrem sekalipun. Bisa dibilang, kesempatan uptime server perusahaan yang menggunakan layanan data center lebih tinggi daripada yang tidak.

  1. Keamanan

Keamanan merupakan fitur paling penting yang diperlukan klien dalam sebuah data center. Semua akses fisik dikontrol sepenuhnya, sehingga kemungkinan terjadi akses tidak sah bisa diminimalisasi. Selain itu identitas setiap pengakses dapat dikonfirmasikan melalui biometrik dan semua aktivitasnya direkam secara video-login.

  1. Pemrosesan dan Penyimpanan

Dengan prosesor multicore terbaru di pasaran saat ini, kecepatan pemrosesan dalam sebuah data center dapat ditingkatkan dalam hitungan jam. Selain itu penyimpanan tambahan juga dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Banyak IP Provider

Bagi perusahaan berbasis internet seperti e-commerce, memiliki layanan internet berkecepatan tinggi merupakan hal yang penting. Inilah mengapa dalam sebuah data center terdapat banyak layanan IP dalam satu lokasi. Hal tersebut dilakukan karena mempertimbangkan jangkauan yang paling dibutuhkan oleh bisnis online.

Selama beberapa tahun, sistem semacam ini terbukti sangat menguntungkan daripada berlangganan untuk koneksi individu.

  1. Bandwidth

Ketika bisnis online berkembang, kebutuhan bandwidth meningkat secara drastis. Mulai dari registrasi produk, pemasaran berbasis web, iklan, video maupun audio conference, hingga kolaborasi membutuhkan aplikasi bandwidth yang lengkap. Dalam hal ini, setiap data center dilengkapi mampu mengakomodasi semua kebutuhan tersebut.

Jadi daripada membeli bandwith khusus hanya untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan data, manfaatkan saja jasa pengelola data center yang tidak hanya mampu menyediakan bandwith tetapi juga memberi fasilitas memadai terhadap data penting perusahaan.

 

Cara Memilih Layanan Pengelolaan Infrastruktur Data center yang Sesuai

Cara Memilih Layanan Pengelolaan Infrastruktur Data center yang Sesuai

Cara Memilih Layanan Pengelolaan Infrastruktur Data center yang Sesuai – Sumber Gambar:

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, pasti terlintas gambaran jelas di benak kita tentang gambaran infrastruktur data center yang sesuai. Di Indonesia, layanan semacam ini bukanlah hal baru. Jadi apabila bicara pilihan, ada banyak sekali variasi dalam layanan pengelolaan Infrastruktur data center yang bisa dipilih.

Salah satu yang recommended dan cukup profesional adalah PT. NPS Muda Berdikarisma. Setidaknya ada 3 alasan, mengapa perusahaan ini merupakan pilihan yang tepat,

  1. Layanan Data center Operation Managed Service merupakan solusi terbaru dalam mengelola data penting bisnis.
  2. Layanan semacam ini cukup proaktif dan kolaboratif sehingga dapat membantu mendorong tujuan bisnis, sementara Anda fokus pada urusan bisnis sehari-hari. PT. NPS Pemuda Berdikarisma menawarkan keahlian, kompetensi, dan keandalan, sehingga tim TI perusahaan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada bidang bisnis lainnya.
  3. Pengaturan fleksibel yang ditawarkan dengan dukungan lebih dari 15 kota dapat memastikan bahwa pemberian layanan ini sesuai dengan tujuan bisnis Anda setiap saat sehingga biaya yang harus dikeluarkan tidak terasa sia-sia.

Dengan dukungan Service Point di lebih dari 15 kota serta terdaftar sebagai Authorized Service Partner Liebert Vertiv Emerson, PT NPS Pemuda Berdikarisma menawarkan layanan profesional teknologi informasi yang terintegrasi. Jadi, tertarik menggunakan layanan dari PT. NPS?

Semoga informasi tentang peran data center dalam infrastruktur bisnis di atas bermanfaat.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

rfs-men
× How can we help you?