Data Center yang Bersahabat Dengan Anggaran Anda: Cara Memilihnya

Tahukah Anda bahwa tak sedikit pebisnis mengalami kesulitan ketika hendak memilih Data Center? Umumnya, hal ini berkaitan dengan keterbatasan anggaran bisnis. Di sisi lain, Anda membutuhkan spesifikasi Data Center yang tinggi untuk mendukung kegiatan bisnis. Tentunya hal ini makin memperbesar biaya yang diperlukan.  

Memang, sebagian pebisnis lebih memilih untuk menginvestasikan anggaran yang lebih besar untuk mendapatkan Data Center yang andal dengan tingkat keamanan tinggi. Tujuan utamanya untuk menghindari kerugian besar akibat adanya gangguan ataupun kehilangan data. 

Kendati demikian, Anda tetap harus mempertimbangkan Data Center dengan kebutuhan dan anggaran. Pastikan untuk merencanakan secara cermat dan mempertimbangkan seluruh faktor sebelum membuat keputusan akhir.

Pentingnya Memilih Data Center Sesuai Anggaran

Sebagaimana diketahui, Data Center berfungsi sebagai pusat operasional yang mendukung beragam layanan TI dan aplikasi untuk menjalankan bisnis, perusahaan, organisasi, atau infrastruktur teknologi. Memilih Data Center sesuai anggaran merupakan langkah penting dalam merencanakan infrastruktur Teknologi Informasi (TI). 

Selain itu, memilih Data Center sesuai anggaran akan membantu Anda menjaga keseimbangan keuangan perusahaan. Anda bisa mengalokasikan anggaran bisnis secara bijaksana dan menghindari pengeluaran berlebih yang menguras keuangan perusahaan.

Mematuhi anggaran bisnis akan membuat Anda lebih mudah mengelola risiko finansial, menjaga stabilitas keuangan, dan meminimalisasi risiko kerugian ketika terjadi peristiwa tak terduga ataupun perubahan ekonomi secara signifikan.

Begini Cara Memilih Data Center Sesuai Anggaran

Supaya lebih mudah memilih Data Center sesuai anggaran bisnis, berikut cara yang bisa Anda terapkan.

  • Menentukan Anggaran: tulis secara rinci berapa banyak anggaran yang Anda miliki untuk membangun atau menggunakan layanan Data Center. 
  • Mengidentifikasi Kebutuhan: tetapkan kebutuhan komputasi, penyimpanan, serta jaringan yang diperlukan untuk mendukung bisnis Anda. Tentunya hal ini mencakup kapasitas RAM, CPU, penyimpanan, bandwidth, keamanan, dan skalabilitas.
  • Pertimbangkan Lokasi: tak banyak yang menyadari bahwa lokasi Data Center memengaruhi biaya dan kualitas layanan. Lokasi yang lebih dekat pusat kota dibanderol lebih mahal, sedangkan lokasi di luar kota cenderung ekonomis. 
  • Bandingkan Model Layanan: mengingat tersedia berbagai jenis Data Center, ada baiknya untuk mempertimbangkan model yang paling cocok dengan kebutuhan dan anggaran bisnis.
  • Evaluasi Keandalan dan Keamanan: keandalan dan keamanan Data Center adalah hal yang utama. Pastikan vendor Data Center mempunyai rekam jejak yang baik serta memberikan dukungan dan cepat tanggap ketika terjadi masalah keamanan.  
  • Bandingkan Harga: ada baiknya mencatat setiap penawaran dan harga dari sejumlah vendor Data Center. Bandingkan harga tersebut untuk mendapatkan layanan terbaik.

Kendati Anda dianjurkan memilih Data Center sesuai anggaran bisnis, Anda tidak boleh mengorbankan kualitas, keandalan, dan keamanan. Oleh karenanya, pemilihan Data Center harus mempertimbangkan keseimbangan antara anggaran dengan kebutuhan teknis sesuai bisnis Anda.

Bagi Anda yang sedang mencari vendor Data Center berkualitas, jangan ragu menghubungi NPS Pemuda. Anda bisa berkonsultasi untuk mendapatkan layanan Data Center sesuai anggaran bisnis Anda!

Data Center Services