Share on facebook
Share on twitter
Share on email

4 Cara Menghemat Biaya Saat Upgrade UPS untuk Kebutuhan Bisnis Anda

Ada sejumlah alasan mengapa perusahaan memutuskan untuk mengganti atau meningkatkan sistem UPS lama. Hal ini bergantung dari jenis UPS hendak diganti. Proses peningkatannya sendiri cukup mengeluarkan banyak uang. Namun, tak perlu cemas karena tersedia layanan installasi UPS Liebert Vertiv terbaik di Jakarta dari PT. NPS Pemuda Berdikarisma yang menawarkan jasa upgradedengan harga bersahabat.

Mau Upgrade UPS? Ikuti 4 Cara Ini Agar Hemat Bujet!

Bagi Anda yang tertarik untuk meningkatkan UPS, simak sejumlah tips menghemat biaya saat upgrade berikut ini.

  • UPS Baru Bisa Mengurangi Pengeluaran

Sebagian besar organisasi atau perusahaan sengaja mengurangi emisi karbon dioksida dan konsumsi daya dengan cara mengganti sistem UPS lama. UPS baru dirancang untuk terus terhubung dengan listrik tanpa meningkatkan tagihan listrik. Selain itu, sistem UPS baru juga memaksimalkan efisiensi sehingga mampu menghemat pengeluaran hingga jutaan rupiah setiap bulan.

  • Pajak UPS Baru Lebih Murah

Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah telah memberikan perusahaan keringanan dalam membayar pajak peralatan hemat energi, termasuk UPS. Hal ini dilakukan sebagai upaya mempromosikan perangkat elektronik ramah lingkungan.

Jika perusahaan menggunakan sistem UPS yang terdaftar di Enhanced Capital Allowance (ECA) dan rutin membayar pajak, maka perusahaan bisa mendapat keringanan pajak hingga seratus persen. Tentunya, hal ini akan menekan tagihan pajak hingga puluhan juta.

  • Garansi Dapat Mengurangi Biaya

Majunya teknologi membuat produsen mampu menciptakan sistem UPS yang lebih andal. Tidak hanya meningkatkan spesifikasi dan kinerja, produsen juga memberikan perpanjangan masa garansi, dari dua belas bulan menjadi dua puluh empat bulan. Bahkan, beberapa produsen berani memberikan masa yang lebih panjang, hingga tiga puluh enam bulan.

Selama masa garansi berlaku, Anda tak perlu mencemaskan biaya perbaikan. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya perawatan tahunan. Sebagai contoh, biaya pemeliharaan UPS sistem lama selama satu tahun biasanya menghabiskan dana sekitar Rp120.000.000,00. Jika Anda menggunakan sistem UPS baru, maka biaya tersebut dapat ditekan menjadi Rp80.000.000,00 per tahun.

  • Tukar Tambah UPS

Untuk meningkatkan penjualan, sejumlah produsen menawarkan diskon hingga 5% untuk pelanggan yang melakukan tukar tambah. Caranya, cukup dengan membawa UPS lama dan menukarnya dengan UPS baru.

Menariknya, potongan tersebut dapat digunakan tanpa syarat. Bahkan, apabila sistem UPS lama mengalami kerusakan atau telah berumur tua, hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Cara ini sangat efektif menekan pengeluaran untuk pembelian alat baru.

Jika Anda ingin mengganti UPS lama atau melakukan pemasangan pertama kali, maka tersedia layanan installasi UPS Liebert Vertiv terbaik di Jakarta yang dapat Anda coba.

Keuntungan Upgrade UPS

Tak dapat dimungkiri bahwa hampir semua bisnis, baik perusahaan, organisasi, hotel, maupun rumah sakit membutuhkan perlindungan daya yang efisien dan andal. Dengan begitu, pemadaman listrik secara mendadak tidak akan menimbulkan masalah dan menyebabkan kerugian besar.

Menurut survei dari Uptime Institute, sejak tahun 2016, gangguan kelistrikan telah menyumbang sekitar 36% terhambatnya layanan publik secara global. Hal yang mengejutkan adalah fakta bahwa 80% responden menyatakan mereka dapat mencegah pemadaman layanan. Untuk menghindari waktu henti yang mahal, banyak pemilik bisnis menggunakan UPS.

Sistem UPS modern seperti Liebert EXM dan EXL S1 diklaim lebih kecil dan lebih efisien sehingga lebih banyak daya yang bisa digunakan per kVA daripada sistem sebelumnya. Sistem UPS lama sering kali disesuaikan dengan pertumbuhan yang pada akhirnya tidak terwujud lantaran sebagian besar manajer IT bermigrasi ke Cloud.

Singkatnya, sistem UPS lama yang memiliki ukuran terlalu besar dan kurang efisiensi mengakibatkan biaya listrik membengkak. Berbeda dengan sistem UPS baru yang dapat meningkatkan efisiensi hingga 10% sehingga berpotensi menghemat jutaan rupiah untuk biaya operasional.

Supaya lebih jelas, simak sejumlah keuntungan upgrade UPS yang akan Anda dapatkan berikut ini.

  • Sistem baru menyediakan redudansi internal tanpa harus menambahkan sistem UPS lain.
  • Pemantauan yang lebih baik dan mudah dikelola.
  • Tersedia fitur cerdas untuk meningkatkan kemampuan komunikasi.
  • Memberi lebih banyak ruang yang dapat digunakan untuk menghasilkan pendapatan tambahan.
  • Suku cadang dengan umur pemakaian lebih lama dan garansi panjang efektif menghemat biaya perawatan.
  • Memungkinkan pengguna melakukan ekspansi apabila diperlukan.

Bagaimana Cara Menghemat Daya UPS?

Kendati telah memutuskan mengganti UPS lama dengan yang baru, Anda masih bisa melakukan penghematan daya UPS. Memang pusat data keluaran terbaru bisa mengemas lebih banyak daya pemrosesan. Namun, komputasi dengan kepadatan tinggi berdampak pada peningkatan biaya operasional.

Hal tersebut terjadi lantaran meningkatnya kebutuhan daya, biaya daya, dan panas berlebih. Jika Anda mengelola data center, maka Anda tahu betapa kritisnya masalah ini. Kabar baiknya, terdapat cara yang bisa diterapkan untuk menghemat jutaan rupiah. Misalnya dengan menggabungkan sistem pendingin, data center dengan 1.500 server, dan mematikan alat yang menganggur bisa menghemat listrik dan pengeluaran bulanan.

Lakukan identifikasi untuk mengetahui alat yang jarang digunakan. Matikan alat tersebut dan nyalakan hanya jika diperlukan. Selain cara ini, Anda juga bisa menghapus bloatware yang menggunakan siklus CPU berlebihan.

Setiap platform mengonsumsi daya yang tak sedikit sehingga menjadi beban dan berpotensi meningkatkan tagihan listrik. Jika Anda menggunakan banyak aplikasi, baik di sistem server maupun penyimpanan khusus, maka lakukan virtualisasi.

Virtualisasi memungkinkan Anda untuk menggabungkan server dan penyimpanan ke platform bersama tanpa memisahkan sistem operasi, data, aplikasi, dan pengguna. Virtualisasi sangat efektif mengurangi jumlah server dan perangkat penyimpanan yang menghabiskan banyak daya.

Sebagian besar peralatan TI tidak diberi daya secara langsung dari sumber daya fasilitas. Namun, dengan adanya kemajuan pesat dalam teknologi UPS, hal tersebut tak lagi menjadi masalah. Pasalnya, peningkatan kecil dalam efisiensi UPS bisa menghasilkan jutaan rupiah.

Efisiensi UPS yang tinggi juga memperpanjang masa pakai baterai dan menghasilkan kondisi yang lebih dingin di dalam UPS selama pengoperasian sehingga dapat memperpanjang umur komponen serta meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Layanan Installasi UPS Liebert Vertiv Terbaik di Jakarta

Semua sistem UPS lama berbasis trafo yang menghasilkan netral. Netral ini berfungsi untuk menjalankan beban fase tunggal. Oleh karena itu, saat Anda hendak mengganti UPS, periksa apakah netral diperlukan pada input dan output sistem UPS baru.

Untuk memaksimalkan kinerja dan efisiensi UPS data center dan sistem distribusi daya lainnya, bermitralah dengan profesional terkemuka di bidangnya. Tim kami dapat membantu menerapkan strategi proaktif untuk memperpanjang umur sistem secara signifikan, mengoptimalkan efisiensi sistem, dan mengurangi beban biaya.

Kami juga menawarkan beragam produk pilihan terbaik, yakni UPS premium berkualitas tinggi. Selain itu, tersedia layanan installasi UPS Liebert Vertiv terbaik di Jakarta yang akan membantu Anda melakukan pemasangan UPS baru maupun upgrade UPS lama. Apa lagi yang Anda tunggu? Segera hubungi tim kami sekarang dan dapatkan penawaran menarik lainnya!

Related Articles

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request
× How can we help you?