Kenali Kapan Anda Harus Mempertimbangkan untuk Meng-upgrade UPS

Ada cukup banyak sistem yang digunakan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.Salah satu yang banyak ditemui adalah UPS. Apa itu UPS?

UPS adalah akronim dari Uninterruptible Power Supply. Ini merujuk pada suatu alat yang menyediakan baterai atau listrik cadangan ketika suplai utama listrik mati atau ada di voltase yang terlalu rendah.

Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas tentang kapan waktu yang tepat untuk meng-upgrade UPS Anda. Selain itu, ada juga sedikit penjelasan mengapa sistem perlu di-upgrade.

Pertimbangan Untuk Upgrade UPS

Hal basic yang perlu Anda pahami ketika menggunakan UPS adalah mengetahui masa pakainya. Idealnya, UPS didesain untuk bisa bertahan hingga 15 tahun.

Sebagai pengguna, tentunya Anda punya hak sepenuhnya untuk memilih meneruskan penggunaan UPS lama, upgrade, atau justru ganti ke model terbaru.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu menjadi pertimbangan Anda sebelum membuat keputusan di atas:

  1. Ketersediaan Spare Parts

Alat elektronik cenderung berganti tipe atau seri tiap tahunnya. Ini terjadi seiring dengan kecanggihan teknologi yang terus berkembang. Apa akibatnya?

Pengguna cenderung memilih produk terbaru dan mulai meninggalkan yang lama. Dalam pasar, ada hukum supply dan demand. Saat permintaan pasar rendah, maka mau tidak mau, produsen akan mengurangi atau menghentikan produksi suatu barang.

Ini juga berlaku untuk UPS. Ketika UPS yang Anda gunakan sudah tua, maka makin sulit untuk mendapat spare parts, layanan, dan dukungan perbaikan. Kondisi ini bisa menimbulkan masalah biaya perawatan yang lebih besar dan waktu maintenance yang lebih lama.

  1. Kinerja Produk

Makin tua usia UPS Anda, maka kinerjanya juga makin turun. Normalnya, UPS memiliki efisiensi operasi di angka 80% dalam kondisi high dan 90% dalam kondisi low.

Sementara itu, seri UPS yang lebih modern memiliki angka efisiensi lebih tinggi, yakni mencapai 98%. Ketika Anda menggunakan sistem yang lebih modern, artinya efisiensi meningkat dan biaya operasi bisa ditekan.

Hasilnya, Anda bisa menghemat dua pos, yakni biaya listrik dan kebutuhan kapasitas pendinginan.

  1. Perubahan Kebutuhan Kapasitas Di Masa Depan

Tidak ada pebisnis yang ingin usahanya stagnan di tempat dalam jangka waktu lama. Semua punya proyeksi untuk berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik.

Dalam proses pengembangan ini, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan butuh kapasitas atau beban yang lebih banyak. Tentunya, penambahan beban ini lama kelamaan tidak akan mampu diatasi oleh UPS lama Anda. 

Lalu Kapan Anda Perlu Upgrade UPS?

Pertimbangan yang kami sebutkan di atas tentunya bisa menjadi indikator untuk membuat keputusan dalam mengganti UPS. Lebih jauh, Anda bisa meng-upgrade Uninterruptible Power Supply saat:

  • Usia atau penggunaannya sudah lebih dari 12 tahun.
  • Biaya tagihan membengkak karena sistem UPS lama kurang efektif lagi.
  • Kesulitan mendapatkan spare part penting dan layanan perbaikan.
  • Kapasitor, kipas, atau baterai sudah saatnya diganti.

Jika salah satu kondisi di atas terjadi pada Uninterruptible Power Supply yang Anda pakai, maka ada baiknya untuk melakukan upgrade.

Mungkin proses upgrade ini menyebabkan pengeluaran cukup besar. Namun, Anda akan terkejut dengan penghematan biaya operasi setelah menggunakan sistem yang baru.

Teknologi terbaru yang disematkan pada sistem UPS Indonesia saat ini lebih efisien, reliable, dan fleksibel. Jadi, tidak heran jika banyak sistem terbaru mampu menghasilkan efisiensi hingga 98%.

Anda tertarik untuk upgrade Uninterruptible Power Supply dalam waktu dekat?

Jangan asal pilih distributor. Pasalnya, proses upgrade UPS sendiri membutuhkan perencanaan yang matang dan proses instalasi dengan benar. Pastikan Anda memilih distributor dengan tenaga ahli yang bisa membantu Anda memilih, melalui proses transisi, dan pengaplikasian sistem yang benar.

PT. NPS Pemuda Berdikarisma adalah distributor UPS Vertiv di Indonesia yang didukung oleh tenaga ahli dan berpengalaman. Layanan kami telah tersebar di 15 kota di Indonesia untuk membantu memenuhi kebutuhan sistem UPS bisnis Anda. Hubungi kami untuk konsultasi dan informasi layanan yang lebih lengkap.

Data Center Services