Bagaimana Teknologi Hijau Membuat Data Center Berkelanjutan

Data center secara global memimpin perubahan dalam adaptasi teknologi hijau. Pusat data hijau menggabungkan teknologi mutakhir untuk efisiensi energi maksimal dan memberikan dampak lingkungan yang minimal. 

Mengapa Teknologi Hijau Penting untuk Pusat Data?

Saat ini perubahan iklim dan degradasi lingkungan menjadi ancaman global. Menjadi “hijau” kini menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah bisnis. Teknologi hijau dapat membantu data center tradisional menjadi lebih hemat energi dan berkelanjutan. Banyaknya jumlah bisnis yang sadar lingkungan menyediakan pasar tersendiri untuk para operator pusat data ramah lingkungan. 

Membantu perusahaan mengurangi jejak karbon merupakan usaha yang menguntungkan dan menciptakan teknologi ramah lingkungan serta efisien merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam penggunaan teknologi hijau.

 5 Teknologi Baru Teratas untuk Green Data Center

Tuntutan data yang terus meningkat dalam bisnis mendorong operator memikirkan bagaimana mereka  dapat menyediakan teknologi inovatif yang dapat membangun data  center secara berkelanjutan.

  1. Virtualisasi Server

Infrastruktur di bagian pusat berhubungan langsung dengan tingkat konsumsi energi. Penggunaan Software Defined Data Center (SDDC) dapat mengurangi beban infrastruktur dan meningkatkan efisiensi energi. SDDC menggunakan server virtual dan dapat menampung banyak pengguna dalam satu server. Sistem ini memungkinkan operator membuat pengelompokan server dan membagi kapasitas penyimpanan data dan daya pemrosesan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Penggunaan Program Kecerdasan Buatan (AI)

Operator pusat data menggunakan program kecerdasan buatan atau artificial Intelligence (AI) yang canggih untuk meningkatkan kinerja dan menghemat daya. Penggunaan kecerdasan buatan memungkinkan pengawasan secara lebih efisien pada semua komponen, sehingga manajer dapat menjadwalkan perbaikan tepat waktu dan mengantisipasi ancaman yang mungkin terjadi. 

AI juga dapat memfasilitasi manajemen jarak jauh, proses otomatis dan solusi energi berkelanjutan untuk data center. Salah satu contohnya yaitu pengembangan perangkat lunak dan keras pada layanan terintegrasi yang menggunakan tenaga hidrogen hijau. AI berperan dalam memperkirakan jumlah kebutuhan daya dan mengoptimalkan penggunaan hidrogen ramah lingkungan.

  1. Komputasi Tepi dan Internet of Things (IoT)

Penggunaan Egde Computing dengan IoT dapat meningkatkan efisiensi energi. Hal ini dikarenakan egde computing memanfaatkan kekuatan IoT sehingga dapat mengurangi latensi dan jumlah data yang melewati jaringan.  Edge computing juga berperan dalam mengurangi jumlah emisi karbon.

  1. Penerapan Cloud Hybrid

Saat ini banyak bisnis yang mulai berpindah dari penggunaan data lokal ke server yang menggunakan penyimpanan awan untuk mengurangi emisi karbon. Penerapan cloud hybrid merupakan penggabungan pusat data dan cloud. Hal ini memungkinkan penyedia layanan memindahkan beban kerja antara cloud public dengan pusat data fisik.  Cloud hybrid juga memudahkan dalam pengelolaan sumber daya di server virtual maupun lokal secara terpadu. Selain fleksibel, sistem ini juga dapat mengurangi konsumsi energi.

  1. Sistem Pendinginan yang Sangat Efisien

Server dan sistem pendinginan merupakan bagian yang paling banyak menghabiskan energi di data center. Jadi penggunaan sistem pendinginan yang sangat efisien sangat berpengaruh pada penghematan daya dan energi. Beberapa pusat data menggunakan teknologi pendinginan bebas hemat energi dan desain pendingin cair untuk mendapatkan sistem pendinginan yang efisien. Contohnya yaitu penggunaan platform pendingin imersi cair dua fase yang baru. Cairan ini menyajikan kepadatan yang maksimal dan tidak tertandingi untuk aplikasi komputasi kinerja tinggi atau High Performance Computing (HPC).

Data center ramah lingkungan dengan teknologi hijau merupakan  harapan banyak pihak. Kemajuan teknologi pada abad 21 memungkinkan penyedia layanan membangun pusat data yang ramah lingkungan dan hemat energi. Gabungan visualisasi server, penggunaan AI, egde computing dan IoT, sistem hybrid, dan sistem pendingin yang efisien merupakan upaya memaksimalkan penghematan energi dan meminimalkan dampak lingkungan. Menggunakan teknologi hijau tidak hanya menunjukkan sebuah tanggung jawab, namun juga memberikan sisi yang menguntungkan.

Tertarik untuk menggunakan teknologi hijau pada data center yang Anda? Hubungi PT. NPS Pemuda Berdikarisma selaku kontraktor data center di Indonesia yang siap membantu dan memberikan solusi terbaik untuk Anda. Perusahaan ini telah berpengalaman selama puluhan tahun dan telah  bekerja sama dengan berbagai perusahaan multinasional maupun lokal. 

Data Center Services