Kabel Serabut atau Solid, Mana yang Lebih Baik?

Memasang instalasi untuk perangkat elektronik, networking, dan pusat data, baik dilakukan secara mandiri maupun menggunakan jasa perusahaan data center, pasti membutuhkan kabel. Pada dasarnya, kabel memiliki dua fungsi. Pertama, untuk menghantarkan aliran listrik dari sumber listrik ke perangkat. Kedua, untuk menghantarkan frekuensi atau sinyal informasi. 

Kabel listrik terdiri dari dua bagian, yakni konduktor dan isolator. Konduktor kabel listrik terdiri dari sejumlah bahan, yakni perak, tembaga, dan aluminium. Ada dua jenis konduktor, yakni konduktor tunggal dan serabut. Dalam pemilihan kabel, Anda harus memperhatikan sejumlah faktor, yakni ukuran, tegangan operasional, warna kabel, kode kabel, jumlah kawat, dan keterangan penggunaan. Jadi, sebelum membeli kabel, pastikan Anda mengetahui spesifikasinya untuk meminimalisasi kesalahan pengaplikasian. 

Perbedaan Kabel Serabut Dengan Kabel Solid

Kabel serabut terdiri dari sejumlah kabel kecil halus (untaian tembaga) yang membentuk satu kawat tembaga solid. Jenis kabel ini lebih fleksibel, lentur, dan dapat menahan getaran. Meskipun diameternya cukup besar, kabel serabut tidak menyediakan daya dukung. Kabel serabut cocok digunakan untuk jarak pendek karena hambatannya lebih tinggi. Dari segi harga, biaya produksi kabel serabut lebih mahal daripada kabel solid. 

Lantaran tipis, kabel serabut cenderung lebih mudah goyah dan mengalami korosi sehingga kurang terlindungi gangguan elektronik. Namun, kabel serabut akan tetap utuh dan terlindungi ketika ditekuk atau dipelintir untuk menghubungkan komponen listrik. Kabel serabut ideal digunakan untuk keperluan yang diaplikasikan pada area sempit, seperti panel patch, NIC, hub, workstation, dan rak di kotak jaringan. 

Beberapa keunggulan kabel serabut, antara lain:

  • Konduktor serabut lebih besar sehingga lebih mudah dipasang.
  • Umur pakai lebih lama dibandingkan kabel solid. 
  • Kabel serabut bisa menahan lebih banyak getaran serta tekukan sebelum putus.
  • Makin halus garis, makin fleksibel kabel serabut.
  • Kerusakan pada kabel serabut karena goresan atau sobek tidak menyebabkan masalah serius dibandingkan kabel solid.
  • Jumlah untaian serabut tembaga memengaruhi fleksibilitas. Makin banyak untaian, kabel makin fleksibel. 

Sesuai namanya, kabel solid atau disebut juga kabel inti tunggal ini menggunakan satu kawat tembaga. Kabel solid dirancang secara khusus untuk pengaplikasian perangkat elektronik atau dengan struktur horizontal maupun vertikal. Kabel solid termasuk jenis kabel yang sering digunakan perusahaan data center

Kabel solid disukai lantaran harganya lebih terjangkau dibandingkan kabel serabut. Kabel solid memiliki ketahanan cukup bagus dan awet. Jenis kabel ini memiliki diameter lebih kompak dari kabel serabut dan tidak rentan korosi. Namun, kabel solid sering bermasalah dengan kelenturan dan getaran. Kabel ini tergolong kaku dan akan aus atau pecah ketika terjadi getaran konstan.

Itulah alasan kabel solid kurang optimal untuk pengaplikasian perangkat yang memerlukan banyak gerak, seperti robot dan kendaraan. Meskipun demikian, kabel solid bagus digunakan untuk koneksi kabel dari gedung satu ke gedung lain secara terstruktur dan terintegrasi dengan ruang peralatan, pintu masuk, hingga lemari telekomunikasi. 

Beberapa keunggulan kabel solid, antara lain: 

  • Kabel solid tahan terhadap kerusakan dan mudah dibuat. 
  • Kabel solid memiliki diameter yang lebih kompak dibandingkan kabel serabut. 
  • Kabel solid cocok untuk penggunaan rumit, seperti papan sirkuit dan perangkat elektronik.
  • Kabel solid disukai karena biayanya lebih terjangkau daripada kabel serabut. Hal ini dikarenakan biaya produksi lebih murah. 

Demikianlah informasi mengenai perbedaan antara kabel serabut dengan kabel solid yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda membutuhkan jasa penyedia layanan jaringan, baik LAN, MAN, WAN, dan fiber optik, jangan ragu menghubungi NPS Pemuda. NPS Pemuda adalah perusahaan data center tepercaya yang menyediakan layanan TI berkualitas harga terjangkau. Didukung tenaga profesional kompeten di bidangnya, NPS Pemuda hadir di 15 kota besar untuk membantu pertumbuhan bisnis Anda. 

Data Center Services