Data Center Modular: Skalabilitas yang Ramah Pengguna

Data center modular merupakan salah satu cara yang digunakan dalam mendesain data center. Desain data center penting karena berpengaruh pada efisiensi, keandalan dan skalabilitas operasional. Dengan yang baik memastikan distribusi energi yang efisien, pendinginan yang optimal dan data yang aman.

Apa sebenarnya data center modular itu? Apa saja kelebihan data center modular sehingga dianggap sebagai solusi yang ramah untuk pengguna? Simak penjelasannya!

Apa yang Dimaksud dengan Data Center Modular?

Desain data center modular melibatkan pendekatan membangun secara bertahap dengan memecah pusat data menjadi modul independen yang dapat dikonfigurasi dan diimplementasikan secara terpisah. Setiap area dirancang secara terpisah untuk skala, beban daya, konfigurasi, dll, sesuai dengan standar terpadu.

Pendinginan, catu daya, dan pengelolaan di pusat data modular diatur secara terpisah dan mudah dikontrol. Hal ini dilakukan agar ketiga elemen ini tidak saling mengganggu dan bisa berjalan sendiri-sendiri tanpa menggunakan sumber daya yang sama.

Apa Saja Kelebihan Data Center Modular

Menggunakan desain data center modular akan memberikan sejumlah keuntungan bagi bisnis antara lain:

  • Skalabilitas. Kemampuan untuk menyesuaikan kapasitas secara fleksibel sesuai kebutuhan pertumbuhan bisnis
  • Efisiensi Energi. Modularitas memungkinkan penggunaan sumber daya secara efisien, mengurangi pemborosan energi
  • Implementasi Cepat. Modul dapat diimplementasikan lebih cepat daripada membangun seluruh pusat data sekaligus
  • Perawatan yang Mudah. Pemeliharaan dan peningkatan dapat dilakukan secara modular tanpa menghentikan operasi keseluruhan pusat data
  • Biaya yang Terukur. Kemampuan untuk mengukur biaya secara lebih akurat karena pertumbuhan dapat diukur secara incremental (ditambah secara bertahap)
  • Penghematan Biaya Kapital. Investasi awal yang lebih rendah karena pusat data dapat dibangun berdasarkan kebutuhan
  • Keandalan yang Tinggi. Modularitas dapat meningkatkan keandalan dengan meminimalkan dampak kegagalan pada bagian-bagian tertentu
  • Penyusunan yang Fleksibel. Modul dapat diatur kembali atau dihubungkan ulang sesuai kebutuhan bisnis yang berubah
  • Mudah Dipindahkan. Jika diperlukan, modul dapat dipindahkan ke lokasi lain dengan relatif mudah
  • Peningkatan Keamanan. Modul independen dapat memiliki lapisan keamanan sendiri, meningkatkan keamanan bagi seluruh sistem data center.

Menurut Michelle Bailey, peneliti tren di pusat data IDC (sebuah perusahaan riset pasar), desain data center modular berpotensi menjadi pendekatan yang paling diakui untuk pembangunan data center dalam 5 tahun ke depan. Bisnis apa pun, terlepas dari skala atau jenis industri yang dijalankan, bisa membangun data center modular sendiri untuk memenuhi lebih banyak kebutuhan terkait IT.Itu dia berbagai kelebihan data center modular untuk mendukung skalabilitas yang ramah pengguna. Ingin tahu lebih jauh apakah data center modular cocok untuk bisnis Anda? Konsultasikan dengan PT. NPS Pemuda Berdikarisma sekarang juga!

Data Center Services