Pentingnya Layanan untuk Keberlanjutan Data Center

Sekarang ini, semua hal bergantung pada layanan digital, mulai dari pendidikan, ekonomi, bisnis, hingga bidang kesehatan. Operasional di tiap sektor tersebut makin sering memanfaatkan teknologi informasi, bahkan cenderung tidak dapat ditinggalkan. 

Ketergantungan ini menimbulkan kekhawatiran karena energi yang sangat besar dikeluarkan untuk memenuhi semua permintaan pengguna. Layanan data center pun memiliki tugas penting untuk membantu operator dalam mencapai keberlanjutan di pusat-pusat data.

Efisiensi Operasi pada Layanan Data Center

Salah satu hal yang sering menjadi sumber kekhawatiran dalam menjalankan data center adalah efisiensi pada pengoperasian, begitu juga dengan Vertiv. 

Sebelumnya, layanan-layanan yang ada pada Vertiv didasarkan pada risiko, manajemen risiko, ketahanan situs, keandalan situs, dan beberapa jenis aktivitas lain yang sama. Namun, sekarang keramahan lingkungan menjadi topik yang tidak kalah penting di kalangan teknologi informasi. Karena itu juga, layanan pada Vertiv pun ikut berkembang selama beberapa tahun terakhir.

Kali ini hal-hal yang diperhatikan dalam layanan adalah penggunaan daya minimum atau efisiensi maksimum dan melihat situs serta desain situsnya, baik itu pada level desain situs atau level peralatan. Kemudian, operator layanan akan terus meninjaunya sepanjang siklus hidup situs.

Pemantauan bisa dilakukan secara internal atau in-house monitoring. Operator layanan juga bisa memantau temperatur, membuat model situs secara digital, dan memeriksa aliran udara. Commisioning data akan digunakan sebagai titik acuannya. Lalu, dengan menggunakan berbagai parameter, desain tersebut dicek seiring progres berjalan melalui siklus situs.

Jadi, saat bebannya bertambah atau berkurang, operator layanan akan terus meninjau bagaimana penggunaan energi situs sehingga bisa mengembangkan layanan yang sesuai. Seperti perusahaan tradisional lainnya, dahulu Vertiv juga merupakan perusahaan proyek dengan layanan break/fix, tetapi sekarang Vertiv mengalihkan ke layanan dengan dukungan operasional yang lebih luas. 

Cara Layanan Data Center Menjadi Lebih Ramah Lingkungan

Layanan data center Indonesia dapat membantu operator untuk membuat pusat-pusat data yang lebih ramah lingkungan. Meski begitu, konsumen juga harus bisa mencari tahu berbagai hal mengenai pusat data dan bagaimana mereka bekerja, contohnya saat merencanakan siklus hidup atau berapa lama pusat data itu dapat bekerja.

Konsumen bisa mengemukakan pertanyaan-pertanyaan yang relevan, misalnya berapa lama pusat datanya dapat beroperasi, hal apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan upgrade atau perbaikan pada peralatannya, seberapa banyak energi yang digunakan, dan bagaimana cara memperpanjang umur pusat datanya.

Pertanyaan dan diskusi tersebut bisa dilakukan bersama pakar-pakar di bidangnya dan menggunakan analisis data. Dampaknya, fokus akan jadi lebih tertuju pada kondisi peralatan, terutama pada akhir penggunaannya. Pada saat berada di siklus perencanaan, sebaiknya tidak mengganti situs lama terlalu cepat, melainkan pastikan jika situs-situs lama itu dapat beroperasi seefisien mungkin.

Selain itu, orang-orang biasanya lebih terfokus pada jenis energi yang mereka beli, sebagai contohnya adalah pembelian green energi, padahal seharusnya mereka bisa memikirkan lebih jauh lagi dan tidak hanya berfokus di jenis energinya, seperti meningkatkan cara penggunaan data center yang lebih lama. Pasalnya, hal terpenting adalah bagaimana energi itu dimanfaatkan, bukan jenis energinya.

Perkembangan Edge Computing

Saat ini, tengah terjadi perkembangan yang pesat pada edge computing. Di tipe infrastruktur seperti ini, pengguna membutuhkan SME (subject matter expert) yang mudah dihubungi. Vertiv pun menjadi lebih proaktif dalam memberikan layanan serupa. Untuk memastikan ketahanan pada infrastruktur edge agar sama dengan jenis instalasi pusat data yang lebih besar, hasil analisis yang diperoleh dari situs menjadi aspek penting untuk dimiliki.

Layanan Data Center dari Vertiv

Vertiv menawarkan berbagai macam layanan, sebagian besar layanannya ditargetkan ke sektor pasar tertentu. Pada awalnya layanan proyek lanjutan dianggap sangat penting, misalnya seperti persiapan peralatan di situs besar atau pengujian L1-L5 dengan kehadiran IST. 

Ada alasan mengapa proyek itu dianggap penting. Jika dilihat dari statistik, proyek tersebut berjalan baik sejak awal dan sudah dikerjakan dengan benar. Oleh sebab itu, masalah yang timbul hanya sedikit. 

Fasilitas dari Vertiv

Vertiv juga memiliki fasilitas pemeliharaan. Awalnya, Vertiv hanya memberikan fasilitas pemeliharaan berupa kerusakan atau perbaikan dasar, tetapi sekarang lebih bervariasi, meliputi menggunakan konektivitas, menjalankan proses analitik, membantu konsumen dalam mengurangi pengalihan situs, hingga menargetkan pendekatan kepada pemeliharaannya. 

Selain itu, Vertiv pun mendukung konsumen dengan adanya insinyur berkualitas di situs, bahkan Vertiv makin banyak menggunakan AI dan machine learning untuk membantu konsumen mengoperasikan situs mereka seefisien mungkin. 

PT NPS Pemuda Berdikarisma selaku kontraktor data center di Indonesia dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan layanan yang ramah lingkungan dengan berbagai produk dari Vertiv. 

Data Center Services