5 Tahap Wajib Agar Migrasi Data Center Sukses

Bisnis yang terus tumbuh adalah hal yang menggembirakan. Akan tetapi, hal ini juga berarti bahwa Anda harus siap meningkatkan sistem yang dapat mengimbangi pertumbuhan tersebut. Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah migrasi data center. Tindakan ini dapat diartikan sebagai pemindahan perangkat, baik perangkat keras maupun lunak yang ada di pusat data ke lokasi baru.

Proses transfer pusat data ini harus dilakukan dengan baik karena kesalahan yang terjadi dapat mengganggu operasional perusahaan. Lalu, apa saja tahap yang wajib dilakukan agar migrasi bisa berhasil?

Tahap Persiapan Migrasi Data Center

Perencanaan adalah tahap yang penting dilakukan sebelum eksekusi pemindahan. Salah satu hal yang harus masuk dalam perencanaan adalah mencari tahu apa saja yang harus dipindahkan dengan cara menyusun inventaris sehingga memperoleh gambaran dari kebutuhan bisnis Anda. 

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengetahui prioritas perusahaan. Pertama, Anda bisa menelaah aplikasi apa saja yang dirasa perlu untuk mendukung usaha hingga di waktu mendatang. Lalu, mengetahui format yang dibutuhkan untuk menghasilkan performa terbaik, hingga mencari tahu hambatan serta biaya yang diperlukan saat melakukan migrasi. Banyak perusahaan yang mendahulukan perangkat informasi dan teknologi karena dinilai berperan penting untuk operasional bisnis.

Jika sudah menentukan perangkat-perangkat yang akan dipindahkan, lakukan pengelompokan dan pemberian label. Hal ini akan memudahkan migrasi karena setiap perangkat memiliki fungsi yang berbeda. Rencana yang terperinci akan membantu seluruh proses migrasi. Keseluruhan proses ini bisa saja berjalan rumit. Oleh sebab itu, Anda bisa mencari bantuan profesional dari kontraktor data center di Indonesia yang tepercaya untuk menyelesaikannya.

Langkah-Langkah Migrasi Data

Setelah perencanaan matang, tahap selanjutnya adalah melakukan pemindahan. Usahakan untuk mengikuti target waktu yang telah ditetapkan. Selain soal waktu pelaksanaan, pastikan migrasi dilakukan oleh orang-orang yang kompeten. Anda dapat menggunakan jasa penyedia layanan migrasi atau melakukannya sendiri untuk menghemat biaya. 

Membuat Inventaris Secara Menyeluruh

Catat semua peralatan secara menyeluruh dan detail dalam daftar inventaris. Lakukan dengan teliti agar tidak ada hal penting yang terlewat. Dengan daftar ini pula Anda dapat menyortir benda-benda yang masih diperlukan dan mana yang harus disingkirkan. Tuntaskan perihal lisensi untuk produk dan layanan tertentu sebelum memulai proses pemindahan. Jangan lupa juga untuk memberi tahu pelanggan mengenai lokasi baru yang akan ditempati.

Bentuk Tim Khusus

Jika ingin membentuk tim sendiri, pastikan tim terdiri dari pengangkut barang fisik, tim digital, dan manajer yang bertugas mengawasi seluruh proses. Orang-orang ini bertanggung jawab dalam hal penentuan hari migrasi data center, menjaga semua perangkat tetap rapi dan teratur, sampai menjamin keamanan pemindahan, terutama data rahasia. 

Hari yang ditentukan sebaiknya jangan bersamaan dengan momen-momen penting perusahaan. Sementara itu, jaminan keamanan penting untuk menghindari risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyusupan dan akses ilegal terhadap aset perusahaan.

Tindakan Pascamigrasi

Apa yang harus dilakukan jika migrasi pusat data sudah rampung? Setelah seluruh rangkaian proses pemindahan selesai, Anda harus melakukan pengujian terhadap setiap perangkat dan instalasi. Catatan yang ada dalam inventaris sangat berguna dalam tahap ini. Pada daftar tersebut, Anda akan mendapatkan informasi mengenai apa saja yang turut dalam proses migrasi. Periksa apakah semua perangkat sudah ada dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

Migrasi dianggap berhasil jika tidak ada hambatan berarti dalam keseluruhan proses. Indikator keberhasilan lainnya adalah semua perangkat terpasang dengan benar dan kegiatan dapat selesai tepat waktu sesuai dengan target yang telah ditentukan dalam perencanaan.Demikian informasi mengenai migrasidata center yang benar. Buatlah rencana yang matang dan kerjakan semua tahap dengan baik agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Pusat data yang baru pun siap memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Data Center Services