Share on facebook
Share on twitter
Share on email

UPS Liebert EXS Series Menjaga Fungsionalitas Alat Medis di Fasilitas Kesehatan Anda

Pusat layanan kesehatan, khususnya rumah sakit, memiliki infrastruktur yang kompleks sehingga pasokan listrik yang stabil dan lancar menjadi hal utama yang harus dipenuhi. Selain dibutuhkan untuk mempertahankan fungsionalitas peralatan medis, rumah sakit memerlukan pasokan daya yang konstan untuk menjaga operasional harian mereka tetap berjalan. Jadi, Anda tentunya bisa membayangkan bagaimana dampaknya jika sebuah fasilitas kesehatan seperti rumah sakit tidak memiliki perangkat backup daya yang andal. 

Pentingnya UPS untuk Alat Medis dan Rumah Sakit

Apabila fasilitas kesehatan Anda belum memiliki solusi sistem UPS yang terintegrasi secara baik, cermati beberapa poin di bawah ini sebagai pertimbangan untuk segera melakukannya.

  • Salah satu syarat untuk mendukung terlaksananya konsep smart building

Sistem UPS yang andal menjadi salah satu syarat untuk dapat membangun smart building. Di era digital, konsep Intelligent Building Management Systems (IBMS) telah menjadi inovasi teknologi yang diadopsi oleh banyak pusat kesehatan. Alasannya tentu karena konsep tersebut dapat mengoordinasi semua unit di fasilitas kesehatan secara efektif, mulai dari unit operasional gedung hingga bagian komunikasi. 

IBMS juga memungkinkan unit administrasi rumah sakit untuk meningkatkan sistem keamanannya, yang terkait dengan proteksi perimeter, kontrol akses, dan pengawasan melalui kamera CCTV. Sayangnya, semua aplikasi dan perangkat itu tidak dapat bekerja maksimal tanpa adanya aliran daya yang memadai. Jika listrik di gedung tiba-tiba terputus atau terjadi gangguan pada aliran daya ke perangkat, sistem smart building yang Anda bangun nantinya tidak bisa dioperasikan. 

  • Melindungi peralatan medis Anda dari kerusakan yang dipicu oleh pemadaman atau lonjakan arus listrik 

Sistem UPS menyediakan cadangan daya yang bisa digunakan jika terjadi pemadaman listrik. Meskipun pada dasarnya, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya telah dilengkapi dengan generator listrik darurat yang besar, generator cadangan tersebut tetap membutuhkan waktu beberapa detik untuk dapat memasok listrik ke seluruh unit fasilitas. 

Namun, bagi sebuah fasilitas medis, bahkan satu detik tanpa listrik pun dapat mengakibatkan masalah fatal, seperti misalnya melumpuhkan peralatan medis penting yang digunakan untuk menopang kehidupan pasien. 

Dalam hal ini, perangkat catu daya dapat membantu Anda melindungi peralatan elektronik yang sensitif dan mahal dari kerusakan yang disebabkan oleh lonjakan arus daya atau pemadaman listrik. Sistem UPS juga menyediakan cadangan daya instan yang bisa diakses segera setelah listrik padam dan sampai generator Anda dinyalakan.

  • Melindungi pusat data Anda

Pusat data menjadi area lain di sebuah fasilitas kesehatan yang membutuhkan backup daya yang stabil dan konstan. Hal ini karena pusat data digunakan untuk menyimpan hal-hal penting seperti identitas pasien, rekam medis, dan berbagai aplikasi pemrosesan data lainnya untuk mendukung operasional harian di sebuah pusat kesehatan. Nah, dalam praktiknya, pengoperasian pusat data sangat mengandalkan server dan router, jenis peralatan yang sangat bergantung pada aliran daya agar bisa berfungsi dengan baik.

Itulah mengapa, solusi sistem UPS yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk melindungi pusat data di sebuah fasilitas kesehatan. Pun, dalam beberapa kasus, pusat data di sektor medis memerlukan sistem tenaga listrik yang kuat agar tetap bisa beroperasi. Ditambah lagi, terdapat fakta bahwa pusat data juga mengonsumsi energi dalam jumlah besar sehingga Anda perlu mempertimbangkan sistem pemasok daya yang dapat mengalirkan energi secara konstan dan lancar. 

Keunggulan Solusi UPS Liebert EXS Series untuk Alat Medis dan Rumah Sakit

Maka untuk mempertahankan fungsionalitas peralatan medis dan operasional di rumah sakit, gunakan solusi UPS Liebert EXS Series yang sudah terbukti kualitasnya. Produk UPS seri ini dikeluarkan oleh Liebert Vertiv, sebuah perusahaan yang menyediakan solusi manajemen daya bagi beragam jenis industri. 

Menawarkan sistem UPS yang berkualitas dan andal, perangkat backup daya listrik yang diproduksi oleh Liebert Viertiv juga telah banyak digunakan di berbagai instansi pemerintahan, perusahaan besar, dan sektor kesehatan. Berikut ini beberapa keunggulan UPS Liebert EXS Series yang patut Anda ketahui:

  • Menawarkan desain yang fleksibel dan sudah dioptimasi

Dibandingkan UPS lainnya di pasaran, Liebert EXS menawarkan desain yang paling compact. Selain itu, seri ini juga memudahkan penggunanya untuk membangun sistem paralel dengan menghubungkan 4 unit UPS sekaligus. Untuk memastikan perangkat dapat memasok daya secara konstan dan lancar, produk UPS Liebert EXS pun dibekali pengisi daya baterai hingga 25A.

  • UPS dengan tingkat efisiensi tertinggi dan TCO terendah 

Solusi UPS Liebert EXS dapat menyediakan daya aktif 10 persen lebih tinggi dibandingkan UPS konvensional yang rata-rata hanya memiliki 0,9 power factor. Kemampuan itu dimiliki Liebert EXS karena perangkat tersebut mampu menghasilkan unity output power factor. Dari segi efisiensi, Liebert EXS menawarkan efisiensi konversi ganda di atas 95%. Anda bisa memaksimalkan pengurangan Total Cost of Ownership (TCO) dengan mengaktifkan fitur ECO mode pada UPS. Dengan menggunakan fitur ECO mode, sistem UPS dapat mencapai efisiensi melebihi 99%. 

  • Solusi UPS yang terintegrasi dan lengkap untuk melindungi peralatan medis Anda

Liebert EXS menawarkan fitur full galvanic isolation yang terintegrasi sehingga membuat trafo isolasi dapat diletakkan di dalam kabinet UPS. Selain baik diaplikasikan pada peralatan medis, fitur tersebut juga sangat efektif dalam mengurangi system footprint, yang tentunya akan membantu menghemat lebih banyak ruang. 

UPS ini juga menggunakan pemutus dan bypass pemeliharaan yang terintegrasi untuk memudahkan dalam perawatan perangkat. Di sektor baterai, UPS Liebert EXS series dapat menyediakan backup daya hingga 5 menit pada masing-masing beban 60 kVa jika terjadi pemadaman listrik. 

  • Produk UPS dengan proses perawatan dan perbaikan yang mudah

Perangkat UPS Liebert EXS menaruh semua perangkat daya dan kontrolnya pada satu sub-rakitan sehingga proses penggantian part-nya jadi lebih mudah. Hal itu tentunya juga akan memangkas waktu yang dibutuhkan dalam memperbaiki sistem UPS dan mengembalikannya ke fungsi optimalnya.

Guna memastikan keamanan perangkat UPS ketika dipindahkan, setiap rak telah diberi mechanical stopper yang berfungsi untuk menahan agar baterai tidak jatuh. Pun, setiap perangkat telah dipasangi roda casters yang membuat UPS ini lebih mudah digeser.

Bagaimana? Ingin mendapatkan perangkat UPS Liebert EXS untuk mempertahankan fungsionalitas peralatan medis di fasilitas kesehatan Anda? PT. NPS Pemuda Berdikarisma sebagai partner resmi Liebert Vertiv di Indonesia siap mengamankan aset bisnis Anda yang paling berharga melalui pengaplikasian sistem UPS yang andal. Mulai dari pengadaan infrastruktur UPS khusus merek Liebert Vertiv Emerson hingga proses pemeliharaannya, tenaga ahli kami yang tersertifikasi akan membantu Anda menyediakan solusi manajemen daya terbaik.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request
Live Chat