Liebert® DM: Mendefinisikan Ulang Pendinginan untuk Ruang Peralatan

Ruang peralatan atau equipment rooms memiliki peran besar dalam bisnis. Perusahaan-perusahaan besar umumnya memiliki data center mereka tersendiri atau melakukan outsourcing dengan data center provider. Karena ruang peralatan cenderung menghasilkan panas yang besar dan sensitif terhadap kelembapan dan suhu, ruangan itu membutuhkan AC presisi yang mampu memenuhi kebutuhan ruangan dan menghindarkan peralatan dari masalah.

Mengapa AC Presisi Penting untuk Ruang Peralatan?

Perusahaan besar tentunya memiliki ruang peralatan yang besar pula. Dengan ruangan yang besar, sistem pendinginannya pun tidak bisa disepelekan. Pendinginan dengan sistem AC standar dianggap kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pendinginan di ruang peralatan karena ada banyak faktor yang harus diperhatikan, seperti overheat atau kerusakan pada peralatannya, apalagi ruang peralatan sangat sensitif terhadap perubahan kelembapan dan suhu. 

Kondensasi, korosi dan kerusakan pada peralatan dapat terjadi saat kelembapan terlalu tinggi, sedangkan kelembapan yang terlalu rendah membuat listrik statis meningkat. Mengingat peralatan berjalan 24/7, pendinginan pun harus berjalan sepanjang waktu.

Perubahan-perubahan itu bisa menyebabkan berbagai masalah seperti sistem yang mati secara penuh. Perusahaan akan mengalami kerugian akibat gangguan-gangguan yang terjadi, atau lebih buruk lagi, kehilangan data-data penting.

Cara melindungi ruang peralatan yang baik adalah dengan menggunakan sistem AC presisi. AC seperti itu sudah didesain untuk mampu mengatasi kelembapan dan mengatur suhu sehingga dapat dioperasikan 24 jam sehari sepanjang waktu.

Pendinginan dengan Vertiv

Dari berbagai permasalahan di atas terbukti bahwa AC presisi sudah menjadi bagian sangat penting untuk segmen telekomunikasi dan data center. Vertiv yang selalu mengedepankan kesinambungan senantiasa memberikan dukungan teknologi bagi operasi bisnis yang berjalan 24/7 penuh dengan menyediakan inovasi yang menyokong operasi tanpa hambatan.

Liebert Data Mate atau Liebert DM sangat cocok digunakan untuk aplikasi dengan beban panas (heat load) yang sensibel. Unit pendinginan ini menjadi solusi yang pas untuk beban panas kering (dry heat load) berbasis SHR atau Sensible Heat Ratio (SHR – 0.9) yang lebih tinggi. Beban panas itu biasanya dihasilkan oleh peralatan kritis (critical equipment). 

Menariknya lagi, terdapat banyak peningkatan dalam fitur teknis yang tersedia pada versi DX. Beberapa pilihannya adalah 7 kW, 12 kW, 17 kW, 22 kW, dan 27 kW. Peningkatan itu makin membuat DX cocok digunakan sebagai pendinginan ruangan kecil karena tinggi efisiensi, tinggi SHR, dan rendah jejak karbon.

Tempat yang Cocok dengan Vertiv

Produk Liebert DM terbukti ideal untuk kebutuhan teknologi informasi, seperti control room hub room, ruang server kecil, atau ruang komputer yang terdiri dari 2 hingga 5 rak berkapasitas 3 kW per rak atau 1 kW per rak. Ruangan peralatan seperti itu biasanya terdapat di sektor energi, institusi pemerintahan, bank, segmen transportasi, dan bidang kesehatan. 

Industri-industri yang disebutkan tadi masih menggunakan pendinginan tipe comfort cooling, yang bisa menyebabkan tingginya biaya. Pendinginan yang harus berjalan konstan membuat biaya yang tak murah itu tidak bisa dihindarkan. Oleh karena itu, Liebert DM sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin berhemat dari sistem pendinginan standar.

Kelebihan Lainnya

Tidak berhenti di situ saja, Liebert DM menyediakan dua jenis konfigurasi, up-flow front dan downflow. Anda juga bisa menemukan kompresor scroll yang efisien dan refrigeran hemat energi R410A di penawaran standar Liebert DM.

Penawaran lain yang tidak kalah menarik adalah adanya sistem pemantauan jarak jauh dan berbagai fitur lain yang mendukung pendinginan yang andal nan efisien untuk ruangan teknologi kecil. AC presisi Liebert memberikan banyak manfaat untuk pendinginan yang maksimal.

Bagaimana Mendapatkan Vertiv?

Produk-produk Liebert DM sudah tersedia di Selandia Baru, Australia dan negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Adanya PT NPS Pemuda Berdikarisma yang merupakan distributor AC presisi Vertiv Liebert di Indonesia memudahkan Anda untuk mendapatkan produk-produk Liebert DM sehingga pendinginan yang stabil, efisien, serta jejak karbon yang kecil dapat terpenuhi.

Data Center Service, Design & Engineering Expert