Tips Membangun Data Center yang Hemat Energi

Efisiensi daya dalam aktivitas operasional data center adalah hal yang krusial untuk membantu mengurangi konsumsi energi, menekan biaya operasional dan mengurangi dampak lingkungan. Dengan meningkatkan efisiensi, data center dapat mengoptimalkan kinerja perangkat keras, mengurangi panas yang dihasilkan, dan meminimalkan jejak karbon, menjaga keseimbangan antara performa IT dan keberlanjutan lingkungan.

Bagaimana cara membangun data center yang hemat energi untuk para pelaku bisnis? Simak beberapa tipsnya berikut ini!

Pemilihan Lokasi dan Desain Arsitektur yang Efisien

Untuk mendukung efisiensi daya, data center sebaiknya dibangun di lingkungan dengan iklim yang lebih dingin. Adanya pendingin alami akan membantu mengurangi kebutuhan akan pendingin buatan. 

Selain itu, desain arsitektur juga perlu dibangun dengan cara yang efisien. Manfaatkan sumber pencahayaan alami untuk mengurangi ketergantungan pada lampu buatan dan gunakan bahan bangunan dengan kemampuan isolasi panas yang baik.

Pantau dan Kelola Daya Secara Real-time

Memantau konsumsi daya di setiap hop dalam rantai daya membantu mengidentifikasi peralatan yang membutuhkan daya, melacak tren penggunaan energi, dan menerapkan langkah-langkah penghematan energi. Dengan cara ini, Anda dapat juga dapat memahami profil konsumsi energi aset Anda, membuat keputusan yang lebih baik, dan mengidentifikasi serta menonaktifkan server hantu untuk menghemat energi dan sumber daya terkait.

Pantau Suhu untuk Menghindari Overcooling

Melengkapi pusat data dengan sensor suhu dan menggunakan perangkat lunak DCIM memberikan wawasan berharga untuk menghemat uang dan energi. Perangkat lunak DCIM mengubah data sensor lingkungan menjadi grafik psikrometri ASHRAE, memungkinkan identifikasi rak mana yang membutuhkan penyesuaian suhu untuk efisiensi maksimal. 

Menetapkan ambang batas dan peringatan suhu memungkinkan respons cepat untuk memastikan pendinginan optimal tanpa pemborosan energi.

Membuat Keputusan Perencanaan Kapasitas yang Terinformasi

Ketimbang membuat perencanaan berdasarkan perhitungan dan asumsi manual, Anda dapat memanfaatkan grafik tren historis dan pengukur kapasitas untuk memproyeksikan secara akurat kapan Anda akan kehabisan kapasitas untuk ruang, daya, pendinginan, atau port data/daya.

Dengan menetapkan dan memperbarui anggaran daya perangkat secara otomatis berdasarkan beban aktual setiap perangkat, Anda dapat menemukan berapa banyak kapasitas tak terpakai yang dapat digunakan untuk implementasi baru. 

Gunakan Teknologi Server dengan Efisiensi Tinggi

Pilih server dan perangkat keras dengan efisiensi energi tinggi. Pertimbangkan juga untuk menggunakan teknologi server terbaru yang dirancang untuk mode hemat energi. Ini mungkin membutuhkan investasi yang besar di awal, namun bisa menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang.

Ingin menerapkan sistem data center yang hemat energi? PT. NPS Pemuda Berdikarisma siap memberikan solusi terbaik untuk Anda.

Data Center Services