Keuntungan Memilih UPS Kelas Industri

Mengapa UPS kelas industri sangat penting dan apa keuntungan UPS? Saat ini Kebutuhan listrik semakin hari menjadi semakin tinggi dan krusial. Semakin banyak dan berkembangnya alat-alat elektronik yang canggih dan semakin bergantungnya kita pada perangkat tadi dalam hampir semua lini kehidupan, menjadikan listrik sesuatu yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Hal ini dapat dirasakan terutama saat pandemi, di mana kita menyadari teknologi menjadi suatu kebutuhan, bukan lagi sebagai suatu kemewahan. Saat terjadi lockdown hampir di seluruh dunia, semua orang bekerja secara virtual dengan mengandalkan teknologi untuk tetap bekerja dan melakukan aktivitas. Mulai dari bekerja secara online hingga transaksi keuangan yang vital.

Downtime Pada Data Center

Selama pandemi berlangsung, pusat data telah bekerja sebagai tumpuan untuk banyak sekali aplikasi dan transaksi IT. Karenanya, tanpa diragukan lagi, pusat data menjadi basis dalam banyak utilitas seperti telekomunikasi, listrik, dan gas. Permintaan layanan IT pun semakin hari semakin meningkat.

Sayangnya, downtime atau waktu ketika server tidak berfungsi atau tidak dapat diakses dari pusat data sendiri masih menjadi kekhawatiran yang besar. Pemadaman pusat data masih kerap terjadi. Setiap operator pusat data paham betul saat downtime terjadi, kerugian yang mereka derita setiap menitnya tidak main-main. 

UPS Tingkat Industri

Untuk menghindari risiko kegagalan sistem ini, banyak yang mengandalkan uninterruptible power supply (UPS). Sayangnya, beberapa UPS tidak mampu menyediakan daya cadangan darurat yang dibutuhkan saat terjadi downtime. Inilah salah satu keuntungan UPS tingkat industri. 

Selain memiliki toleransi dan kekuatan yang tinggi, UPS tingkat industri juga dirancang untuk mampu memenuhi kebutuhan di fasilitas dengan tingkat perlindungan Tier III. Pusat data medium mampu bekerja dengan baik apabila menerapkan UPS kelas industri pada fasilitas mereka. Sebagai bagian penting dalam keseluruhan pusat data besar hingga pusat data yang lebih kecil, pusat data menengah harus memiliki infrastruktur yang tepat untuk memastikan ketersediaan.

UPS Tingkat Industri yang Tepat Untuk Pusat Data Menengah

Berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih UPS tingkat industri:

  1. Dynamic online mode

Keuntungan UPS dengan dynamic online mode atau mode online dinamis adalah pengoperasian yang lebih efektif hingga 99% tanpa mengorbankan ketahanan. Sistem lengkapnya dapat beralih dengan aman dari mode efisiensi tinggi ke mode inverter dengan transfer 0 milidetik. Dengan ini, beban daya akan lebih terlindungi apabila terjadi pemadaman listrik.

  1. Small footprint

Banyak pusat data menengah memiliki ruangan kantor atau gedung dengan area lantai yang terbatas. Dengan memiliki UPS yang padat dan tidak memakan banyak ruang tentu merupakan keuntungan tersendiri. 

  1. Fault-tolerant design

Pilihlah UPS dengan desain yang memiliki toleransi kesalahan tinggi. Hal ini untuk menjamin fungsionalitas yang terus-menerus dan tanpa adanya kendala atau gangguan.

UPS tingkat industri yang tepat untuk pusat data Anda tentu Vertiv’s Liebert EXM2. Desain yang dirancang khusus untuk tingkat industri ini sangat kuat dan ideal untuk pusat data kelas menengah, fasilitas dan industri kesehatan, dan bidang lain di mana ketersediaan IT sangat penting. 

Vertiv’s Liebert EXM2 telah terbukti dan diakui secara luas sebagai UPS dengan performa yang stabil dalam jangkauannya. Desain ini juga telah mendukung lebih dari ribuan situs penting di seluruh dunia. Vertiv sendiri telah memiliki lebih dari 50 tahun pengalaman dalam hal penyedia produk untuk data center.

Sebagai service center Vertiv Liebert di Indonesia, PT. NPS Pemuda Berdikarisma menawarkan konsultasi dan penyedia layanan Data Center System. PT. NPS Pemuda Berdikarisma juga menjadi penyedia solusi dan service resmi Vertiv Liebert di Indonesia.

Data Center Services