Share on facebook
Share on twitter
Share on email

UPS Liebert EXS Series, Solusi Terbaik untuk Melindungi Data center Anda

Di era digital, peran data center atau pusat data sangatlah penting untuk sebuah bisnis. Oleh karena itu, pusat data membutuhkan dukungan sumber daya yang andal agar bisa tetap beroperasi secara maksimal. Dengan adanya dukungan cadangan daya yang memadai ketika kondisi darurat terjadi, penanganan downtime pun akan berlangsung lebih singkat. Pada akhirnya, hal tersebut juga dapat membantu pebisnis untuk mengurangi kerugian—materiil atau nonmateriil—yang dipicu oleh masalah downtime pada pusat data. 

Namun sayangnya, penggunaan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai penunjang kinerja pusat data terkadang masih sering diabaikan. Bahkan, tidak sedikit perusahaan yang belum membangun sistem catu daya yang memadai sehingga berakibat pada timbulnya masalah downtime pada data center mereka. 

Mengapa UPS Sangat Penting untuk Data center

Maka, sebelum membahas lebih jauh soal Liebert EXS series sebagai solusi backup daya yang andal bagi infrastruktur pusat data Anda, mari mendalami pentingnya perangkat UPS bagi sebuah data center!

  • Mencegah terjadinya downtime pada data center

Ketika pusat data Anda tidak memiliki sumber cadangan daya yang andal, risiko downtime akan menjadi lebih besar. Kondisi tersebut tentunya sangat merugikan bagi suatu bisnis dan juga bisa berdampak pada rusaknya citra perusahaan. 

  • Mencegah Anda kehilangan data 

Ketika data center dimatikan secara mendadak atau tidak sesuai prosedur yang dianjurkan, sistem Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk menyimpan data. Akibatnya, data Anda pun bisa hilang ketika data center mengalami downtime

  • Meningkatkan kinerja bisnis Anda

Manfaat lain dari membangun sistem UPS yang andal untuk data center adalah meningkatkan kinerja bisnis Anda. Tentunya, ketika peralatan pada pusat data mati, produktivitas dan transaksi bisnis Anda juga ikut terhenti. Pun, tidak hanya menurunkan efisiensi kerja Anda, hal itu juga dapat memicu kerugian materiil yang tidak sedikit. 

  • Memelihara perangkat pendukung data center agar tidak mudah rusak 

Lonjakan daya atau pemutusan aliran listrik secara tiba-tiba dapat merusak peralatan elektronik Anda. Terlebih lagi, peralatan pendukung data center tergolong perangkat elektronik yang sangat sensitif terhadap masalah daya sehingga harus selalu dialiri listrik yang konstan dan stabil. Untuk itu, Anda membutuhkan sistem UPS yang baik untuk memastikan aliran daya ke perangkat tetap lancar dan mampu menyediakan backup energi selama Anda mencoba menyalakan genset.

  • Membantu menyediakan distribusi daya yang merata 

Listrik dari stop kontak tidak selalu mengalir dengan kecepatan yang konsisten. Dalam praktiknya, fluktuasi daya yang kecil memang tidak akan mengganggu kerja peralatan komputer. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, hal itu bisa merusak perangkat elektronik Anda. Pada kasus ini, UPS akan membantu Anda untuk mendistribusikan daya secara merata ke semua perangkat yang dihubungkan dengannya. Dengan demikian, risiko kerusakan pada peralatan elektronik dapat diminimalisir. 

Keunggulan UPS Liebert EXS Series Dibandingkan UPS Konvensional

Untuk itu, saatnya beralih ke produk UPS yang terbukti dapat melindungi pusat data Anda. Kalaupun saat ini Anda sudah memiliki perangkat catu daya, pertimbangkan untuk menggantinya dengan UPS Liebert EXS seri terbaru yang memiliki teknologi lebih mutakhir.  

  • Menawarkan desain yang lebih compact 

Dibandingkan UPS konvensional, desain Liebert EXS dibuat lebih compact sehingga lebih hemat ruang. Bagi yang ingin membangun sistem modular UPS paralel, Anda pun bisa menghubungkan sampai 4 unit sekaligus. Selain itu, perangkat catu daya ini juga telah dibekali unit pengisi daya hingga kapasitas 25A. 

  • Memiliki TCO yang jauh lebih rendah dibandingkan UPS model lama

Alasan lain untuk segera mengganti UPS konvensional Anda dengan Liebert EXS adalah karena seri ini menawarkan TCO terendah di kelasnya. Jika mengaktifkan fitur Eco mode, Anda bisa memperoleh efisiensi hingga lebih dari 99,9%. Namun, tanpa memakai fitur Eco mode, tingkat efisiensi untuk UPS ini sudah mencapai di atas 95%. 

  • Lebih terintegrasi dan berfitur lengkap

Untuk membangun sistem backup daya yang lebih andal bagi data center, Anda butuh UPS yang mudah diintegrasikan. UPS Liebert EXS Series pun menawarkan kemudahan untuk membangun sistem catu daya yang lebih terintegrasi. Perangkat ini telah dilengkapi dengan full galvanic isolation yang terintegrasi dan integrated breakers and maintenance bypass.

  • Proses monitoring-nya lebih mudah

Jika dibandingkan UPS model lawas, Liebert EXS Series menawarkan proses monitoring yang lebih simpel. Hal ini karena perangkat UPS Liebert EXS memiliki intellislot extender opsional untuk varian 10 kVA hingga 20 kVa. Tidak hanya itu, dry contacts untuk perangkat UPS ini juga mudah diprogram ulang.

  • Proses perbaikannya lebih mudah dibandingkan UPS model lama

Perbaikan dan penggantian part pada UPS ini lebih mudah dibandingkan pada perangkat dengan model konvensional. Hal ini karena seri UPS Liebert EXS meletakkan kontrol dan perangkat dayanya pada satu sub-rakitan. Dengan demikian, proses perbaikan perangkat bisa memakan waktu yang lebih singkat. Hal itu tentunya juga membuat proses pengembalian fungsionalitas penuh pada sistem UPS bisa dilakukan secara cepat. 

  • Aman dan mudah dipindahkan ke mana saja

Keunggulan lain dari UPS Liebert EXS series adalah perangkat ini mudah diatur dan dipindahkan ke mana saja. Perangkat catu daya ini sudah dipasangi roda casters yang membuatnya jadi lebih mudah digeser saat dipindahkan. Selain itu, pada bagian rak UPS, Anda juga akan menemukan mechanical stopper yang berguna untuk memastikan baterai tetap pada posisinya ketika perangkat dipindahkan.

Memiliki berbagai keunggulan yang bisa dimanfaatkan untuk melindungi data center secara optimal, jangan ragu untuk beralih ke UPS Liebert EXS series. Namun, jika masih bingung mencari penyedia solusi Liebert Vertiv resmi di Indonesia, segera hubungi NPS Pemuda Berdikarisma. Sebagai partner resmi Liebert Vertiv, perusahaan kami siap membantu Anda untuk membangun sumber manajemen daya yang andal untuk data center.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request
Live Chat