Tekan Biaya, Lakukan 3 Langkah Awal Menyederhanakan Data Center Berikut Ini!

Keberadaan data center (pusat data) memberikan banyak sekali manfaat dalam penyimpanan dan konfigurasi data. Namun demikian, di sisi lain hal ini juga menimbulkan berbagai permasalahan. Salah satunya ketika jumlah data kian bertambah. 

Maka dari itu, diperlukan upaya untuk menyederhanakan data center guna mengurangi beban yang harus ditanggung. Jika tidak, keberadaan data center tidak akan lagi optimal. Bahkan, bukan tidak mungkin jika hal ini akan memicu berbagai permasalahan, seperti kerusakan data, terjadinya keterlambatan dalam pemrosesan data, dan sebagainya.

Untuk itu, penyederhanaan data center perlu segera dilakukan. Berikut beberapa langkah awalnya!

Beralih ke Cloud

Penyederhanaan data center yang pertama bisa dilakukan dengan beralih dari media penyimpanan fisik dalam data center ke penyimpanan berbasis Cloud. Oleh sebab itu, diperlukan kerja sama dengan pihak ketiga untuk mengurus segala sesuatunya.

Pemilihan Cloud sebagai alternatif penyimpanan data dapat memberikan berbagai keuntungan. Salah satunya berkaitan dengan penekanan biaya operasional dan pemeliharaan.

Sebenarnya, permasalahan terkait peningkatan jumlah data pada data center tidak selalu harus diatasi dengan proses menyederhanakan data center tersebut. Namun, ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan. 

Salah satunya dengan penambahan kapasitas, termasuk menambah atau memperbarui perangkat keras pada data center. Namun, hal ini tentunya membutuhkan anggaran biaya yang tidak sedikit.

Nah, keberadaan Cloud menjadi alternatif untuk penyimpanan dan pengelolaan data dengan budget yang lebih rendah. Melalui hal ini, kapasitas data center pun kembali longgar, sehingga tidak perlu melakukan pembaruan perangkat.

Manfaatkan Edge Data Center

Selain beralih ke media penyimpanan berbasis Cloud, proses untuk menyederhanakan data center juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan Edge Data Center. Sistem ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari data center secara umum, tetapi pada sisi tertentu bisa memberikan manfaat yang jauh lebih baik.

Sederhananya, Edge Data Center adalah versi kecil dari data center. Namun demikian, keberadaan sistem ini berada lebih dekat dengan komputer pemroses data, sehingga latency kian rendah dan proses transfer data menjadi lebih cepat.

Selain itu, penggunaan Edge Data Center juga memberikan keuntungan lain, seperti hemat biaya operasional dan risiko kebocoran data serta kegagalan sistem rendah. Oleh sebab itu, pemilihan Edge Data Center sebagai langkah awal penyederhanaan data center perlu dipertimbangkan.

Gunakan Micro Data Center

Untuk menghindari masalah akibat besarnya energi yang dipakai pada data center, penggunaan Micro Data Center bisa menjadi solusi. Untuk sebuah perusahaan, misalnya, data-data yang ada bisa dibagi sesuai dengan kriterianya, kemudian ditempatkan pada beberapa media penyimpanan Micro Data Center.

Melalui hal tersebut, penggunaan energi—seperti sumber daya listrik—akan lebih rendah, karena data yang diproses hanya sedikit demi sedikit. Hal ini tentunya menjadikan Micro Data Center semakin ramah lingkungan.

Demikian halnya dengan data center yang terhubung jaringan internet. Keberadaan Micro Data Center menjadi data center pada setiap wilayah, sehingga hanya berperan menyimpan dan mengonfigurasi data-data dalam satu wilayah tersebut. Hal ini tentu turut menyederhanakan data center agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Demikian beberapa langkah awal untuk penyederhanaan data center. Semua ini tentunya hanya dapat berjalan dengan lancar jika ada kerja sama di antara berbagai pihak. Untuk hasil yang lebih baik dengan biaya terjangkau, percayakan kebutuhan layanan data center ke PT. NPS Pemuda Berdikarisma.

Data Center Service, Design & Engineering Expert