Bagaimana Sistem Daya Terintegrasi Mendukung Industri Data Center

Data center sekarang ini telah menjadi sesuatu yang amat dibutuhkan di berbagai lini, bahkan disebut sebagai tulang punggung ekonomi digital oleh IFG Progress Weekly Digest pada salah satu jurnal yang diterbitkannya. Negara kita dianggap pasar yang sangat menjanjikan untuk industri data center.

Mari kita ulas lebih dalam mengenai hal tersebut, termasuk bagaimana sistem daya terintegrasi dapat mendukung industri data center.

Apa itu Data Center

Data center memegang peranan penting bagi sebuah usaha atau bisnis, apalagi untuk perusahaan berbasis online. Tugas utama pusat data adalah mengelola, menyimpan, dan mendistribusikan data. Pusat data dibangun dari serangkaian elemen teknis yang memang untuk pembangunannya membutuhkan biaya tidak sedikit. 

Untuk dapat membuat pusat data yang sesuai standar internasional terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Kualitas jaringan

Hendaknya menyiapkan perangkat yang dapat meningkatkan kualitas jaringan karena pusat data di Indonesia koneksinya masih perlu ditunjang jaringan berkecepatan tinggi.

  • Ruang penyimpanan

Pastikan ruang penyimpanan benar-benar memadai sehingga dapat meminimalkan risiko-risiko negatif.

  • Sistem keamanan

Sistem keamanan yang mumpuni wajib dimiliki oleh setiap pusat data.  

  • Fasilitas recovery

Risiko-risiko tidak terduga perlu diantisipasi dengan fasilitas recovery yang dapat diandalkan. Untuk lebih aman, diperlukan sistem recovery yang terintegrasi dan up to date. 

Mengingat besarnya bujet yang harus disiapkan, tidak sedikit perusahaan yang memutuskan untuk tidak membangun pusat data sendiri. Alih-alih menyewa cloud, umumnya mereka lebih memilih memanfaatkan layanan collocation data center.

Industri Data Center

Situasi pandemi telah membawa banyak perubahan dan kebiasaan-kebiasaan baru di masyarakat, misalnya penerapan kerja dari rumah dan belanja secara daring. Pembatasan aktivitas fisik membuat perusahaan mau tidak mau harus bertransformasi digital. Itulah salah satu faktor yang menstimulasi tumbuh suburnya industri data center.

Tidak salah jika Indonesia dinilai sebagai pasar potensial bagi industri data center. Sekitar 70 persen penduduk Indonesia adalah pengguna internet aktif. Diketahui selama beberapa tahun terakhir pemakaian internet meningkat, volume transaksi elektronik melonjak, perusahaan start up pun semakin marak. Menurut prediksi, hingga tahun 2025 mendatang akan ada 7 jutaan pusat data mikro baru.     

Sistem Daya Terintegrasi

Pusat data harus mendapatkan pasokan daya listrik tanpa terputus selama 24 jam. Down time berpotensi menyebabkan kerusakan pada perangkat dan sangat berisiko bagi keamanan data. Infrastruktur data center yang terintegrasi memastikan sistem tetap bekerja meski aliran listrik dari sumber daya utama terputus.

Infrastruktur tersebut terdiri dari komputer server, UPS, sistem baterai, generator, sistem pendingin, sistem perkabelan yang terstruktur, sistem pencegah kebakaran, dan raised floor system.

UPS merupakan komponen penting yang menjaga pasokan daya listrik ke pusat data tetap stabil. UPS berfungsi menyuplai energi selama peralihan dari sumber daya utama ke sumber daya cadangan atau generator. UPS berperan signifikan pada kinerja pusat data. Meski begitu, penggunaan UPS masih saja kerap diabaikan.  

Kontraktor Data Center Indonesia Terpercaya

PT. NPS Pemuda Berdikarisma didirikan oleh para profesional yang telah sangat berpengalaman di bidang teknologi informasi, sehingga menjadi pilihan tepat untuk Anda mewujudkan pembangunan pusat data seperti yang diinginkan. Seluruh infrastruktur terbaik lengkap tersedia, termasuk sistem daya terintegrasi. Jadi, tidak usah jauh-jauh mencari kontraktor data center dari luar negeri untuk membangun pusat data berstandar internasional. 

Proses pembangunan data center akan dimulai dengan assessments untuk memastikan kapasitas perangkat yang akan ditawarkan memang sesuai dengan kebutuhan. Proses selanjutnya adalah submit proposal yang akan menginformasikan mengenai layanan dan biayanya. NPS berkomitmen menyediakan layanan terpadu yang bisa menjadi solusi bagi kemajuan bisnis Anda.

Data Center Services