Grid Interactive UPS: Tantangan dan Prospek yang Menyenangkan

Tidak bisa dimungkiri jika industri data center memiliki peran yang besar dalam memenuhi banyaknya permintaan energi di dunia. Hal ini pun menimbulkan dorongan untuk sumber energi yang dapat diperbaharui, ringan biaya, bahkan sampai menghasilkan income. Adanya inovasi pada baterai dan sistem uninterruptible power supply (UPS), seperti grid interactive UPS, dapat memenuhi kebutuhan energi yang berkelanjutan dan costeffective.

Prospek dari Grid Interactive UPS

Sistem UPS sangat diandalkan oleh data center sebagai sumber daya cadangan. Lebih lanjut, sebagian besar energi yang tersimpan pada baterai UPS umumnya tidak terpakai menyeluruh sehingga menjadikannya sebuah potensi dalam pengurangan biaya listrik, bahkan menghasilkan pendapatan. 

Pemanfaatan grid interactive UPS mampu menjadikan manajemen energi sebagai hal yang memungkinkan dan mudah diakses dengan luas. Teknologi ini bekerja dengan UPS yang mengakumulasi energi melalui sistem penyimpanan baterai kemudian melepaskannya saat energi itu diperlukan. Pemanfaatannya tidak mengganggu kemampuan perlindungan beban yang dimiliki oleh sistem UPS.

Bagaimana Cara Memilih Teknologi UPS yang Tepat?

Supaya optimal, teknologi UPS harus dipilih dengan tepat agar bisa memenuhi kebutuhan bisnis. Untuk menentukan apakah teknologinya efektif, pengguna wajib memastikan jika grid interactive UPS mampu mempertahankan daya kerja baterai dengan cukup sehingga bisa melakukan transfer ke generator dengan normal apabila terjadi kegagalan utilitas. Tidak hanya itu, teknologinya juga harus mampu memberi daya pada layanan tambahan.

UPS akan mendapatkan perintah untuk mengikuti permintaan regulasi yang positif dan negatif saat pengontrol eksternal mendeteksi variasi frekuensi pada grid. Cara mengikuti permintaannya dengan melakukan pengisian dan pengosongan baterai sesuai dengan batas operasionalnya. Dengan bekerja dalam berbagai mode, UPS mampu mengontrol daya input sehingga layanan dan target tertentu dapat dicapai.

Manfaatnya sebagai Potensi Pendapatan

Teknologi grid interactive UPS dianggap mampu mengikis biaya pengeluaran dan menambah pendapatan. Akan tetapi, bagaimana hal itu sebenarnya terjadi? Untuk lebih jelas, lihat penjelasan berikut ini.

Pengguna energi pribadi atau bisnis dapat memanfaatkan teknologi UPS yang interaktif ini sebagai lahan pendapatan dengan mengomersialkan energi yang telah disimpan. Hal tersebut juga dapat menekan biaya pengeluaran untuk energi secara menyeluruh.

Cara melakukannya adalah dengan menggunakan layanan penyeimbangan atau balancing services. Layanan ini membantu agar permintaan (demand) terpenuhi oleh pasokan jaringan (grid supply) lewat penargetan manajemen permintaan dan respons frekuensi yang cepat.

Manajemen permintaan (demand management) adalah jenis pendekatan dalam penyeimbangan dengan maksud mengurangi ketergantungan pada jaringan (grid) saat biaya energi tinggi atau terjadinya kelangkaan daya. 

Perusahaan kemudian memperoleh pendapatan dengan menawarkan program layanan manajemen permintaan. Pendapatannya berupa pembayaran keuangan berkala berdasarkan ukuran kontrak pada tawaran layanan tersebut. 

Contoh programnya adalah program berbasis harga dan program berbasis insentif. Program grid interactive UPSberbasis harga memungkinkan konsumen untuk menyesuaikan konsumsi energi mereka dengan perubahan pada harga pasar listrik, sedangkan pada program berbasis insentif pendapatannya diperoleh dari kontrak yang membayar konsumen untuk mengurangi atau mengalihkan penggunaan energi mereka.

Tantangan yang Muncul

Sebagai teknologi yang relatif masih baru, butuh waktu bagi grid interactive UPS untuk diadopsi secara umum. Pelanggan mungkin masih memiliki keraguan untuk menerapkan perubahan yang besar pada teknologi UPS yang selama ini diandalkan untuk melindungi sistem penting mereka.

Kekhawatiran lain yang kian muncul adalah pengaruh teknologi tersebut terhadap ketahanan UPS. Mereka ragu apakah teknologi ini justru membuat baterai lebih cepat menua dan menurunkan daya tahannya. 

Apakah Tantangan Itu Dapat Dihadapi?

Pada kenyataannya, kekhawatiran itu tidak berdasar sama sekali. Sistem UPS yang terkemuka sudah dilengkapi dengan diagnostik yang canggih, fitur pengoptimalan, serta baterai penyimpanan litium ion untuk memperpanjang usia baterai dan mengontrol faktor degradasi kritis. Saat kondisi pengoperasian berisiko, sistem kontrol pada UPS pun dapat keluar dari mode Dynamic Grid Support.

Meskipun masih berada di tahap awal, kehadiran teknologi ini mampu menjadi alat yang penting dalam upaya industri data center dalam mengelola emisi karbon dan konsumsi energi. Sebagai distributor UPS Vertiv di Indonesia, PT. NPS Pemuda Berdikarisma memberikan Anda kemudahan dalam mengenali teknologi UPS tersebut lewat produk yang ditawarkan Vertiv.

Vertiv dapat membantu operator dalam mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan dengan menyediakan aset cerdas, seperti UPS yang memiliki kemampuan pencadangan jaringan (grid backup capabilities).  Solusi terintegrasi penuh ( dengan penyimpanan energi dan pengontrol eksternal) ikut ditawarkan Vertiv kepada aggregator atau penyedia layanan energi dan end user

Data Center Services