Pentingnya Data Center di Masa Otomasi dan Kecerdasan Buatan

Pada masa di mana teknologi berkembang makin pesat, satu hal yang sangat diperlukan adalah data center. Segala hal kini bergantung pada data, mulai dari pekerjaan, aktualisasi diri, pembelanjaan, sekolah, hiburan, hingga yang paling krusial, data diri dari setiap manusia yang hidup bermasyarakat.

Perkembangan data center tidak dapat dilepaskan dari aspek ICT lainnya seperti misalnya cloud, IoT, big data, jaringan, hingga kecerdasan buatan dan otomasi. Lantas, seberapa penting data center bagi perkembangan setiap teknologi tersebut dan bagaimana semuanya berkorelasi untuk menciptakan peradaban yang semakin maju, terintegrasi, dan nyaman? Simak pentingnya data center

Pengaturan Jadwal Sehari-Hari dengan Otomasi Data Center

Sebagai contoh, Anda akan menggunakan asisten untuk mengatur beberapa kegiatan yang perlu dilakukan setiap hari. Perusahaan pun pastinya membutuhkan jasa asisten pribadi untuk melakukannya. Namun, menggunakan jasa asisten pribadi sepenuhnya tentu akan mengurangi efisiensi perusahaan. Maka, kolaborasi antara manusia dan otomasi data center menjadi solusi yang tepat.

Otomasi data center pada perusahaan akan memberikan efisiensi terhadap keuangan perusahaan sekaligus memastikan semuanya berjalan lancar, terutama pada critical tasks yang membutuhkan lebih dari ketelitian manusia.

Dalam perusahaan, otomasi data center di dalam software akan membantu proses scheduling, penyimpanan data karyawan, penyimpanan dokumen penting perusahaan, integrasi dokumen, hingga membantu proses pengiriman. Data center berlaku seperti asisten pribadi yang tentu jauh lebih cermat ketimbang manusia, dan dapat menjadi asisten yang mampu memajukan perusahaan saat dikolaborasikan dengan kinerja manusia.

Kinerja yang Lebih Efisien dan Manusiawi dengan Data Center

Kerap ada wacana mengenai bagaimana robot dan kecerdasan buatan akan menggantikan manusia pada masa depan. Menengok pada perkembangan teknologi, terutama dalam bidang kecerdasan buatan, bukan tak mungkin hal tersebut akan terjadi. Bahkan, sudah ada banyak pekerjaan yang dikerjakan oleh mesin atau oleh kecerdasan buatan.

Namun, jika kita melihat dengan perspektif yang lebih positif, adanya otomasi dan kecerdasan buatan justru akan membuat pekerjaan manusia menjadi lebih efisien dan lebih manusiawi. Kecerdasan buatan dan otomasi pada data center dapat mengurangi lembur, kelelahan, dan pekerjaan yang dirasa kurang manusiawi.

Anda dapat melihatnya lewat contoh migrasi data ke cloud. Melakukannya dengan tenaga manusia tidak hanya membutuhkan waktu yang lama, tetapi juga kurang manusiawi dan cenderung menciptakan budaya yang overworked. Dengan proses otomisasi dan kecerdasan buatan, migrasi data menuju ke cloud misalnya, dapat berjalan dengan lebih lancar, cepat, tanpa menyebabkan kelelahan berlebihan kepada pekerja.

Otomasi Data Center, Solusi untuk Data Berskala Besar

Dengan hampir semua hal terkoneksi dan juga berada di dalam Internet, semakin banyak solusi penyimpanan data berskala besar atau hyperscale seperti misalnya Google Drive, Cloud, Dropbox, serta solusi awan lainnya.  Media lain seperti platform video on demand, layanan gim, hingga streaming pun menggunakan penyimpanan dalam awan.

Semakin besar dan berkembang pengguna, maka penyimpanan-penyimpanan ini akan membutuhkan otomisasi untuk integrasi. Otomisasi berguna untuk bisa menyimpan data dengan rapi, mempermudah pencarian, memberikan kenyamanan akses pada pengguna, serta memastikan semua data aman dan tidak hilang.

Data Center untuk Solusi Keamanan dan Kenyamanan Fisik

Beberapa gedung, mulai dari gedung pusat perbelanjaan hingga perkantoran, menggunakan kecerdasan buatan dan otomasi untuk meningkatkan level kenyamanan dan keamanan. Kecerdasan buatan dan otomasi misalnya, terdapat pada sistem keamanan gedung dan pengendalian fasilitas seperti lift, pendingin, thermal, dan masih banyak lagi.

Penyimpanan dan integrasi data di dalam gedung yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan sistem otomasi memberikan keamanan 24 jam serta memastikan kenyamanan siapa saja yang berada di dalamnya.

Kecerdasan Buatan dan Otomasi, Sebuah Peluang Baru

Alih-alih memandang kecerdasan buatan dan otomasi sebagai kompetitor manusia dalam bidang pekerjaan, dengan adanya data center, keduanya justru menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dalam proses ini, dibutuhkan ahli dan administrator data center.

Keduanya bekerja untuk mengontrol data center, melakukan pemeriksaan/quality control, serta menganalisis data center itu sendiri. Tentu perusahaan membutuhkan training khusus agar dapat melatih analis dan administrator data center agar semakin mumpuni dalam pekerjaannya.

Data center adalah hal yang kompleks, tetapi merupakan sebuah jawaban tepat pada era otomasi dan kecerdasan buatan. Ia dapat menciptakan sistem yang mampu memaksimalkan kinerja perusahaan sehingga lebih efisien. Dengan solusi data center yang tepat, Anda dapat menciptakan system integration yang lebih rapi dan sistematis di dalam perusahaan, meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi dalam segala bidang, mulai dari quality control, finance, management, hingga pemasaran.

Untuk solusi data center terbaik, Anda dapat mengandalkan PT. NPS Pemuda Berdikarisma, sebuah perusahaan konsultan dan kontraktor data center di Indonesia yang sudah berpengalaman menangani berbagai klien sejak 2016. PT. NPS Pemuda Berdikarisma juga merupakan penyedia Solusi & Service Resmi Vertiv Liebert di Indonesia yang telah diakui di seluruh dunia dalam kiprahnya pada bidang critical infrastructure and solutions. 

Perubahan adalah sebuah keniscayaan. Namun, dengan solusi data center dari PT. NPS Pemuda Berdikarisma, masa depan akan lebih mudah untuk dihadapi, begitu pula berbagai tantangan bisnis yang akan dilalui oleh perusahaan Anda.

Data Center Services