Tips Menjaga Layanan Teknisi Tetap Aman Sambil Menjaga Data Center Tetap Berjalan

Saat pandemi, dunia mengalami perubahan besar-besaran, terutama dalam hal pemanfaatan teknologi informasi. Situasi bekerja secara tatap muka di kantor, mendadak harus diadaptasikan menjadi work from home atau bekerja dari rumah. Hal ini tentu membutuhkan adaptasi, bukan hanya dari sisi manusianya, tetapi juga dari sisi teknologi yang harus mendukung situasi kerja baru tersebut.

Sistem IT yang sebelumnya belum tentu dirancang untuk bisa digunakan secara jarak jauh. Oleh karena itu, kondisi new normal perlu diadaptasikan, terutama bagi pengelola IT yang harus menyediakan sistem yang mampu mendukung situasi kerja jarak jauh dan menyediakan pusat data yang mudah diakses dari mana saja. Teknologi dan konektivitas sangat dibutuhkan untuk menjamin produktivitas pegawai tetap optimal, sama seperti saat belum terjadi pandemi. 

Ketersediaan jaringan internet yang andal,  Data Center dan pemeliharaan jaringan merupakan hal yang krusial dan esensial karena kegagalan ketiganya dapat melumpuhkan kerja di era sekarang ini. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya pengawasan data di pusat hingga tepi.

Berikut beberapa tips menjaga  layanan teknis tetap aman sambil menjaga Data Center tetap berjalan:

  1. Pisahkan Tugas Penting dan Tidak Penting

Anda perlu memisahkan bagian yang penting dan bagian yang tidak penting. Semua hal yang berkaitan dengan peningkatan kinerja aplikasi yang penting dan keandalan infrastruktur yang krusial merupakan bagian yang penting. Anda harus memprioritaskan bagian ini, mulai dari respons tanggap darurat, perbaikan, dan layanan pemeliharaan. 

Memisahkan bagian atau tugas yang penting dan tidak penting dapat membantu menentukan tugas mana yang harus Anda prioritaskan terlebih dulu. Tugas yang penting harus segera ditangani, sementara tugas yang tidak begitu penting dapat ditunda untuk beberapa saat.

  1. Tetapkan Persyaratan Keamanan Situs

Untuk menjamin situs dan pusat data aman serta beroperasi secara optimal, Anda perlu menerapkan persyaratan tertentu. Salah satunya tentang keamanan akses situs.

Selain hal teknis yang berkaitan dengan situs dan jaringan, personel pelaksana juga harus menjaga kesehatan mereka. Apalagi di saat pandemi berlangsung, semua orang diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak untuk mengurangi risiko terpapar oleh virus Covid 19.  

Syarat yang bisa Anda coba terapkan untuk menjamin kesehatan para personel yang terlibat dalam pemeliharaan pusat data, antara lain: melakukan pengecekan suhu rutin para pegawai, pengisian formulir yang menyatakan bahwa mereka tidak terpapar virus atau baru saja melakukan perjalanan dari lokasi yang berisiko, serta melakukan pembersihan ruangan setiap hari.

  1. Berdayakan Tim Lapangan untuk Menjamin Keselamatan

Tim lapangan perlu dibentuk untuk mengetahui kondisi nyata di lapangan dan mengobservasi kesulitan yang mungkin dihadapi. Jika tim layanan teknis menemukan lokasi pelanggan yang tidak memenuhi persyaratan keamanan dan keselamatan yang telah ditentukan, tim lapangan dapat menolak atau menghentikan pekerjaan kapan saja.

  1. Menjaga Tim Teknis Aman dengan Pembatasan Perjalanan Dinas

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga tim teknis aman selama masa pandemi adalah melakukan pembatasan perjalanan dinas, terutama yang menggunakan transportasi umum. Hal ini dapat mencegah terjadinya penularan virus kepada tim teknis maupun kepada pelanggan.

  1. Menerapkan Pedoman Karantina Mandiri yang Ketat

Teknisi servis harus sering melakukan pengecekan suhu mandiri,  dan melakukan karantina sendiri jika mengalami demam. Mereka juga harus melakukan karantina mandiri jika mengalami kondisi yang dianggap berpotensi menimbulkan penularan dan penyebaran virus Covid 19.

  1. Meningkatkan Kewaspadaan untuk Melindungi Diri Sendiri dan Orang Lain

Mengimbau karyawan untuk meningkatkan kewaspadaan diri mereka terhadap Covid19 dan melakukan upaya pencegahan. Beberapa hal yang bisa dilakukan karyawan untuk meningkatkan kewaspadaan dirinya antara lain rajin melakukan cuci tangan, menjaga etika saat batuk, menjaga jarak dengan orang lain, menjauhi kerumunan, serta menghindari berjabat tangan. 

  1. Memanfaatkan Layanan Jarak Jauh

Memanfaatkan layanan jarak jauh seperti teleconference dapat membantu mengurangi risiko terpapar Covid19. 

Ketentuan bekerja dari rumah dan pembatasan sosial membuat IT yang andal dan konektivitas yang mumpuni menjadi hal yang sangat penting. Kunjungan servis menjadi salah satu hal tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai upaya agar layanan teknis seperti servis tetap berjalan lancar sementara pusat data juga tetap berjalan.

Apakah Anda tertarik untuk menjaga pusat data dengan lebih baik dan efisien? Kini PT. NPS Muda Berdikakarisma selaku service center Vertiv Liebert di Indonesia siap membantu Anda dalam mengelola pusat data dan memberikan layanan servis yang aman dan nyaman untuk para pelanggan.

Data Center Services