Mengulas VLAN Untuk Meningkatkan Kinerja Jaringan Anda

Virtual Local Area Network (VLAN) merupakan jaringan komputer yang digunakan di berbagai bidang, mulai dari sekolah, perkantoran, perumahan, hingga perindustrian. Meskipun digunakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, tidak semua orang paham mengenai fungsi VLAN layaknya admin jaringan dan penyedia layanan fiber optic di Indonesia

Pada dasarnya, kehadiran VLAN mampu menghindari keterbatasan fisik Local Area Network (LAN). Hal ini memungkinkan perusahaan maupun organisasi melakukan segmentasi jaringan untuk mengurangi latensi dan meningkatkan keamanan. VLAN juga memudahkan pelaksanaan manajemen kontrol terhadap lalu lintas traffic data. Dibandingkan LAN, VLAN lebih cepat ketika membutuhkan relokasi dan memiliki fleksibilitas tinggi.

Pengertian VLAN

VLAN adalah sekumpulan perangkat yang berada di satu atau lebih jaringan Local Area Network. Agar dapat digunakan untuk berkomunikasi, perangkat ini harus dikonfigurasikan. Sebenarnya, VLAN adalah jaringan yang terdapat di dalam LAN. Namun, VLAN seolah memiliki saluran yang sama dengan LAN. Umumnya, konfigurasi VLAN dilakukan oleh software sehingga Anda tidak perlu mengatur ulang jaringan ketika memindahkan perangkat.

Jenis VLAN

Berdasarkan fungsinya, jaringan VLAN terbagi menjadi lima jenis, yakni:

  • VLAN Default

Jenis ini merupakan VLAN yang sudah ada setelah switch diaktifkan. Secara otomatis, jaringan ini dinamakan VLAN1. VLAN default tidak dapat diubah dan dinonaktifkan. 

  • VLAN Suara

VLAN Suara merupakan jaringan yang telah mendukung layanan VoIP. VLAN jenis ini dirancang khusus untuk menunjang kegiatan yang berkaitan dengan komunikasi berbasis suara. Melakukan pengaturan lalu lintas data terpisah dari VLAN lain menjadi salah satu keunggulan VLAN suara.

  • VLAN Data

VLAN ini biasa digunakan untuk membagi semua jaringan menjadi dua bagian atau kelompik. VLAN data berfungsi mengatur lalu lintas data di dalam jaringan VLAN atau dibuat pengguna. 

  • VLAN Asli

Sesuai namanya, VLAN jenis ini merupakan jaringan yang dikembalikan ke port apabila tidak memiliki tag. Berbeda dengan VLAN default, VLAN asli dapat diubah dan dinonaktifkan. Meskipun demikian, VLAN asli tidak otomatis ditandai ketika diterima di port trunk.

  • VLAN Management 

VLAN jenis ini merupakan sistem jaringan yang dikonfigurasikan untuk memenuhi kebutuhan saklar management. VLAN management dapat digunakan untuk mengatur switch manajemen bandwidth, dalam pengawasan, dan pencatatan sistem.

 

Fungsi dan Manfaat VLAN

VLAN berfungsi mengakomodasi konfigurasi jaringan komputer fisik ke dalam sejumlah domain siaran. Meskipun domain siaran berbeda, jalur yang dihasilkan VLAN bisa melalui perangkat penghubung yang sama. Biasanya penyedia layanan fiber optic di Indonesia mengkonfigurasi VLAN dengan cisco atau mikrotik. Teknologi VLAN memungkinkan sejumlah LAN virtual saling berdampingan di jaringan LAN fisik. Caranya dengan menggunakan switch pada pengaturan LAN biasa. 

VLAN memiliki sejumlah manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan Keamanan

Konsep VLAN hampir sama dengan LAN konvensional, bedanya jaringan yang digunakan sudah bersifat nirkabel sehingga dapat diakses kapan pun dan dari mana pun. VLAN dapat membatasi akses ke data sensitif yang wajib dijaga. Hal ini mampu meningkatkan keamanan sekaligus mengurangi risiko penyalahgunaan akses orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Menghemat Biaya

VLAN menawarkan fasilitas dan fitur LAN tanpa harus menyiapkan kabel dan router. Selain praktis, hal ini efektif menghemat biaya yang dikeluarkan setiap kali membeli perangkat baru. 

  • Cukup Melakukan Sekali Pengaturan

Kendati berpindah perangkat komputer, Anda tak perlu repot melakukan pengaturan ulang layaknya jaringan LAN. Pasalnya, VLAN memastikan komputer tetap terhubung dengan jaringan, kapan pun dan di mana pun.  

  • Meningkatkan Kinerja

VLAN dapat memisahkan jaringan nonesensial dengan jaringan penting sehingga performan makin optimal dan mengurangi beban lalu lintas data.  

  • Memudahkan Administrasi

VLAN berguna untuk menyederhanakan proses administrasi. Adanya jaringan VLAN memungkinkan seluruh komputer terkoneksi serta menjangkau server dari lokasi lain.

Demikianlah ulasan singkat mengenai VLAN yang perlu Anda ketahui dan pahami. Bagi Anda yang membutuhkan penyedia layanan fiber optic di Indonesia yang andal, tepercaya, dan profesional, jangan ragu memilih NPS Pemuda. NPS Pemuda menyediakan layanan TI lengkap dengan jaminan kualitas dan harga bersaing. Hadir di 15 kota besar, NPS Pemuda didukung tenaga profesional yang ahli di bidangnya. Tunggu apa lagi? Ayo, hubungi NPS Pemuda sekarang juga!

Data Center Service, Design & Engineering Expert