Share on facebook
Share on twitter
Share on email

Bagaimana Membangun Sebuah Data Center dengan Standar Internasional

Melek teknologi merupakan syarat wajib yang harus dimiliki suatu perusahaan di era digital seperti saat ini. Sebab seiring dengan perkembangan teknologi, persaingan bisnis juga ikut terpengaruh. Inilah mengapa diperlukan infrastruktur teknologi informasi yang kuat sebagai landasan utama sebuah perusahaan.

Mengingat perkembangan industri semakin pesat, salah satu infrastruktur yang perlu diperhatikan adalah tempat penyimpanan data. Karena itulah diperlukan infrastruktur data center memadai lengkap dengan sistem keamanan yang mumpuni.

Apa Pentingnya Memiliki Data center?

Apa Pentingnya Memiliki Data center

Apa Pentingnya Memiliki Data center? – Sumber Gambar: pickpik.com

Saat ini hampir semua perusahaan di Indonesia berbasis online atau memanfaatkan jaringan internet untuk menjalankan sebagian besar kegiatan bisnis. Hal ini tentu saja membuat data center dibutuhkan untuk mengelola setiap aset dan informasi penting sebuah perusahaan dalam jumlah yang besar.

Agar data yang dikelola aman, dibutuhkan infrastruktur teknologi informasi yang bertugas menyimpan, mengelola, dan mendistribusikan data secara terintegrasi. Inilah tugas utama data center. Jadi apabila ditanya apakah suatu perusahaan perlu memiliki data center, jawabannya tentu saja, sangat perlu.

Jadi jangan heran apabila zaman sekarang, banyak sekali ditemukan data center berstandar internasional di Indonesia termasuk data center yang memiliki solusi Infrastruktur dari Liebert Vertiv Emerson. Liebert Vertiv Emerson sendiri merupakan penyedia piranti infrastruktur data center yang berbasis di Ohio, Amerika Serikat.

Dari segi kualitas, data center yang bekerja sama dengan Vertiv jelas bisa dikategorikan sebagai jasa layanan berstandar internasional. Inilah mengapa membangun data center bukan perkara mudah meskipun hal tersebut merupakan kebutuhan utama suatu perusahaan. Sebab untuk membangun suatu infrastruktur data center yang kuat diperlukan beberapa faktor.

Syarat Membangun Data Center Berstandar Internasional

Syarat Membangun Data Center Berstandar Internasional

Membangun Data Center Berstandar Internasional – Sumber Gambar: pickpik.com

Setiap infrastruktur pasti memiliki pakem serta standar tertentu agar mampu memberikan fasilitas memadai bagi siapa pun yang memanfaatkannya, begitu pula dengan data center. Nah, apabila tertarik membangun sebuah data center berstandar internasional, ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan, yaitu:

  1. Networking Memadai

Dalam hal ini, data center di Indonesia masih memerlukan koneksi yang didukung oleh jaringan berkecepatan tinggi dan berkesinambungan. Inilah mengapa saat membangun, pastikan perangkat untuk meningkatkan kualitas jaringan (networking) telah disiapkan secara matang.

  1. Ruang Penyimpanan

Data yang tersimpan pada fasilitas data center bukan informasi sembarangan. Inilah mengapa dibutuhkan ruangan penyimpanan (storage) memadai agar berbagai risiko negatif dapat diminimalisasi. Untuk mendukung hal ini, dibutuhkan beberapa fasilitas standar internasional seperti, listrik darurat apabila terjadi pemadaman, pengatur suhu, dan sistem backup data berkala.

Komponen-komponen tersebut menentukan layak tidaknya sebuah data center digunakan. Apabila semuanya dapat dipenuhi, Anda dapat menikmati segala fasilitas data center tanpa perlu khawatir lagi dengan kerugian-kerugian yang mungkin terjadi.

  1. Sistem Keamanan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, informasi yang tersimpan pada data center merupakan data penting bagi suatu perusahaan. Jadi jangan heran apabila sistem keamanan mumpuni menjadi salah satu syarat yang wajib dimiliki sebuah data center. Risiko keamanan bagi sebuah data center tidak hanya berupa “serangan” fisik seperti bencana alam, tetapi juga “musuh” virtual seperti, phising, misconfig, malware, brute force, dan lain sebagainya.

Jadi saat membangun, pastikan sistem keamanan jasa pengelola data center memadai bahkan kalau perlu, telah mengantongi sertifikat ISO 27001 dalam hal Information Security Management System agar keamanan senantiasa terjamin.

  1. Memiliki Fasilitas Recovery

Setiap data center berstandar internasional, pasti memiliki fasilitas recovery memadai. Hal ini diperlukan mengingat banyak sekali risiko tidak terduga yang mungkin saja dialami oleh sebuah data center. Salah satu risiko fatal adalah adanya bencana alam.

Apabila sebuah data center tidak memiliki fasilitas recovery memadai, data yang dikelola tentu terancam. Inilah mengapa, saat membangun sebuah data center, diperlukan sistem recovery terintegrasi dan up to date agar data senantiasa aman dan perusahaan tetap bisa berjalan normal.

Perlukah Memiliki Data Center Pribadi?

Perlukah Memiliki Data Center Pribadi

Perlukah Memiliki Data Center Pribadi? – Sumber Gambar: pickpik.com

Membaca penjelasan di atas tentu timbul dalam benak kita, apakah perlu memiliki data center pribadi. Dari syarat yang telah dipaparkan sudah cukup jelas, bahwa biaya untuk menyediakan sebuah data center berstandar internasional bukanlah angka kecil. Jika dihitung, bisa-bisa biayanya mencapai miliaran rupiah.

Jangankan soal biaya. Setiap infrastruktur pasti membutuhkan izin dan fasilitas properti yang memadai seperti harus terbebas dari bencana alam, masalah teknis seperti kebakaran, listrik padam, atau bahkan koneksi Internet putus. Jika perusahaan memiliki modal unlimited, mungkin hal ini bukanlah masalah besar.

Tapi jika tidak, membangun data center justru akan membuat stabilitas keuangan bisnis terganggu. Lalu. Bagaimana caranya agar sebuah perusahaan mampu menghadapi tantangan industri era digital tanpa harus mengeluarkan banyak biaya?

Biasanya, perusahaan yang tidak membangun data center sendiri akan lebih memilih untuk menggunakan layanan data center collocation. Dengan layanan ini, Anda bisa mendapatkan semua fasilitas pusat data yang dikelola oleh tenaga ahli yang bersertifikat.

Inilah mengapa, layanan jasa pengelola data center menjadi pilihan menarik bagi banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Di Indonesia, layanan data center semacam ini bukanlah hal baru.

Apabila tertarik untuk memanfaatkan jasa berstandar internasional demi menekan biaya pengelolaan data, kita tidak perlu repot-repot mencari di luar negeri. Negara kita juga memiliki layanan data center dengan kualitas memadai.

Rekomendasi Layanan Data center Memadai

Rekomendasi Layanan Data center Memadai

Rekomendasi Layanan Data center Memadai – Sumber Gambar: npspemuda.co.id

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih layanan pengelolaan infrastruktur data center dari PT. NPS Muda Berdikarisma. Setidaknya ada 3 alasan, mengapa perusahaan ini merupakan pilihan yang tepat,

  1. Layanan Data center Operation Managed Service merupakan solusi terbaru dalam mengelola data penting bisnis.
  2. Layanan semacam ini cukup proaktif dan kolaboratif sehingga dapat membantu mendorong tujuan bisnis, sementara Anda fokus pada urusan bisnis sehari-hari.
  3. Pengaturan fleksibel yang ditawarkan dapat memastikan bahwa pemberian layanan ini sesuai dengan tujuan bisnis Anda setiap saat sehingga biaya yang harus dikeluarkan tidak terasa sia-sia.
  4. NPS Pemuda Berdikarisma sendiri merupakan perusahaan yang didirikan oleh sekelompok profesional dengan pengalaman memadai di bidang teknologi informasi. Inilah mengapa PT. NPS berkomitmen dalam menyediakan layanan terpadu sehingga dapat menjadi solusi agar iklim bisnis suatu perusahaan senantiasa kompetitif.

Dengan dukungan service point di lebih dari 15 kota serta terdaftar sebagai Authorized Service Partner Liebert Vertiv Emerson, PT NPS Pemuda Berdikarisma menawarkan layanan profesional teknologi informasi yang terintegrasi agar upaya untuk memajukan bisnis tetap berjalan tanpa mengkhawatirkan pengelolaan data perusahaan.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

REQUEST FOR SERVICES

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

Make a Request

Ready to get started? Talk to a consultant and make your requests.

rfs-men
× How can we help you?