Pentingnya Mengadopsi Data Center bagi UMKM di Indonesia

Bertahun-tahun yang lalu, bisnis harus mengelola server fisik di lokasi perusahaan. Sekarang, infrastruktur telah bergeser dari konsep tradisional ke arah virtualisasi. Bisnis tidak lagi harus menyimpan data dan aplikasi perusahaan mereka di satu lokasi maupun satu tempat. Kini, ada banyak cara yang bisa diterapkan perusahaan untuk menyimpan data.

Setiap organisasi, baik besar maupun kecil, perlu memiliki pusat data untuk menyimpan dan mengakses semua data penting perusahaan. Hal ini bisa dilakukan dengan metode collocation, menyewa jasa managed service provider (MSP), atau menggunakan jasa layanan berbasis cloud.

Mengelola server fisik bisa jadi sangat merepotkan bagi usaha kecil. Meski demikian, tidak perlu khawatir karena Anda bisa memanfaatkan kontraktor data center di Indonesia.

Apa Itu Data Center?

Data center adalah ketika fasilitas komputasi dan peralatan jaringan terpusat di suatu lokasi tertentu. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan, menyimpan, memroses, dan membagikan data dalam jumlah besar. Selain itu, data center juga bertanggung jawab atas data backup dan recovery serta networking

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan meningkatkan permintaan akan kecepatan layanan dan transfer data, sudah saatnya UMKM ikut menerapkan data center di pengaturan bisnis mereka.

Berikut ini beberapa alasan bisnis UMKM perlu menerapkan solusi data center.

  1. Hemat biaya

Membangun dan mengelola data center di lokasi perusahaan membutuhkan pengeluaran besar dan sumber daya yang besar pula. UMKM umumnya tidak memiliki sumber daya maupun dana yang dibutuhkan untuk membangun data center sendiri.

Meski demikian, UMKM bisa mendapatkan manfaat pusat data dengan memanfaatkan kontraktor data service Indonesia yang menyediakan layanan penyimpanan dan pengelolaan data. 

  1. Mempertahankan persaingan

Manfaat signifikan penerapan data center adalah meningkatkan sumber daya komputasi dan menghasilkan analisis “big data” seperti yang digunakan perusahaan besar lainnya. Dengan analisis data ini, Anda bisa meningkatkan bisnis ke tingkat persaingan yang sama dengan perusahaan besar. 

  1. Skalabilitas sesuai kebutuhan

Data dihasilkan dengan kecepatan luar biasa. Pada tahun 2020, diperkirakan 1,7 MB data dibuat setiap detik untuk setiap orang di bumi. Oleh karena itu, data bisnis Anda juga akan terus berkembang pesat.

Dengan memanfaatkan layanan data center, skalabilitas tidak lagi menjadi masalah. Pasalnya, Anda bisa meningkatkan kebutuhan penyimpanan maupun pengelolaan data secara bertahap sesuai dengan kebutuhan. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk fasilitas atau layanan yang tidak diperlukan. 

  1. Akses keamanan yang lebih kuat

Keamanan juga menjadi prioritas penting yang tidak boleh dilewatkan oleh bisnis besar maupun kecil. Data merupakan aset yang sangat berharga dan harus dilindungi. Tidak hanya itu saja, faktor hukum dan kepatuhan pengamanan data juga harus diikuti.

Bergeser ke data center dan memanfaatkan penyedia layanan data center akan membantu aspek keamanan bisnis Anda. Karena penyedia layanan ini memang bergelut di bidang keamanan data, mereka tahu betul keamanan seperti apa yang diperlukan bisnis Anda.

Agar lebih memahami soal data center dan layanan seperti apa yang sesuai dengan bisnis Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kontraktor data center Indonesia yang tepercaya seperti PT. NPS Pemuda Berdikarisma. 

PT. NPS Pemuda Berdikarisma adalah Penyedia Layanan Data Center System yang sudah berpengalaman sejak 2016. Perusahaan ini sudah berpengalaman dan bekerja sama dengan berbagai klien dan mitra, mulai dari perusahaan lokal hingga multinasional. Jadi, Anda tidak perlu ragu dengan solusi konsultasi yang ditawarkan. 

Kami akan memastikan Anda mendapatkan dukungan pra dan pasca penjualan untuk memastikan perusahaan Anda mendapatkan manfaat maksimal dari data center yang diterapkan. 

Data Center Services