Data center center

Data Center Mikro Membantu Menyederhanakan Lingkungan Edge yang Kompleks

Data mikro dan pusat data mikro saat ini tengah banyak diulas. Lalu, apa itu data mikro? Merujuk pada berbagai referensi, dapat disimpulkan bahwa data mikro adalah data terperinci yang merupakan hasil survei dalam ruang lingkup tertentu. Di sini kita akan menelisik mengenai bagaimana pusat data mikro membantu menyederhanakan lingkungan edge yang kompleks.

Pusat Data Edge

Dewasa ini, pusat data kian pelik di mana tren sepertinya tengah mengarah ke pusat data “tepi” atau edge. Pusat data tepi memang menawarkan efisiensi, dapat digunakan di mana saja dalam hitungan jam tanpa membutuhkan daya dan perangkat pendingin. Ukurannya bisa sekecil satu rak, bisa juga sebesar beberapa rak, barisan rak, atau bahkan satu lorong penuh yang terintegrasi. 

Penyedia solusi pusat data dihadapkan pada tantangan tersendiri, yaitu menghadirkan komputasi yang mampu menjalankan fungsi yang rumit dalam paket yang mudah dipasang, dioperasikan, dan disokong. Kelemahan pusat data ialah seluruh pengguna harus terkoneksi ke titik pusat untuk dapat mengakses data.

Pusat Data Mikro 

Pusat data mikro memiliki ukuran yang kecil, sesuai namanya. Sistem rak yang dipakai micro data center menghasilkan pengaturan yang relatif lebih ramah lingkungan dalam hal pemrosesan data dan penyimpanannya. Pusat data mikro dapat dikatakan sempurna untuk aplikasi apa pun yang memerlukan jaringan, penyimpanan, dan komputasi yang lebih dekat dengan pengguna.

Kita bisa melihat, kini berbagai bidang usaha bersandar pada komputasi di tempat atau on site. Katakanlah misalnya lingkungan ritel, yang mengandalkan komputasi di tempat tidak hanya untuk penjualan, melainkan juga pengelolaan inventaris, keamanan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan maupun karyawan.

Selain ritel, rumah sakit dan fasilitas perawatan kesehatan membutuhkan komputasi di tempat untuk bidang manajemen informasi perawatan kesehatan, membangun citra, manajemen pengobatan, dan komunikasi antar staf. Adapun di lingkungan industri, komputasi on site dipakai untuk mengelola otomasi. Institusi pendidikan di semua tingkatan pun tak ketinggalan beralih ke teknologi modern, baik sebagai bagian dari kurikulum maupun untuk mendukung kegiatan administrasi.

Penyederhanaan Lingkungan Edge

Seiring perkembangan desain pusat data edge, terdapat dua persyaratan yang mesti terpenuhi. Persyaratan pertama terkait ketersediaannya yang tidak dapat diganggu gugat. Di banyak kasus, penerapan edge sama pentingnya dengan misi pusat data tradisional. Persyaratan kedua adalah latensi yang mesti tetap rendah. Uniknya, Pusat data mikro hadir di keduanya. 

Infrastruktur pusat data mikro yang terintegrasi memastikan sistem tetap aktif dan berjalan kendati listrik padam, serta dapat melindungi dari partikulat. Sistem tersebut sekaligus memberikan komputasi on site yang tangguh, yang dibutuhkan untuk mengurangi latensi dengan meminimalkan penundaan transmisi data. Sistem pendinginnya yang juga terintegrasi bahkan mampu mendinginkan rak yang paling canggih sekalipun.

Kebutuhan daya dan jejak fisik sistem pada pusat data mikro lebih kecil dibandingkan pembangunan secara tradisional atau penerapan khas edge. Hal itu dikarenakan pusat data mikro sepenuhnya terintegrasi dan dibuat dari pabrik untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang tepat.

Pusat data mikro juga dapat dengan mudah dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain, menyesuaikan perubahan kebutuhan bisnis. Perakitan dan pengujian pabrik berguna untuk memastikan konsistensi kualitas dan meminimalkan layanan kunjungan setelah pemasangan. 

Pusat data mikro menyederhanakan kerumitan lingkungan edge dengan menghadirkan sumber daya komputasi modular terintegrasi. Proses pemasangannya tidak memakan banyak waktu, serta mudah dalam pengoperasian dan pemeliharaannya.

Pusat data mikro Vertiv 

Senada dengan yang disampaikan di atas tadi, pusat data mikro yang dikembangkan Vertiv juga menggunakan sistem server modular prefabrikasi. Memadukan teknologi informasi terintegrasi dengan manajemen jaringan, dan infrastruktur yang dikonfigurasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Pusat data mikro Vertiv menghasilkan unit prefabrikasi mandiri untuk aplikasi komputasi edge

Tertarik membangun pusat data mikro untuk diaplikasikan di jaringan edge? Tenaga ahli dari PT. NPS Pemuda Berdikarisma siap membantu Anda dalam merancang dan mengimplementasikannya. 

Data Center Services