Apakah Industri Data Center Akhirnya Siap Melakukan Pendinginan Cairan?

Pengoperasian data center merupakan sebuah proses yang amat rumit dan membutuhkan daya yang amat besar.  Maka dari itu, pusat data, semestinya mampu menemukan solusi pendinginan yang tepat untuk fasilitas mereka.

Salah satu jenis pendingin yang direkomendasikan untuk industri data center adalah pendingin cair. Pendingin jenis ini sangat direkomendasikan untuk pusat data dengan daya 30 kwH ke atas. Bukan sekadar sebuah pilihan, pusat data dengan daya tinggi memang harus menggunakan pendingin yang cair. 

Melesatnya infrastruktur pusat data adalah sebuah kemungkinan yang besar di masa depan. Untuk itu, simak berbagai macam manfaat sistem pendingin cair berikut ini.

Meningkatkan Kinerja

Selain mampu mendinginkan dengan lebih efektif, pendingin cair juga membantu kinerja infrastruktur pusat data menjadi lebih baik. Ia mampu menjadi controller CPU saat bekerja mendekati batas suhu operasi amannya.

Dengan kontrol seperti ini, pendingin cair mampu menghindarkan CPU dari overheat dan membuat mesin mampu bekerja secara maksimal.

Lebih Cepat Mengatasi Panas

Data center dan infrastruktur digital lainnya memang cenderung terbiasa dengan pendingin udara. Namun, pendingin jenis ini memang memiliki perpindahan panas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pendingin cair.

Maka dari itu, instalasi pendingin cair jelas akan lebih efisien dalam menurunkan suhu, apalagi dengan tingkat daya yang sangat besar.

Pengurangan Output Energi

Penggunaan output energi menggunakan kipas adalah cara konvensional yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Metode instalasinya pun sudah cukup banyak dipahami sebagai default dari pembangunan data center. Namun, tahukah Anda?

Pembangunan kipas sirkulasi udara memberikan dampak bertambahnya energi yang dibutuhkan. Saat data center beralih ke pendingin cair, maka hal tersebut memberikan pengurangan output energi yang signifikan. Apalagi, pompa yang dibutuhkan untuk pendingin cair membutuhkan energi yang jauh lebih sedikit.

Lebih Sustainable

Tantangan isu lingkungan penting untuk diperhatikan siapa saja, tak terkecuali data center. Apalagi, pusat data memang berisiko menyumbang panas berlebih dan karbonisasi. Penggunaan cairan pendingin pada pusat data dapat membuat infrastrukturnya menjadi lebih ramah lingkungan dan sustainable

Selain itu, penggunaan cairan pendingin mampu mengurangi jejak karbon dengan mengurangi kebutuhan energi konvensional serta sumber daya yang penting bagi umat manusia, seperti misalnya air. Banyak kasus di mana pusat data yang tidak memperhatikan dampak lingkungan justru menyebabkan kekeringan di daerah sekitarnya. Permasalahan semacam ini dapat dikurangi dengan menggunakan cairan pendingin.

Berbagai Teknik Pendinginan dengan Cairan

Karena fleksibilitasnya tinggi, ramah lingkungan, dan juga mempermudah operator bahkan dalam ruang terbatas, teknik pendinginan cair memang layak digunakan dalam berbagai jenis data center.

Ada beberapa metode pendinginan cairan yang dapat digunakan, yakni:

  • Pendinginan dengan Peredaman

Proses pendinginan ini menggunakan cairan yang dimasukkan di dalam desain bak mandi terbuka. Cairan dielektrik yang dipakai mampu menghilangkan penggunaan konektor tekanan.

  • Pendinginan Pelat

Pendinginan dengan pelat menggunakan sistem transfer panas ke cairan yang mengalir ke penukar panas jarak jauh. Teknik ini mampu mempertahankan suhu menjadi rendah. Biaya instalasinya pun lebih murah daripada teknik sebelumnya.

  • Microchannel

Jenis pendinginan cair yang satu ini mampu langsung menargetkan sasaran yang diinginkan, seperti CPU dan modul memori lainnya. Pelat dingin dipasang di modul memori dan panas disebarkan di dalam perangkat ke saluran fluida internal kecil.

Sudah saatnya data center beralih ke pendinginan yang modern dan ramah lingkungan. Itulah semangat yang selalu diusung oleh kami di PT. NPS Pemuda Berdikarisma, perusahaan konsultan dan kontraktor data center di Indonesia sejak tahun 2016. Sebagai penyedia layanan resmi Vertiv Liebert di Indonesia, kami selalu memberikan solusi data center terbaik sekaligus mengikuti perkembangan zaman demi pengembangan data center yang lebih efisien dan sekaligus sustainable.

Data Center Services