SERVER: PENGERTIAN, FUNGSI, JENIS, CARA KERJA DAN MANFAAT

Dengan tren work from home yang meningkat selama pandemi COVID-19, kebutuhan akan dedicated server atau pangkalan data lokal semakin terasa bagi pelaku usaha, terutama pada sektor digital. Karena itu, semakin banyak pula pelaku usaha yang memasang server lokal lewat jasa penyedia layanan data center di Indonesia, sesuai dengan jenis dan kebutuhannya masing-masing.

Pengertian dan Fungsi

Dalam komputasi, server atau ‘peladen’ adalah perangkat atau program yang berisi beragam data dan informasi yang dibutuhkan pengguna atau client. Wujud fisik dari sebuah server adalah jaringan komputer berukuran besar dengan kapasitas RAM dan penyimpanan data yang sangat besar. Arsitektur server semacam ini lazim disebut sebagai “client-server model” dan merupakan model server yang paling banyak digunakan.

Server berfungsi sebagai penyedia layanan atau “service” yang diminta oleh pengguna atau “user”. Layanan ini meliputi—namun tidak terbatas pada—penyimpanan dan pertukaran data, sumber daya untuk komputasi tingkat tinggi, dan hosting laman web.

Satu server dapat meladeni banyak client sekaligus, seperti pada server pangkalan data. Sementara itu, satu client dapat diladeni oleh lebih dari satu server, contohnya pada saat Anda membuka beberapa laman web sekaligus dalam satu waktu.

Jenis dan Cara Kerja

Fungsi sebuah server dalam jaringan komputer berbeda-beda sesuai dengan jenis server itu sendiri. Ada beberapa jenis server yang umum digunakan baik oleh pengguna pribadi atau pun perusahaan.

File Server

Jenis server ini menyediakan akses ke file dan folder yang disimpan di dalam server. Cara kerja file server sama seperti media penyimpanan pada perangkat komputer personal. Klien dapat mengunduh, mengunggah, atau menyimpan file dari dan ke dalam server. Bedanya, akses diberikan ke client yang ada dalam satu jaringan yang sama dengan server. 

Selain menawarkan instalasi pangkalan data lokal untuk kantor, beberapa perusahaan data center di Indonesia juga ada yang menawarkan instalasi file server rumahan dalam bentuk cloud server. Cloud server seperti Google Drive adalah salah satu contoh file server di mana user “menyewa” sejumlah ruang penyimpanan dengan sistem tagihan bulanan.

Game Server

Jika Anda bermain gim-gim populer seperti Mobile Legends, DOTA 2, atau World of Warcraft, itu berarti Anda—atau tepatnya perangkat yang Anda gunakan untuk bermain—adalah salah satu client dari sebuah game server. Game server—sering juga disebut host—berfungsi sebagai regulator atau penyedia akses ke aset gim dari perangkat client.

Media Server

Pernahkah Anda menonton serial drama di Netflix? Atau menonton video musik terbaru dari musisi favorit Anda di YouTube? Atau mungkin Anda suka mendengarkan podcast sambil bersantai di akhir pekan? Jika jawabannya dari pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah iya, maka Anda sedang menikmati layanan yang memanfaatkan media server.

Media server menyediakan akses dan pemutaran file multimedia melalui jaringan menggunakan metode media streaming. Cara kerja media streaming adalah dengan mentransmisikan file secara kontinu ke perangkat client sambil memainkan bagian yang sudah diterima oleh client.

Karena hanya ditransmisikan untuk ditampilkan pada perangkat output seperti layar dan pelantang suara pada perangkat, client tidak perlu mengunduh file secara utuh terlebih dahulu untuk memutarnya.

Manfaat

Jika Anda memutuskan untuk memasang server Anda sendiri untuk menunjang kinerja bisnis atau perusahaan, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat berikut:

  1. Peningkatan Kinerja

Dengan server lokal, kinerja perangkat-perangkat client dalam jaringan internal kantor atau bisnis Anda terbebas dari beban atau antrean untuk mengakses file—masalah yang kerap timbul jika menggunakan shared hosting.

  1. Keamanan Data

Karena menggunakan jaringan internal, data dan informasi penting perusahaan yang disimpan dalam dedicated server milik Anda cenderung lebih aman dari serangan siber.

  1. Kustomisasi

Saat instalasi server, Anda dapat mengatur sendiri spesifikasi, kapasitas maksimum, dan fitur keamanan yang digunakan dalam server. Berbeda dengan apabila Anda menggunakan layanan shared host, di mana kustomisasi yang dapat Anda lakukan biasanya hanya terbatas pada kapasitas penyimpanan.

Penutup

Demikian penjelasan singkat kami tentang pengertian, jenis, fungsi, dan manfaat server. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan dedicated server demi menunjang bisnis atau perusahaan Anda, pastikan Anda menggunakan jasa penyedia layanan data center di Indonesia yang terpercaya seperti NPS Pemuda Berdikarisma, penyedia Layanan IT dengan dukungan service point di 15 kota besar Indonesia.



Data Center Services