4 Pilar Penting Terkait Data Center Menurut Susanna Kass

Data center merupakan industri yang luas dan dinamis. Setiap harinya, profesional data center berbagai cerita inspiratif tentang bagaimana mereka menghadapi tantangan di bidang data center. Kali ini, kita akan membahas cerita dari Susanna Kass, penasihat data center untuk tujuan pembangunan berkelanjutan untuk PBB.

Dalam podcast-nya dengan Data Center Magazine, profesional yang sudah lebih dari 32 tahun berkecimpung dalam clean energy strategy tersebut membagikan 4 pilar penting yang perlu diperhatikan oleh para leaders di bidang data center. Apa saja?

Transformasi Digital dengan Solusi Hibrid

Saat ini, industri sudah berhasil membuktikan kemampuannya untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan, mengadopsi teknologi dan mengubah sistem operasionalnya demi ketahanan, efisiensi dan keandalan yang lebih baik, Kass menyarankan agar transformasi digital terus berlanjut.

Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam bidang sosial, hiburan, dan pendidikan. Sejalan dengan masyarakat yang terus mengadopsi model hibrid ini, data center perlu bersiap untuk menghubungkan semua individu dengan berbagai aspek kehidupan.

Mitigasi Risiko dan Perubahan Iklim

Setelah pandemi berlalu, bagaimana data center bisa siap menghadapi masa depan yang belum pasti? Industri data center telah terbukti andal dalam membangun ketahanan dan menggunakan data untuk membantu pengambilan keputusan.

Maka dari itu, fokus selanjutnya adalah mengurangi risiko dan bekerja sama. Menurut Kass, untuk menghadapi tantangan di industri ini dan mencapai peningkatan secara keseluruhan, kita perlu bersatu. Upaya ini harus melibatkan masyarakat, industri, dan pemerintah.

Komunikasi dan Keterbukaan

Kass juga terus menekankan perlunya lebih banyak komunikasi dan keterbukaan terkait temuan, data dan pengetahuan. Caranya adalah dengan menyampaikan berita terkini secara cepat dan berkelanjutan kepada klien. Ini sangat penting untuk meningkatkan teknologi baru seperti AI, machine learning dan cloud.

AI dan machine learning sediri diakui oleh Kass sangat dibutuhkan karena bisa melihat kesalahan dengan cepat, lebih dari manusia. Perbaikan teknis seperti ini memungkinkan transformasi digital dan membantu kita dalam menjaga dan memitigasi segala risiko yang mungkin terjadi pada data center.

Keberlanjutan/Sustainabilitas

Saat ini memang semakin banyak data center yang dibangun dengan menggunakan prinsip ramah lingkungan. Kass berharap bisa melihat lebih banyak solusi dari data center yang memiliki skalabilitas tinggi.

Bagi Anda yang ingin mengimplementasikan keempat pilar yang disebutkan Kass ini, dibutuhkan langkah nyata. Anda bisa memulainya dengan menghubungi PT. NPS Pemuda Berdikarisma. Sebagai penyedia solusi data center yang andal, kami siap membantu dan memenuhi berbagai kebutuhan data center Anda!

Data Center Services